Tips Menjaga Diri Agar Terhindar Dari Kecelakaan Sepeda Motor.

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar Dari Kecelakaan Sepeda Motor.

Sebagai pengendara sepeda motor Anda sudah seharusnya memahami cara untuk berkendara dengan baik dan benar. Ini merupakan salah satu dari beragam aspek keselamatan dalam berkendara di jalan raya. Tak hanya bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang semakin meningkat sekarang ini, namun juga untuk mewujudkan kenyamanan antar sesama pengendara.

Tips menjaga diri agar terhindar dari kecelakaan saat berkendara dengan sepeda motor adalah informasi yang wajib diketahui. Mengingat di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor merupakan pengendara sepeda motor.

Motor memang menjadi alat transportasi yang paling banyak digunakan. Tak hanya digunakan untuk alat transportasi harian, bahkan motor juga dapat digunakan untuk alat transportasi jarak jauh.

Banyak pengendara sepeda motor berkendara jarak jauh saat momen tradisi mudik. Motor lebih banyak dipilih sebab cenderung lebih murah dan mudah untuk digunakan dibandingkan dengan mobil.

*Baca Juga: Macam-Macam Kecelakaan Lalu Lintas & Faktor Penyebabnya

Walau begitu, masih sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor. Hal itu dikarenakan minimnya pengetahuan mengenai cara aman berkendara dengan sepeda motor.

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang beberapa tips yang dapat dilakukan agar terhindar dari kecelakaan sepeda motor.

Cara Aman Berkendara Menggunakan Sepeda Motor

  1. Cek Kondisi Motor

Sebelum berkendara dengan sepeda motor, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa motor yang nantinya Anda kendarai ada pada kondisi prima. Sebaiknya Anda memastikan bahwa semua komponen motor berfungsi dengan baik.

  1. Menggunakan Perlengkapan Keselamatan

Saat mengendarai sepeda motor, pastikan Anda menggunakan perlengkapan keselamatan sesuai standar agar aman dalam mengendarai sepeda motor. Beberapa perlengkapan keselamatan yang wajib digunakan antara lain seperti helm, jaket, celana panjang, sepatu, sarung tangan, dan masker.

  1. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lainnya

Saat berkendara, seringkali kita mengabaikan jarak aman dengan kendaraan yang berada di sekitar. Pastikan kita menjaga jarak aman serta laju kendaraan untuk meminimalisir resiko mengalami kecelakaan.

  1. Fokus Dalam Berkendara

Berikutnya saat berkendara, kita pun harus memastikan agar diri kita tetap fokus. Berkendara dengan jarak dekat ataupun jarak jauh memerlukan fokus agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Persiapkan kondisi tubuh dengan baik sebelum berkendara. Jika merasa lelah, sangat dianjurkan untuk berhenti dan beristirahat sejenak di rest area ataupun di tempat peristirahatan yang lainnya.

  1. Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

Mematuhi peraturan lalu lintas adalah hal yang harus dilakukan agar kita dapat mengendarai sepeda motor dengan aman. Dengan mematuhi peraturan lalu lintas, nantinya kita menjaga keamanan diri sendiri serta para pengguna jalan lain.

Tips Aman Berkendara dengan Sepeda Motor Matic

Bila sebelumnya kami telah membahas tentang tips aman berkendara dengan sepeda motor secara umum. Kali ini kami akan membahas tentang beberapa tips yang dapat dilakukan agar kita bisa mengendarai motor matic dengan aman.

Beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum mengendarai sepeda motor matic antara lain sebagai berikut.

  1. Cek Kondisi CVT Belt

Continuous Variable Transmission (CVT) Belt adalah salah satu komponen terpenting pada sepeda motor matic. Sebelum melakukan perjalanan dengan sepeda motor satu ini, kita harus memastikan kondisi CVT Belt ada pada kondisi yang baik.

Bila digunakan untuk jangka waktu terlalu lama tanpa dilakukan perawatan rutin, kondisi CVT Belt bisa mengalami penurunan. Kondisi belt yang sudah tak sesuai standar bisa mengurangi kenyamanan dalam berkendara serta beresiko menimbulkan kecelakaan.

  1. Cek Kondisi Ban

Sebenarnya tak hanya berlaku untuk motor jenis matic, kondisi ban memang wajib dicek sebelum kita melakukan perjalanan dengan mengendari motor jenis apa saja. Bila kondisi ban sudah aus, segera ganti dengan ban baru dan pastikan bahwa ukurannya sudah sesuai standar.

  1. Periksa Kondisi Rem

Tips satu ini juga tak hanya berlaku untuk motor matic, namun juga untuk motor jenis apapun. Rem adalah salah satu komponen paling penting pada sepeda motor. Oleh sebab itu, kita wajib memastikan kondisi rem sesuai standar sebelum mulai berkendara.

  1. Cek Lampu

Satu komponen lainnya yang tak boleh terlewat untuk dicek sebelum mulai berkendara adalah lampu. Pastikan kondisi lampu masih baik, sebab bila kita diharuskan untuk berkendara pada kondisi yang gelap maka kita tak akan kesulitan untuk melihat jalan untuk mengurangi resiko terjadi kecelakaan.

Dampak Berkendara Jarak Jauh dengan Sepeda Motor

Berkendara jarak jauh dengan sepeda motor bisa menjadi hal melelahkan. Maka dari itu, sebelum berkendara jarak jauh, sebaiknya kita memastikan semua perlengkapan telah disiapkan dengan baik. Pastikan kondisi tubuh dan mental ada pada kondisi yang fit untuk berkendara.

Namun ternyata ada beberapa dampak berkendara jarak jauh dengan motor yang kurang baik. Pertama, lebih mudah terkena polusi. Saat mengendarai motor tentu kita terpapar langsung dengan debu, asap kendaraan dan sinar matahari untuk waktu yang lama.

*Baca Juga: 5 Macam Tindakan & Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Tak hanya itu, berkendara jarak jauh dengan motor juga menyebabkan rasa kantuk dan lelah. Saat mengantuk dan lelah sebaiknya berhenti untuk beristirahat. Memaksa untuk lanjut dengan tubuh lelah bisa mengurangi fokus dan konsentrasi sehingga memperbesar resiko kecelakaan.

Selain menerapkan tips aman berkendara dengan sepeda motor, jangan lupa untuk mencegah hal-hal tak diinginkan dengan asuransi kecelakaan. Semua orang tak mengetahui resiko yang bisa terjadi di masa depan, oleh sebab itu tak ada salahnya untuk melakukan langkah ini sejak awal. Pilih asuransi kecelakaan terbaik Garda Me.