Tips Membeli Rumah agar Dapat Hunian yang Nyaman

Pasangan muda yang baru menikah, biasanya cenderung ingin hidup mandiri dan memilih tidak tinggal dengan mertua. Namun saat hendak melakukan pembelian rumah, mereka merasa gugup dan bingung bagaimana memulainya. Karena hunian ini akan digunakan dalam waktu lama, sebaiknya anda lihat dahulu beberapa tips membeli rumah seperti berikut.

1. Mempertimbangkan Biaya

Ketika memilih untuk hidup mandiri dan ingin membeli rumah, tentu anda setidaknya sudah mulai menabung dan mempersiapkan dana tersendiri. Budget yang anda miliki ini akan menentukan rumah model apa dan tipe bagaimana yang akan didapat. Bila budget masih terasa kurang, dalam hal ini anda bisa mencoba ikut KPR atau lainnya.

Jika menggunakan developer, biasanya akan ditawarkan pula pilihan tersebut. Apakah anda ingin menggunakan sistem cicilan atau KPR dengan bentuk yang seperti apa. Di sini pastikan bahwa anda telah membandingkannya antara satu sama lain. Sesuaikan dengan keadaan keuangan anda saat itu, hingga perkiraan beberapa tahun ke depan.

Dalam tips membeli rumah satu ini, jangan langsung tergiur dengan cicilan awal yang terlihat ringan. Karena biasanya hal tersebut adalah promo cicilan saja, jadi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya yaitu pastikan anda sudah menaksir kemampuan keuangan. Jadikan suku bunga floatingnya, sebagai acuan untuk perhitungan ini.

Baca Juga: Kiat Menabung Untuk Membeli Rumah

2. Pilih Rumah yang Tepat

Jangan langsung memilih rumah hanya karena harganya murah, perhatikan berbagai aspek yang ada. Mulai dari luas tanahnya, luas bangunan rumah tersebut, jumlah lantai di dalam rumah, jumlah tempat tidur yang ada, hingga lingkungan sekitar rumah tersebut. Pasalnya ini akan sangat mempengaruhi bagaimana nanti anda tinggal di sana.

Dengan jumlah tempat yang sekiranya telah memadai, maka anda nantinya tidak perlu lagi melakukan renovasi rumah di kemudian hari. Tentu tips membeli rumah di sini harus mempertimbangkan adanya anggota keluarga baru nantinya. Misalnya anda sudah mempersiapkan memiliki dua anak, maka kamar tidur 3 hingga 5 buah bisa menjadi pilihan tepat.

Di samping itu, pertimbangkan pula bagaimana keadaan daerah sekitar. Apakah kawasannya rawan banjir atau tidak, apakah aman atau tidak, dan lain sebagainya. Selain itu fasilitas publik yang tersedia dekat dengan rumah juga harus dijadikan bahan perhatian, misalnya sekolah, rumah sakit, atau lainnya. Sehingga tidak menghalangi akses anda pada berbagai fasilitas tersebut.

3. Rumah Baru VS Rumah Bekas

Sebenarnya tidak ada yang lebih unggul antara satu sama lain, baik itu rumah baru maupun rumah bekas. Karena masing masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri sendiri, tidak ada yang ideal. Memang biasanya banyak yang lebih melirik rumah baru, karena bangunannya masih kokoh mengingat bahwa hunian tersebut baru didirikan.

Sedangkan rumah bekas mungkin saja telah berdiri selama bertahun tahun, dan anda tidak tahu apakah ada bagian yang telah rapuh atau tidak. Namun umumnya rumah bekas harganya relatif jauh lebih murah, dan asyiknya lagi anda bisa langsung pindah dan menghuni rumah tersebut tanpa butuh waktu lama.

Baca Juga: 4 Alasan Harus Menggunakan Asuransi Kebakaran Rumah

4. Memilih Developer yang Tepat

Tips membeli rumah lainnya yang harus anda beri perhatian lebih yaitu memilih developer terpercaya. Karena developer yang abal abal dan tidak profesional, sudah tentu tidak akan membawa anda ke rumah impian. Cari tahu bagaimana reputasi developer, untuk mengetahui kredibilitasnya. Dan ingat untuk tidak membayar DP terlebih dahulu sebelum KPR disetujui.

Tips dalam membeli rumah ini penting untuk diketahui, terlebih jika ini merupakan pengalaman pertama anda. Jika tidak cermat dan teliti, bisa memperbesar risiko anda mengalami penipuan. Mengingat bahwa kasus penipuan semacam ini sudah banyak terjadi, dan jumlahnya pun terbilang tidak sedikit sehingga anda wajib berhati hati.

Setelah membeli dan mendapatkan hunian rumah yang nyaman, jangan lupa untuk lindungi rumah Anda dengan Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home karena musibah bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Seperti kebakaran, Anda tidak akan pernah tahu kapan itu akan terjadi. Bayangkan jika Anda sedang tidak ada dirumah dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap rumah, seperti terjadi musibah kebakaran. Si jago merah tidak akan hanya membakar harta benda, tetapi juga akan melahap struktur bangunan rumah Anda. Jika Anda melindungi rumah Anda dengan Asuransi Kebakaran Rumah, pihak asuransi akan membayar ganti rugi yang timpul akibat terjadinya kebakaran.

Asuransi kebakaran rumah dibutuhkan oleh semua kalangan yang memiliki rumah, terutama bagi Anda yang tinggal di tempat padat penduduk, dimana api bisa menyambar bangunan dengan lebih cepat di bangunan yang rapat. Untuk Anda yang memiliki rumah untuk disewakan Asuransi Garda Home juga menjamin rumah yang dipergunakan untuk disewakan.

Premi yang ditawarkan Garda Home pun cukup terjangkau, premi mulai 98 ribu per tahun. Cukup terjangkau dibandingkan asuransi kebakaran rumah lainnya bukan? Anda bisa mendaftarnya melalui gardaoto.com. Dapatkan Diskon 15% dan e-policy terbit 1×24 jam. Jadi tunggu apa lagi, berikan perlindungan untuk rumah Anda dengan Garda Home. Agar financial Anda tidak terganggu saat terjadi musibah yang tidak diinginkan #PeaceofMind