Karimunjawa adalah gugusan pulau yang terletak di bagian utara Pulau Jawa. Kawasan ini bagian dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dengan luas dataran sekitar 1.500 hektar. Luas perairannya sendiri lebih dari 100.000 hektar. Itulah mengapa terdapat banyak wisata pantai Karimunjawa yang menarik minat pelancong, baik domestik maupun mancanegara.

Karimunjawa memiliki 27 gugusan pulau. Namun, hanya lima pulau yang berpenghuni, yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Genting, Pulau Nyamuk, dan Pulau Parang. Jumlah penduduknya sendiri sekitar 101 juta dengan tiga suku utama, yakni Suku Jawa, Suku Madura, dan Suku Bugis.

Karimunjawa kerap disebut The Paradise of Java lantaran keindahan wisata yang ditawarkannya. Mulai dari kawasan hutan Mangrove, wisata pantai, hingga unsur budaya yang masih kental. Keindahan-keindahan tersebut pun berhasil menjadikan wisata Karimunjawa sebagai salah satu yang paling hits di Indonesia.

10 Tempat Wisata di Karimunjawa

Berminat menjelajahi keindahan The Paradise of Java? Berikut rekomendasi tempat wisata Karimunjawa yang perlu Anda kunjungi:

  • Pantai Barakuda

Berwisata ke Karimunjawa tidak lengkap jika belum menikmati keindahan pantai-pantainya. Sebut saja Pantai Barakuda yang terletak di Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa. Hal menarik yang bisa Anda temui di pantai Karimunjawa ini yaitu hamparan pasir putih, bebatuan unik, suara ombak yang menenangkan, dan pepohonan yang meneduhkan.

Setiap sudut pantainya pun cocok dijadikan sebagai tempat swafoto. Dengan latar keindahan pantai dan vegetasi di sekitarnya, Anda akan betah mengabadikan setiap momen di Pantai Barakuda. Adat lokal pun masih begitu kental di pantai Karimunjawa ini.

Salah satu tradisi yang terkenal adalah Lombanan. Ini merupakan upacara sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur. Lombanan umumnya dilaksanakan setiap hari ketujuh setelah Idul Fitri.

  • Pantai Bobi

Tempat wisata Karimunjawa ini berada di ujung selatan pulau utama Karimunjawa, tepatnya Jalan Kapuran. Ketika menyusuri bibir pantai, Anda akan menemukan bebatuan alami sekaligus pemandangan pantai pasir putih dengan air laut yang jernih dan bersih.

Terdapat juga beberapa lokasi swafoto estetis seperti ayunan di bibir pantai dan tempat duduk berdesain unik. Sambil menikmati hembusan angin sejuk, Anda bisa bersantai atau bermain bola voli di pinggir pantai.

  • Monumen Karimunjawa atau Bukit Love

Selain wisata pantai, Karimunjawa juga terkenal dengan monumennya atau disebut juga Bukit Love. Berlokasi di Desa Jati Kerep, lokasi Monumen Karimunjawa berdekatan dengan Pantai Bobi. Monumen yang sudah berdiri sejak 2017 ini kerap dijadikan spot swafoto dengan latar pantai yang indah.

Dari puncak Bukit Love, Anda akan mendapat pemandangan laut biru jernih dan pulau-pulau lain dengan jelas. Di sekitarnya, terdapat beberapa spot foto menarik lain juga kafe-kafe yang bisa dikunjungi sembari bersantai dan menunggu matahari terbenam.

  • Pantai Tanjung Gelam

Pantai Karimunjawa ini dikenal sebagai spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunset. Lokasinya berada di Dusun Alang-alang dan aksesnya pun mudah dijangkau. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Batu Topeng dan Sunset Beach. Jadi, Anda bisa menikmati tiga tempat wisata sekaligus ketika memasuki kawasan ini.

  • Pantai Batu Topeng

Masih satu kawasan dengan Pantai Tanjung Gelam, Pantai Batu Topeng merupakan pantai Karimunjawa yang eksotis. Suasananya begitu tenang dan romantis dengan panorama yang asri. Hamparan pasir putih halus dan air laut yang jernih juga mampu memanjakan mata Anda.

Ditambah lagi kehadiran bebatuan yang unik seperti topeng. Itulah mengapa tempat wisata Karimunjawa ini diberi nama Pantai Batu Topeng. Bentuk pantainya pun landai dengan ombak yang cenderung tenang sehingga aman dikunjungi anak-anak.

  • Pantai Annora

Di bagian timur Pulau Karimunjawa terdapat hidden gem yang akan membuat Anda terpukau. Namanya Pantai Annora. Pemandangannya terbilang unik dengan area perbukitan yang menjorok ke pantai. Dari bukit itu, Anda bisa melihat pemandangan sunset yang tak kalah memesonanya.

  • Pulau Cemara Kecil

Island hopping perlu masuk itinerary saat mengunjungi tempat wisata Karimunjawa. Salah satu pulau yang menarik adalah Pulau Cemara Kecil. Pulau tak berpenghuni ini menyuguhkan pemandangan terumbu karang di perairan dangkal. Anda juga bisa sekalian makan siang di sana sambil menikmati pemandangan pasir putih dan air laut berwarna biru jernih.

  • Pulau Menjangan Kecil

Terletak di bagian selatan Pulau Menjangan Besar, pulau ini menawarkan pemandangan terumbu karang dan biota laut lainnya. Pulau Menjangan Kecil juga memiliki penangkaran hiu yang sering dijadikan objek swafoto oleh para wisatawan.

Pulau Menjangan Kecil cocok dijadikan spot snorkeling dan diving. Melalui aktivitas ini, Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang berbagai warna sampai beragam jenis ikan hias yang menghuni pulau.

  • Pulau Gosong

Tak kalah memesona dari pulau-pulau lainnya, Pulau Gosong menjadi primadona dengan hamparan pasir putih dan air biru sebening kristal. Sebenarnya pulau ini tidak tampak seperti kebanyakan pulau. Ukurannya sekitar 5×8 meter dan tidak ditumbuhi pepohonan atau vegetasi lain.

Meski berupa pulau kosong, pemandangan Pulau Gosong menjadi atraksi tersendiri bagi para wisatawan. Saat berfoto di sini, terlihat seolah Anda berdiri di atas air laut. Pemandangan bawah lautnya pun tak boleh dilewatkan.

Terumbu karang berwarna-warni serta ikan-ikan kecil akan menemani Anda berenang di pulau tersebut. Datanglah ke Pulau Gosong sebelum sunrise. Selain air sedang surut, pemandangan matahari terbitnya pun sangat indah.

  • Hutan Mangrove

Hutan Mangrove menjadi atraksi wisata Karimunjawa yang tak boleh dilewatkan. Hutan tersebut berlokasi di bagian timur Pulau Karimunjawa dan berdekatan dengan Bandara Dewandaru Karimunjawa. Selain berjalan menyusuri hutan, Anda juga akan menikmati pemandangan asri dan udara yang sejuk.

Mengunjungi hutan Mangrove bisa sekalian menambah wawasan terkait flora dan fauna yang hidup di sana. Setelah itu, Anda bisa bersantai di rumah kayu yang terletak di ujung jalur trekking. Rumah kayu tersebut juga sering dijadikan spot foto unik oleh para pengunjung.

Waktu yang Tepat untuk Berlibur ke Karimunjawa

Di Karimunjawa, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari berenang, diving, snorkeling, island hopping, hingga trekking. Itu sebabnya Anda perlu menentukan waktu yang tepat untuk berwisata ke The Paradise of Java agar momen liburan semakin menyenangkan.

Banyak wisatawan yang menyarankan untuk mengunjungi Karimunjawa saat musim panas. Meski angin cenderung lebih kencang dengan gelombang yang tinggi, ombak di pantai lebih stabil dan arusnya pun tidak terlalu tinggi. Kondisi ini akan memudahkan wisatawan saat ingin menjelajahi pantai atau menyelam.

Anda juga bisa mengunjungi Karimunjawa saat peralihan musim panas ke musim hujan atau sebaliknya. Saat itu, kondisi cuaca lebih stabil sehingga aman untuk menjelajah pulau dan melakukan berbagai aktivitas di sana.

Indonesia biasanya mengalami musim panas atau kemarau sekitar April–Oktober. Sedangkan musim hujan biasanya dimulai pada November–Maret. Jadi, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata Karimunjawa adalah Maret hingga April atau Oktober sampai November setiap tahunnya.

Cara Pergi ke Karimunjawa

Ada beberapa cara ke Karimunjawa. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kemampuan dan budget perjalanan. Karimunjawa bisa dijangkau dengan alternatif transportasi berikut:

  • Perjalanan Udara

Setiap perjalanan ke Karimunjawa menggunakan pesawat akan mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani (SRG) Semarang. Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan dengan rute penerbangan menuju Bandara Dewadaru, Kepulauan Karimunjawa.

Biaya ke Karimunjawa lewat jalur udara pun bervariasi, tergantung maskapai penerbangan yang Anda pilih. Setidaknya Anda perlu menyiapkan budget minimal Rp600.000 untuk sekali penerbangan.

  • Perjalanan Darat

Ada beberapa alternatif jalur darat untuk tiba di Karimunjawa. Dari Bandara Internasional Ahmad Yani, Anda bisa menggunakan bus menuju Jepara. Lalu keberangkatan kembali dimulai di Terminal Terboyo yang beralamat di Jl. Terboyo Raya, Sambirejo, Semarang. Terminal tersebut menyediakan bus antar kota dan provinsi.

Selain bus, Anda juga bisa menggunakan mobil travel atau sewa mobil menuju Jepara, tepatnya Pelabuhan Kartini. Setibanya di sana, Anda perlu menaiki kapal KMP Muria dengan tarif mulai dari Rp40.000 atau Kapal Ekspress Cantika 89 dengan tarif mulai dari Rp89.000 menuju Karimunjawa.

Cara ke Karimunjawa pun bisa menggunakan jalur kereta api. Dari kota asal, Anda perlu menaiki kereta jurusan Stasiun Tawang atau Stasiun Poncol, Semarang. Pastikan jadwal keberangkatan kereta telah disesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal Ferry menuju Karimunjawa.

Dari stasiun pemberhentian, perjalanan berlanjut ke Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang atau Pelabuhan Kartini di Jepara menggunakan transportasi darat lain pilihan Anda.

  • Perjalanan Laut

Selain Pelabuhan Kartini, perjalanan via jalur laut juga bisa dimulai di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Anda hanya perlu menaiki kapal cepat KMC Kartini yang berangkat setiap hari Sabtu jam 09.00. Biaya ke Karimunjawa menggunakan KMC Kartini sekitar Rp143.000 dengan lama perjalanan 4 jam.

Cara ke Karimunjawa Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi atau mobil, gunakan jalur tol dengan tujuan Semarang. Nantinya Anda akan keluar tol Semarang Jatingaleh menuju ke Kabupaten Jepara via Jalur Demak. Setelah tiba, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kartini untuk menyeberangi pulau dengan kapal.

Optimalkan Proteksi Selama Di Perjalanan Menuju Karimunjawa dengan Garda Trip

Apa pun alternatif perjalanan yang dipilih, pastikan Anda telah mempersiapkan diri secara optimal menghadapi waktu perjalanan yang tidak sebentar menuju Karimunjawa. Optimalkan juga keamanan perjalanan Anda bersama Garda Trip.

Produk asuransi perjalanan dari Asuransi Astra ini akan memberikan Anda perlindungan baik untuk perjalanan domestik maupun internasional. Selain keamanan, Anda juga akan diberikan berbagai manfaat untuk memastikan ketenangan dan kenyamanan saat traveling.

Garda Trip akan memberikan Anda perlindungan dari berbagai risiko yang menghambat perjalanan, di antaranya:

  • Kecelakaan diri
  • Penanganan medis
  • Evakuasi darurat
  • Pembatalan atau perubahan perjalanan dan keterlambatan perjalanan
  • Jaminan barang bagasi dan pribadi
  • Kepulangan lebih awal
  • Tanggung jawab pribadi
  • Gangguan perjalanan lain di luar hal-hal yang dikecualikan

Asuransi perjalanan Garda Trip juga berlaku untuk melindungi perjalanan secara individu maupun pasangan bersama anak-anak. Traveling ke Karimunjawa pun semakin aman dan nyaman berkat proteksi maksimal dari Garda Trip.

Referensi:

https://travel.tempo.co/read/1626420/7-destinasi-wisata-alam-di-kepulauan-karimunjawa

https://travel.kompas.com/read/2021/09/08/121500527/7-tempat-wisata-yang-wajib-dikunjungi-di-karimunjawa-ada-bukit-love?page=all

https://pergimulu.com/panduan-tips-pergi-liburan-ke-karimunjawa/
https://www.idntimes.com/travel/destination/naufal-al-rahman-1/destinasi-wisata-paling-kece-di-karimunjawa
https://kumparan.com/jendela-dunia/inilah-waktu-terbaik-ke-karimun-jawa-agar-liburan-aman-20AKAPbknmX