Tips Liburan Keluarga yang Hemat dan Menyenangkan

Tips Liburan Keluarga yang Hemat dan Menyenangkan

Liburan keluarga merupakan kebutuhan yang cukup penting jika dilihat dalam beberapa hal, misalnya adalah peran liburan sebagai cara untuk refreshing dari kegiatan sehari-hari dan banyaknya pekerjaan, dan juga sebagai sumber pemasukan bagi orang yang melakukan bisnis di area wisata, atau warga lokal yang bermukim di area wisata. Inilah yang membuat berlibur jadi lebih menyenangkan karena bisa memberdayakan lingkungan sekitar.

Liburan tidak harus pergi ke luar negeri, karena nyatanya negara kita sendiri sudah dikenal di seluruh dunia sebagai negara yang sangat indah dan banyak sekali destinasi wisata alam yang syarat akan budaya Nusantara dan amat kaya. Kemudian bagaimanakah tips yang bisa Anda lakukan supaya liburan Anda bersama keluarga bisa lebih hemat dan juga menyenangkan? Berikut ulasannya.

1. Lakukan Survei

Hal paling mendasar dan sangat penting setelah Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata adalah menentukan ke manakah tujuan wisata Anda. Anda perlu melakukannya supaya Anda tidak menyesal dan bisa mempersiapkan apa saja yang perlu dibawa, apa lagi jika Anda bepergian bersama dengan keluarga tercinta.

Informasi yang Anda butuhkan sebelum pergi berwisata bisa di temukan melalui internet. Saat ini, kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi saat akan liburan, mulai dari jam buka, harga tiket, hingga fasilitas yang ada di sana dan bahkan tersedia juga gambar lokasi wisata secara lengkap.

Anda juga bisa melihat banyak ulasan yang diberikan oleh orang yang pernah berkunjung ke sana supaya Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan mudah membuat anggaran wisata. Bisa juga Anda cukup beruntung menemukan promo atau diskon khusus dan lain sebagainya.

2. Memilih Momen Liburan yang Sesuai

Berlibur tentu saja mencari momen liburan yang paling pas. Sudah wajar jika Anda berlibur pada saat akhir pekan, atau ketika ada libur panjang karena ada libur nasional. Maka dari itu, setelah Anda menentukan lokasi wisata yang akan Anda tuju, Anda perlu untuk memesan tiket jauh-jauh hari.

Misalkan jika tujuan wisata Anda jaraknya jauh dari rumah, perlu untuk pesan tiket transportasi, tempat menginap dan lain sebagainya supaya semua akomodasi sudah dipersiapkan secara baik.

Pemesanan di jauh hari juga bisa menghindarkan Anda dari kenaikan harga yang biasanya berlaku di tanggal tertentu atau saat libur panjang. Jadi Anda akan bisa memperoleh harga yang lebih terjangkau dibanding tiket masa liburan.

3. Hindari Libur Panjang

Tentukan tanggal liburan, Anda disarankan untuk berlibur di luar tanggal libur panjang. Tujuannya adalah supaya Anda bisa menikmati liburan dengan leluasa dan tidak berjubel dengan banyak orang. Seperti yang disampaikan juga sebelumnya bahwa harga ketika sedang high season pasti akan mengalami kenaikan, maka jika Anda berkunjung di hari biasa Anda bisa lebih berhemat.

4. Bawalah Uang Cash yang Cukup

Jangan lupa untuk selalu membawa uang cash yang cukup untuk menutup semua kebutuhan selama liburan. Ini juga tergantung lokasi seperti apakah yang akan Anda tuju, karena itulah Anda perlu melakukan riset atau mencari tahu tentang lokasi wisata yang Anda ingin kunjungi supaya Anda tahu apakah di sana dilengkapi oleh fasilitas yang mumpuni, termasuk adanya Anjungan tunai mandiri, atau setidaknya ada fasilitas pembayaran menggunakan kartu, atau e-Money.

*Baca Juga: Tips Memilih Travel Agent Untuk Liburan Bersama Keluarga

Saat ini sepertinya sudah sangat banyak tempat wisata yang menyediakan fasilitas untuk memungkinkan pembayaran cashless, baik itu di lokasi bernuansa alam sekalipun. Pihak pengelola lokawisata sudah paham bahwa ini adalah kebutuhan yang sentral bagi para pengunjung.

Tentu saja pengelola sendiri bisa mengalami kerugian jika tidak menyediakan fasilitas ini. Karena pada kasus lain, tidak jarang orang yang ternyata pergi wisata secara mendadak dan tidak membawa banyak uang cash sehingga akan sangat membutuhkan ATM di tempat wisata untuk memudahkan.

5. Cermat dalam Berbelanja

Cobalah untuk lebih cermat dalam berbelanja saat sedang liburan keluarga. Saat Anda berlibur, kemungkinan besar akan ada pengeluaran yang besar. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena harga makanan yang biasanya lebih mahal dari tempat umum, lalu membelikan oleh-oleh untuk teman kerja, atau membeli suvenir khas dari tempat wisata yang Anda kunjungi.

Untuk mengatasi hal ini, kebanyakan orang membawa bekal mereka sendiri saat berlibur dengan keluarga ke tempat wisata bernuansa alam. Walaupun begitu Anda bisa membaginya agar Anda tetap bisa membeli beberapa menu dari tempat makan atau warung yang tersedia di lokawisata. Dengan langkah itu, artinya Anda telah memberikan dukungan terhadap pedagang kecil menengah yang memang diberdayakan oleh pemerintah setempat.

6. Rekap Pengeluaran Liburan Anda

Setelah Anda melakukan perjalanan wisata, perlu bagi Anda untuk menghitung atau merekap pengeluaran Anda selama perjalanan tersebut. Tujuannya adalah supaya Anda punya gambaran untuk perjalanan wisata liburan keluarga selanjutnya dan bisa mempersiapkan hal lebih baik untuk bisa menekan biaya perjalanan, uang makan dan lain sebagainya.

7. Jaminan Keselamatan Perjalanan

Hal yang cukup penting dalam perjalanan, termasuk perjalanan wisata, diperlukan adanya sebuah jaminan kesehatan atau jaminan keselamatan, dalam hal ini adalah asuransi yang bisa membuat Anda lebih merasa yakin dan aman saat melakukan perjalanan. Beberapa tempat wisata memang memberikan penawaran semacam ini karena memang sangat penting untuk kenyamanan bersama.

*Baca Juga: Siap Menyambut Liburan Tahun 2023, Cek Jadwal Cuti Bersama

Akan lebih baik lagi jika Anda juga memiliki jaminan yang sudah di persiapkan jauh-jauh hari untuk menanggulangi permasalahan saat di perjalanan. Asuransi Perjalanan Garda Trip bisa menjaga Anda dari risiko gangguan perjalanan, cedera yang muncul saat di perjalanan, hingga kecelakaan diri. Asuransi ini bisa dipakai untuk dalam negeri dan luar negeri, jadi sangat menguntungkan sekali.