Tips Agar Bahan Bakar Mobil Anda Tetap Awet

//Tips Agar Bahan Bakar Mobil Anda Tetap Awet
By | 2019-02-06T16:57:29+00:00 Februari 6th, 2019|Blog|0 Comments
Tips Agar Bahan Bakar Mobil Anda Tetap Awet

Tips Agar Bahan Bakar Mobil Anda Tetap Awet

Mobil membantu memudahkan hidup manusia sebagai alat transportasi. Kebanyakan mobil zaman sekarang sudah dibekali dengan mode berkendara Eco untuk efisiensi dan menghemat bahan bakar minyak (BBM). Bagi Anda yang setiap hari beraktivitas menggunakan mobil, berikut adalah 5 tips menghemat BBM mobil Anda.

  1. Pilih Bensin yang Sesuai
    Pastikan Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan mesin. Pilih BBM dengan nilai oktan yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Umumnya ketika harga BBM naik, pemilik mobil memilih untuk menggantinya dengan bahan bakar yang harganya lebih rendah, yang berarti memiliki kadar oktan yang lebih rendah pula.

    Menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil berpotensi menurunkan kemampuan akselerasi, membuat mesin menggelitik, menyebabkan sisa hasil pembakaran menumpuk, serta membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.

  2. Jaga kondisi mesin
    Kondisi mesin yang selalu prima akan mempengaruhi konsumsi BBM. Itu sebabnya dianjurkan agar Anda selalu melakukan perawatan rutin dan servis berkala.
  3. Perhatikan batas kecepatan
    Cara menghemat BBM mobil yang paling mudah dan efektif adalah dengan mempertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan yang ditentukan. Hindari menginjak atau menarik gas secara spontan, karena otomatis BBM akan keluar lebih banyak.
  4. Gunakan gigi yang tepat
    Saat mengemudikan mobil bertransmisi manual, jangan tunggu mesin meraung jika ingin memindahkan gigi ke posisi yang lebih tinggi. Selain itu, mengemudikan mobil dengan gigi rendah secara terus-menerus, atau dengan gigi tinggi saat melintasi daerah berbukit dan menanjak juga akan membuat boros pemakaian bahan bakar.
  5. Kurangi kinerja AC
    Karena pada saat AC dihidupkan otomatis akan membebani mesin dan pastinya membutuhkan BBM lebih banyak.

Itulah beberapa tips menghemat bahan bakar minyak. BBM merupakan salah satu kebutuhan primer mobil agar dapat bergerak. Mari mengemudi dengan lebih efisien, supaya bisa lebih menghemat bahan bakar minyak.