Tips Aman Saat Test Drive Mobil di Pameran Otomotif

Tips Aman Saat Test Drive Mobil di Pameran Otomotif

Saat ini banyak diselenggarakan event menarik, misalnya pameran otomotif. Keuntungan ketika ada pameran otomotif yaitu ketersediaan test drive untuk mobil baru. Hal ini tentu sangat menguntungkan, terutama bagi Anda yang memiliki rencana untuk membeli mobil baru.

Apalagi pameran otomotif ini tidak selalu ada, karena hanya diselenggarakan di waktu-waktu tertentu saja. Mengingat biaya dan proses pengurusan event ini tidak sedikit, sehingga diadakan sesekali saja. Biasanya, pameran otomotif diikuti oleh berbagai dealer mobil sebagai salah satu bentuk promosi. Para pengunjung pun dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan tes kemudi.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan supaya tetap aman saat melakukan tes kemudi. Apa sajakah tips tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Tips Saat Melakukan Test Drive Otomotif di Pameran

Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan test drive pada mobil yang ada di pameran, perhatikan beberapa hal berikut ini.

1.     Menyiapkan Dokumen Data Diri

Biasanya sebelum diizinkan untuk melakukan tes kemudi, Anda perlu menyiapkan dokumen data diri sesuai ketentuan. Jadi Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Selain itu, pihak penyelenggara juga mewajibkan para peserta untuk Surat Izin Mengemudi yang masih berlaku. Jika tahap registrasi selesai, maka dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

2.     Mengikuti Briefing Dan Pengarahan

Ketika diselenggarakan pameran otomotif, biasanya lokasi test drive tidak begitu luas, karena berada di lahan yang terbatas. Meskipun demikian pihak penyelenggara telah membekali hal tersebut dengan obstacle. Dengan demikian maka sesi tes kemudi bisa berjalan dengan lancar.

Anda juga dapat merasakan berbagai simulasi kondisi jalan secara detail. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti briefing dan pengarahan sebelum sesi pengetesan sehingga dapat berlangsung aman. Jadi memang sesi briefing ini sangat penting untuk diikuti oleh Anda yang ingin melakukan tes kemudi.

3.     Mendapatkan Semua Informasi Yang Penting

Ketika sesi tes kemudi, para peserta akan didampingi oleh sales person dari dealer mobil atau pabrikan tertentu yang mobilnya sedang dites. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk bertanya langsung kepada sales person tersebut.

Dapatkan semua informasi penting yang Anda butuhkan seputar dengan mobil tersebut. Jangan malu untuk bertanya. Dapatkan berbagai informasi seputar spesifikasi, service, layanan purna jual, dan harga mobil yang tersedia.

Sales person akan menjawab semua pertanyaan dengan senang hati. Anda pun akan mendapatkan informasi secara lengkap. Bahkan jika tertarik, sales person akan mengarahkan untuk melakukan transaksi pemesanan mobil sesuai kebutuhan Anda.

4.     Eksplorasi Menyeluruh Sebelum Tes Kemudi

Hal penting yang perlu dilakukan sebelum test drive yaitu melakukan eksplorasi secara menyeluruh. Adapun hal-hal yang perlu dieksplorasi yaitu mulai dari desain interior mobil, dimensi jok, fitur yang tersedia, audio, peredam kabin, dan lain sebagainya.

Pasalnya, dengan melakukan eksplorasi terhadap berbagai fitur yang ada di mobil, membuat Anda merasa lebih memahami apa yang perlu dilakukan. Sebelum sesi inti mengemudi, manfaatkan waktu untuk melakukan observasi terhadap berbagai isi mobil.

*Baca Juga: Tips Membeli Mobil Baru Berkualitas saat Pameran Otomotif

Dengan melakukan eksplorasi menyeluruh maka Anda mempunyai gambaran lengkap mengenai mobil yang Anda pilih. Jadi ketika melakukan tes kemudi pun akan lebih seru.

5.     Tidak Perlu Terburu-Buru Tancap Gas

Meskipun ini merupakan momen yang sangat penting dan kesempatan yang bagus, tetapi jangan gegabah. Apalagi mobil yang digunakan untuk tes kemudi bukan mobil milik sendiri, tetapi milik dealer. Jadi jangan sampai karena terburu-buru justru menyebabkan risiko di luar kendali.

Lakukanlah penyesuaian sebelum mengemudi, misalnya mengatur posisi setir, kaca spion, posisi duduk, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya sesi pengetesan dapat berlangsung dengan aman. Jadi jangan terburu-buru untuk tancap gas.

6.     Lakukan Tes Kemudi Dengan Hati-Hati

Perlu diketahui bahwa test drive di acara pameran otomotif biasanya bersifat terbatas. Sehingga tidak semua pengunjung dapat melakukan tes kemudi, karena di lokasi tersebut biasanya cukup ramai. Maka dari itu, lakukan tes kemudi dengan sangat hati-hati, Anda harus memperhatikan instruksi dari sales person, sehingga sesi pengetesan berjalan lancar.

Memang tidak mudah untuk melakukan tes kemudi di area pameran otomotif, mengingat lokasinya yang terbatas. Untuk itu, jangan terburu-buru dalam mengemudi. Jangan sampai menabrak para pengunjung lainnya yang ada di lokasi, karena situasinya sangat ramai.

7.     Amati Karakter Mobil Secara Menyeluruh

Sesi inti dari tes kemudi yaitu memahami karakter mobil dan disinergikan dengan keterampilan mengemudi. Pahami perpindahan transmisinya, respon mesinnya, dan lain-lain.

Dapat dikatakan bahwa ini merupakan sesi inti dari tes kemudi. Fungsikan semua indera yang Anda miliki. Ketika bertemu obstacle, rasakan redaman suspensi mobil, nyaman atau tidak. Anda juga dapat membandingkan mobil tersebut dengan kompetitor lainnya.

*Baca Juga: Manfaat dan Keuntungan Mengikuti Pameran Mobil

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips test drive saat acara pameran otomotif. Saat melakukan tes kemudi, tidak dapat dipungkiri terkadang terjadi risiko kerusakan pada mobil di lokasi.

Untuk memberikan jaminan perlindungan yang optimal terhadap mobil Anda, asuransi mobil Garda Oto adalah pilihan yang tepat. Garda Oto telah bekerja sama dengan berbagai bengkel authorized di seluruh Indonesia dan akan memberikan garansi hasil kerja bengkel serta jaminan suku cadang asli.

Terdapat dua pilihan jenis pertanggungan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yakni Total Loss Only dan Comprehensive. Jadi tunggu apalagi? Segera asuransikan kendaraan Anda bersama Garda Oto untuk mendapatkan perlindungan dari berbagai risiko, seperti kerusakan, kecelakaan dan kehilangan.