Tips Memarkir Mobil yang Baik dan Benar

By | 2020-02-07T16:17:35+00:00 7 Februari, 2020|Categories: Blog|

Jika diperhatikan dari luar, memarkir mobil memang bukan masalah yang sulit. Namun, perlu diketahui bahwa seorang pengendara mobil yang sudah berpengalaman juga melakukan latihan berulang kali agar dapat memarkir kendaraannya dengan benar dalam berbagai situasi.

Anda akan segera tahu bahwa memarkir mobil tidak segampang yang dikira selama ini. Memperhitungan dengan tepat posisi mobil untuk menghindari gesekan dengan objek asing atau kendaraan lain merupakan tantangan tersendiri. Selain itu, Anda juga harus memikirkan cara untuk memindahkan mobil Anda dari tempat parkir. Biasanya memang ada juru parkir yang akan mengarahkan Anda, namun biasanya seorang pemula justru akan semakin gugup saat menerima arahan dari juru parkir. Alih-alih mengikuti arahan juru parkir, pemula bisa jadi malah mengambil inisiatif sendiri karena takut menabrak sesuatu. Tidak semudah kelihatannya bukan?

Karena itu, bagi Anda yang masih pemula, kami akan memberikan panduan singkat mengenai cara memarkir mobil yang baik dan benar. Untuk memastikan posisi Anda aman, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Membuka Jendela

Pertama, Anda bisa membuka jendela mobil dan mematikan audio. Dengan membuka jendela mobil, Anda bisa langsung melihat kondisi di luar dengan lebih jelas.

Kekurangan cahaya akibat terhalang kaca jendela yang gelap akan mempengaruhi pandangan terhadap benda-benda di sekitar Anda, membuka kaca mobil juga memberikan jangkauan penglihatan yang lebih luas.

 

2. Memperkirakan Jarak Mobil

Sebelum parkir, pastikan bahwa jarak antara mobil Anda dengan dinding atau mobil lain cukup untuk membuka pintu mobil. Perhitungkan jarak antara sisi kanan dan kiri mobil dengan teliti terlebih dahulu.

3. Perhatikan Spion

Banyak orang seringkali menyepelekan fungsi spion mobil. Padahal, ini menjadi salah satu bagian terpenting untuk bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari kaca spion, Anda dapat melihat bagian ujung mobil Anda, sehingga Anda tahu apakah ujung bagian belakang mobil Anda akan menabrak sesuatu benda atau tidak.

4. Memanfaatkan Kamera Belakang Mobil

Untuk memudahkan Anda memarkir mobil, saat ini sudah banyak fitur kamera kecil yang terletak di bagian belakang mobil, yang berfungsi untuk mengetahui keadaan belakang mobil dengan jelas.

Kamera ini terhubung dengan sebuah monitor yang ada di bagian atas kap mobil dan dapat dilipat. Melalui monitor ini, Anda dapat melihat kondisi di belakang mobil Anda, sehingga Anda tidak perlu membuka kaca mobil atau melihat spion, Anda cukup memperhatikan monitor untuk memindahkan mobil dengan aman.

Setelah Anda memarkir mobil di tempat yang tepat, jangan lupa untuk menggunakan rem tangan untuk mencegah mobil Anda tergelincir dari tempat parkir.

Itulah beberapa cara memarkir mobil dengan baik dan benar yang mudah dipelajari bagi Anda yang masih pemula. Selain harus menguasai teknik memarkir mobil yang tepat, ada baiknya Anda juga turut mengasuransikan mobil anda agar dapat meminimalisir risiko yang mungkin bisa terjadi. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Caranya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam.

 

08:00 - 17:00