10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Hidung tersumbat dan mampet sangat mengganggu aktivitas. Pernapasan yang terganggu membuat mood menjadi tidak baik. Namun Anda bisa mencari cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda temukan di bawah ini.

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Jika hanya diam tentu saja hidung yang tersumbat tidak akan segera sembuh. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat Anda agar kembali lega.

1. Minum Lebih Banyak Air Putih

Saat sedang sakit, konsumsilah cairan lebih banyak. Cairan yang masuk ke dalam tubuh dapat mengurangi sumbatan atau mampet pada hidung. Pastikan cairan yang Anda minum bersuhu hangat agar membuat cairan yang menyebabkan sumbatan pada hidung dapat segera hilang dan membuat pernapasan Anda lega kembali.

Jika cairan yang Anda minum dingin justru akan membuat hidung Anda makin tersumbat dan mampet. Suhu yang hangat akan mengubah kekentalan lendir di hidung segera mencair. Anda juga bisa cepat pulih karena air putih hangat juga memberikan banyak manfaat untuk membuat kerja organ tubuh lebih baik karena terhidrasi.

2. Hirup Uap Air

Anda bisa mandi atau minum air hangat lalu hirup uap airnya. Selain mandi atau minum, Anda bisa masak air panas kemudian taruh pada wadah. Dekatkan wajah pada wadah tersebut sampai Anda bisa menghirup uap airnya.

Dengan uap air panas tadi, hidung tersumbat dan mampet Anda bisa terasa lega karena lendirnya bisa mencair. Bila ingin lebih ampuh, Anda dapat mememarkan bawang putih dan tambahkan pada wadah berisi air panas tadi. Zat dari bawang putih yang berfungsi membunuh kuman atau bakteri menjadi cara mengatasi hidung tersumbat.

3. Gunakan Humidifier/Pelembap Udara

Humidifier membantu melembapkan ruangan di sekitar Anda. Kelembapan udara bermanfaat untuk menenangkan hidung yang iritasi atau meradang. Saat iritasi atau peradangan sembuh, hidung tersumbat dan mampet bisa sedikit berkurang.

Udara juga akan terasa lebih bersih dengan humidifier. Mood Anda bisa membaik dan meningkatkan imun supaya segera mendapatkan kesembuhan.

4. Mengeluarkan Cairan/Lendir Dalam Hidung

Lendir pada hidung saat flu memang sangat mengganggu aktivitas. Terkadang ketika flu kebanyakan orang akan menghirup lendir atau ingus pada hidung kembali.

Tidak disarankan untuk kembali menghirup ingus, karena membuat cairan menumpuk dan semakin menyumbat hidung. Jika merasa cairan akan keluar, Anda sebaiknya langsung mengeluarkannya.

Buanglah ingus secara perlahan untuk menghindari iritasi dan mencegah ingus kembali naik melalui saluran telinga yang membawa bakteri. Keluarkan lendir pada satu lubang hidung yang tidak tersumbat. Lakukan terus secara bergantian pada lubang yang memiliki ingus lebih banyak.

5. Menggunakan Minyak Eucalypthus yang Dioleskan Pada Area Hidung

Minyak eucalypthus memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai cara mengatasi hidung tersumbat. Anda hanya perlu mengoleskan minyak tersebut pada area hidung yang tersumbat atau hanya untuk dihirup saja.

Uap minyak eucalypthus berfungsi untuk menipiskan lendir pada rongga hidung. Anda dapat bernafas lebih lega karena hidung perlahan-lahan tidak tersumbat lagi. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah kesehatan minyak eucalypthus dapat dikonsumsi, namun tetap berhati-hati karena khawatir memiliki efek samping.

6. Minum Obat

Ketika sakit tentu saja kebanyakan orang akan meminum obat untuk menyembuhkan gejala yang muncul. Hidung yang tersumbat dapat diatasi dengan antihistamin, obat ini berfungsi untuk meredakan sakit karena alergi.

*Baca Juga: Tidak Perlu Pusing! Begini Cara Membeli Obat Secara Online

Namun mengonsumsi antihistamin dapat membuat Anda sangat mengantuk. Efek sampingnya terbilang sangat kuat. Minumlah saat Anda tidak beraktivitas atau menyetir dan bekerja yang memerlukan konsentrasi tinggi. Ini akan jauh lebih agar hidup tidak terasa mampet.

7. Minum Teh Racikan Sendiri/Teh Herbal

Untuk mengatasi hidung mampet bisa dengan meminum teh racikan sendiri atau teh herbal. Biasanya teh rasa peppermint dapat meringankan gejala hidung tersumbat. Hiruplah uapnya dan minumlah saat hangat untuk melegakan pernapasan.

Nikmati teh ini saat pagi dan malam hari, setelah dan sebelum tidur untuk membantu menyembuhkan flu. Selain meringankan hidung mampet, tingkat stres dapat berkurang setelah minum teh. Menambah musik juga membuat suasana lebih nyaman.

8. Mandi Menggunakan Air Hangat

Bagi Anda yang mengalami hidung tersumbat, mandi air hangat merilekskan peradangan pada hidung. Uap air yang hangat juga membuat lendir mencair dan mudah dikeluarkan. Lendir yang menipis menjadi cepat hilang dan memulihkan saluran pernapasan Anda.

Mandi air hangat juga melemaskan badan yang kaku. Pikiran lebih tenang dan dapat meningkatkan kondisi Anda agar fit kembali. Pastikan untuk tidak terlalu lama berendam atau mandi dengan air hangat, karena setelah lama digunakan air akan kembali dingin.

9. Konsumsi Dekongestan

Konsumsi obat dekongestan yang bisa Anda beli di apotek terdekat. Obat ini termasuk mudah dicari karena bisa dibeli di mana saja. Obat dekongestan berfungsi untuk meringankan radang pada rongga hidung. Penggunaannya dengan cara menyemprotkannya ke hidung.

10. Pastikan Suhu Tubuh Selalu Hangat

Memastikan suhu tubuh selalu hangat menjadi cara mengatasi hidung tersumbat yang cukup ampuh. Jika Anda sudah merasakan hidung Anda mampet atau tersumbat matikan dulu AC atau kipas angin dalam beberapa hari. Gunakan baju hangat untuk terhindar dari suhu dingin.

Anda juga dapat minum air jahe atau air putih hangat untuk menghangatkan tubuh. Pastikan untuk selalu menjaga kehangatan tubuh saat dirasa badan sudah tidak nyaman dan akan terkena flu.

*Baca Juga: Vitamin Terbaik Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kesehatan adalah kunci utama dari kehidupan, menambahkan perlindungan Asuransi Rawat Jalan sangat disarankan untuk menunjang kesehatan Anda. Salah satunya melalui Garda Healthtech, produk yang memberikan perlindungan bagi Anda dan keluarga dari berbagai jenis penyakit.

Dapatkan jaminan konsultasi online dan tatap muka dengan dokter spesialis secara langsung. Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda bersama Garda Healthtech sekarang juga!