Tetap Tenang Klaim Asuransi Kendaraan Saat Terkena Bencana Alam

//Tetap Tenang Klaim Asuransi Kendaraan Saat Terkena Bencana Alam
By | 2019-04-23T16:25:33+00:00 Desember 31st, 2018|Blog|0 Comments

 

Tetap Tenang Klaim Asuransi Kendaraan Saat Terkena Bencana Alam

Tetap Tenang Klaim Asuransi Kendaraan Saat Terkena Bencana Alam

Jakarta, 28 Desember 2018; Bencana alam bisa datang kapan saja. Salah satu contohnya fenomena gelombang tsunami yang menghantam pesisir pantai barat Banten dan Lampung Selatan pada Sabtu malam (22/12) lalu. Selain merenggut korban jiwa, tragedi tersebut juga mengakibatkan banyak kendaraan bermotor mengalami kerusakan parah karena terseret ombak.

Bagi pemilik kendaraan, tentu sedih rasanya jika kendaraan pribadi rusak karena akan membutuhkan biaya besar untuk perbaikannya. Namun melalui asuransi kendaraan, tanggungan perbaikan bakal ditanggung pihak asuransi. Syaratnya pun tak rumit. Tinggal mengajukan klaim dengan melaporkan kejadian kerusakan kendaraan kepada pihak asuransi dengan menghubungi call center, datang langsung ke cabang terdekat atau klaim melalui aplikasi.

Namun sebelum mengajukan klaim, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu dan memastikan polis asuransi yang Anda miliki, apakah sudah mencakup perluasan jaminan akibat bencana alam seperti tsunami, gempa bumi atau banjir. Sebab belum semua orang memahami kalau proteksi tersebut merupakan tambahan atau opsional. Artinya, tergantung keinginan konsumen menambahkan perlindungan ini dalam polis asuransinya atau tidak. Bila belum menambah perluasan jaminan, maka pengajuan klaim bisa dipastikan tidak akan diproses pihak asuransi.

“Ketentuan klaimnya sudah lengkap di dalam polis. Ada total lost only (TLO) atau komprehensif yang mencakup kerusakan ringan dan kehilangan. Hanya saja, itu belum termasuk melindungi dari bencana alam karena proteksi ini merupakan opsi. Jadi tergantung si pelanggan mau nambah perluasan jaminan atau tidak. Tentu ada premi tambahannya,” jelas Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication and Event Asuransi Astra.

Ketika perluasan jaminan sudah ada, saat mengajukan klaim ternyata polis ikut rusak atau hilang akibat bencana. Tentu hal tersebut bakal menimbulkan kebingungan pelanggan untuk mengurus klaimnya. Khusus untuk hal ini, pelanggan tak perlu panik dan gelisah karena asuransi sudah memiliki datanya.

“Tenang saja karena data itu sudah tercatat di kami. Jadi bila polis hilang, masih bisa pakai bukti lain yang memastikan bahwa yang bersangkutan adalah benar pemegang polis yang sah. Bisa menyertakan SIM, KTP, STNK, BPKB, surat keterangan, dan lainnya. Yang penting segera lapor dulu, nanti dokumen lainnya bisa menyusul,” imbaunya.

Karena itu, jika sewaktu-waktu mobil Anda terkena dampak bencana alam dan membutuhkan bantuan darurat, upayakan segera menghubungi call center 24 jam Asuransi Astra di nomor 1500112 untuk mendapatkan penanganan dari Garda Siaga.

 

Tentang Asuransi Astra

Asuransi Astra telah hadir melayani pelanggan selama lebih dari setengah abad, tepatnya sejak 12 September 1956. Perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi kendaran bermotor Garda Oto ini hadir melayani pelanggan melalui jaringan layanan yang tersebar di 26 kantor cabang, serta unit layanan dan Garda Center yang terus berkembang. Selain asuransi kendaraan bermotor, produk lain dari Asuransi Astra adalah asuransi industri pertambangan, asuransi industri agribisnis, asuransi ruko, asuransi SPBU, asuransi syariah, asuransi kesehatan Garda Medika, dan lain-lain.

Pada 2017, Asuransi Astra berhasil membukukan Premi Bruto sebesar Rp 4,4 triliun.

Kinerja Asuransi Astra selama ini pun telah diakui dengan berbagai penghargaan yang telah diterima, diantaranya: Platinum Indonesia Best Brand Award (2002-2016), Top Brand Award (2007-2017), Service Quality Award (2007-2017), Corporate Image Award (2007-2016), Indonesian Customer Satisfaction Award (2001-2017), Indonesia Original Brand Award (2018), Asuransi Umum dengan kinerja keuangan sangat bagus dalam Infobank Insurance Award (2008-2016), Excellent Service Experience Award (2013-2017), Contact Center Award (2013-2016), Social Media Award (2012, 2016), Indonesia Sharia Finance Award (2017), dan lain-lain.

Dengan dukungan cabang dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, layanan terbaik dan sederet pencapaian prestasi tersebut, tentunya tidak menghentikan langkah inovasi Asuransi Astra melalui produk-produk yang terbangun dari semangat baru Asuransi Astra untuk selalu memberikan kenyamanan dan ketenteraman bagi setiap pelanggan. Karenanya, Asuransi Astra akan menginvestasikan waktu dan upaya agar Anda selalu tersenyum. “Peace of mind to millions” adalah hasil yang akan Asuransi Astra berikan kepada setiap pelanggan.

Untuk informasi lebih lanjut:

Angela Anindita
Public Relations
Communication & Event Dept.
PT Asuransi Astra Buana
T: 021-75 900 800 ext 4306; F: 021-766 0005
E: aanindita@asuransiastra.com