5 Manfaat Bermain di Luar Rumah Bagi Tumbuh Kembang Anak

Bagi para orang tua yang sedang membesarkan buah hati kecil, pasti akan sangat sensitif akan proses perkembangannya. Tak ayal kegiatan bermain pun pasti turut dipertimbangkan.

Jika demikian, pastikan si kecil untuk turut aktif bermain di luar. Mengapa demikian? Ternyata ada banyak manfaat bermain diluar rumah bagi anak. Penasaran? Cek ulasan berikut.

1. Kesehatan Secara Menyeluruh

Dalam perkembangan fisiknya, bermain di luar akan membantu anak untuk meningkatkan kesehatannya secara menyeluruh demi tumbuh kembang anak. Kegiatan bermain yang lebih aktif akan menuntut si kecil untuk terus bergerak, sehingga mampu mengurangi potensi obesitas sehingga menghindari risiko si kecil terkena penyakit-penyakit kronis. Tidak hanya itu, aktivitas di luar ruangan memberi kesempatan si kecil untuk mendapat eksposur alam yang cukup.

Seperti contohnya adalah sinar matahari yang dikenal mampu meningkatkan sistem imun dan meningkatkan mood. Bahkan, tak jarang anak anak pun akan lebih mudah tidur dan terhindar dari sakit asma dan diabetes.

2. Mendukung Perkembangan Motorik

Dalam praktiknya, secara tidak langsung si kecil akan terus aktif saat bermain di luar rumah. Hal ini pun dapat menjadi pelampiasan energi yang kerap tidak terbendung. Berkaitan dengan hal tersebut, manfaat beraktivitas fisik diluar rumah bagi anak pun berupa peningkatan perkembangan skill motorik. Aktivitas fisik seperti berlari, bersepeda, bermain bola, melompat, dll, akan menjadi stimulus positif untuk merangsang skill ini. Di usianya yang masih muda, tentunya perkembangan motorik memegang erat fungsi pada kesehatan dan kemampuan anak. Bahkan, aktivitas tubuh pun akan mendukung kesehatan kulit, tulang, dan suasana hati.

Baca Juga: Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

3. Kesempatan Untuk Bersosialisasi

Bermain di luar rumah adalah salah satu kesempatan si kecil untuk berinteraksi dengan teman sebaya. Bahkan, hal ini pun tidak terbatas oleh teman saja. Bisa saja si kecil memperluas cakupan sosialnya dengan berinteraksi oleh tetangga dan orang lain. Dengan begitu, si kecil pun dapat belajar mengenal empati, menghargai pendapat, bertukar pikiran, dll.

4. Mempelajari Banyak Hal Baru

Banyaknya hal yang bisa dieksplorasi menjadi jaminan manfaat bermain diluar rumah bagi anak akan perkembangan kognitif yang semakin baik. Si kecil tidak akan kehabisan bahan untuk dimengerti dan dipelajari. Hal ini pun akan sangat mendukung sifatnya anak yang merupakan pribadi yang penuh dengan rasa penasaran.

Memberikan mereka kesempatan untuk turun ke lapangan, mengunjungi taman, dan berkunjung pada suatu lokasi pun akan menarik perhatian mereka. Hal ini tentunya dapat menjadi solusi untuk menjauhkan atau membatasi si kecil dari pengaruh gadget. Perkenalan akan indahnya alam dan uniknya dunia luar akan membuka pintu eksplorasi baru.

5. Menumbuhkan Keberanian dan Mandiri

Berkaitan dengan perkembangan emosional anak, bermain di luar pun akan menjadi pembantu mereka untuk melibatkan lima indera yang dimiliki. Bahkan dalam praktiknya, agar mengenal hal baru pun akan menuntut si kecil untuk belajar mandiri. Sifat berani dalam menyusuri hal baru, bertemu orang baru, dan berkomunikasi adalah manfaat bermain diluar rumah bagi anak.

Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak

Secara gamblang, bermain di luar rumah menjadi cara membuat si kecil untuk turut lebih aktif. Hal ini karena ada banyak sekali yang bisa dilakukan. Seperti bermain petak umpet, atau sekedar kejar kejaran dengan teman. Eksposur pada alam bebas pun memberi manfaat kesehatan, komunikasi,  keberanian, dan kesempatan untuk mempelajari banyak hal baru di luar ruang kelas. Sangat penting bagi si kecil untuk mendapatkan kesempatan belajar seluas-luasnya. Pastikan kesempatan belajar si kecil tidak terhambat dengan memiliki asuransi perlindungan pendidikan anak Garda Edu sekarang.