4 Hal Ini Dapat Menyebabkan Mobil Matic tidak Bisa Menyala

By | 2019-12-13T16:29:27+00:00 18 Desember, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

Mobil matic memang memberi kemudahan lebih kepada penggunanya. Salah satu perbedaan mencolok dari mobil matic yakni tidak adanya pedal kopling. Tidak hanya itu, tuas transmisi mobil matic juga dibuat otomatis. Dua faktor tersebut membuat mobil matic lebih diminati terutama oleh pemula dan wanita. Meskipun demikian, mobil matic juga memiliki beberapa problem yang sering dihadapi pengemudinya, yakni mobil yang tidak mau berjalan meski telah menekan pedal gas. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab mobil matic tidak dapat berjalan antara lain:

1. Mesin Mengalami Slip

Penyebab umum mobil matic tidak mau berjalan adalah mesin mobil yang slip. Mesin slip terjadi ketika mobil maju. Kemudian meski seharusnya mobil telah pindah gigi, mobil matic justru hilang tenaga dan mesin malah meraung. Akhirnya membuat mobil tidak bisa berjalan.

Untuk memastikan mesin mobil slip, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara menjalankan mobil dengan posisi awal transmisi di D. Kemudian tambah akselerasi mobil Anda tanpa memindah tuas transmisi. Apabila Anda mendengar suara mesin yang meraung dapat dipastikan mesin mobil Anda mengalami slip.

2.  Tersendat

Mobil matic yang tersendat dapat mengakibatkan mobil tidak dapat berjalan. Tanda dari tersendatnya mobil matic yakni pada saat mobil akan melakukan pindah gigi yang keluar justru hentakan.

Setelah itu muncul hentakan kembali dan mobil pun tidak berjalan. Normalnya, pindah gigi pada mobil matic tidak menimbulkan hentakan. Bila mengalami sendatan, segera cek kondisi mesin mobil atau bawa ke bengkel terdekat.

3. Gigi tidak Dapat Berpindah secara Otomatis

Ketika tuas transmisi berada di posisi D, perpindahan gigi akan dilakukan secara otomatis. Yang perlu dilakukan pengemudi hanyalah menginjak atau melepas gas. Namun, mobil matic tidak bisa berjalan jika ada masalah saat perpindahan gigi tersebut. Masalah pada perpindahan gigi dapat diketahui ketika Anda menginjak gas namun suara mesin sama seolah gigi tidak berpindah. Hal ini dapat menyebabkan gas tidak mau menyala sehingga mobil tidak berjalan.

4. Tuas Transmisi Sulit atau bahkan tidak Bisa digeser

Pada mobil matic, tuas transmisi mempunyai peranan yang penting. Masalah pada tuas transmisi ini dapat menyebabkan mobil tidak mau berjalan. Misalnya ketika tuas transmisi sulit digeser. Hal ini terkadang terjadi pada perpindahan tuas gigi. Meskipun knop pembuka kunci sudah dibuka, namun tuas pindah gigi tidak dapat digerakkan. Alhasil mobil tidak dapat berjalan.

Nah, beberapa hal diatas yang sudah dipaparkan dapat membuat mobil matic tidak dapat berjalan. Jika Anda merasa mengalami salah satu atau lebih dari tanda-tanda yang telah disebutkan di atas. Jangan ragu untuk segera membawa mobil matic Anda ke bengkel terdekat untuk dilakukan pemeriksaan. Jika perlu, tambahkan program perlindungan asuransi kendaraan agar berkendara lebih aman dan nyaman.

Jika kita memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah dibandingkan dengan kita menanggung biaya keseluruhan sendiri. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi mobil Anda. Jika Anda menghadapi masalah selama perjalanan dan membutuhkan layanan bantuan darurat, sekarang Anda dapat dengan mudah menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang siap siaga demi menjaga kenyamanan Anda selama 24 jam.

08:00 - 17:00