Tempat wisata Lembang semakin berkembang pesat. Wajar saja sebab daerah dataran tinggi di Bandung ini menawarkan kriteria ideal untuk pengembangan tempat wisata. Sebut saja pemandangan alam nan asri dengan udara yang masih sejuk.

Selain tempat wisata yang lagi hits, Lembang juga menawarkan segudang aktivitas menarik untuk dilakukan bersama teman atau keluarga besar. Alhasil, Lembang tidak pernah sepi pengunjung, terlebih saat musim liburan tiba. Terlebih Lembang hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Bandung.

Alasan Lembang Banyak Diminati Wisatawan 

Sekilas sudah disebutkan bahwa keasrian Lembang menjadi daya tarik wisata yang tak bisa dilewatkan. Namun, bila dipaparkan secara rinci, alasan tempat wisata Lembang memiliki daya tarik tersendiri tidak lepas dari faktor-faktor berikut ini:

  • Keindahan Alam

Lembang terletak di dataran tinggi dengan pemandangan alam yang indah. Pegunungan, perkebunan, dan udara yang sejuk menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin merasakan  keindahan alamnya, terlebih bagi mereka yang terbiasa dengan modernisasi dan gedung-gedung pencakar langit di kota-kota besar.

  • Iklim Sejuk

Karena terletak di dataran tinggi, tentunya Lembang memiliki iklim yang lebih sejuk ketimbang daerah dataran rendah. Faktor ini menjadikan Lembang sebagai destinasi yang tepat untuk terlepas dari panasnya kota dan menikmati udara segar.

  • Wisata Alam

Begitu banyak wisata alam di Lembang dan salah satu yang paling terkenal adalah Gunung Tangkuban Perahu. Menjelajahi wisata alam Lembang tidak hanya disuguhi pemandangan indah, tetapi juga beragam tantangan dan aktivitas seru untuk meningkatkan pengalaman liburan Anda.

  • Pusat Oleh-oleh

Kawasan ini juga terkenal dengan toko oleh-olehnya, seperti camilan tradisional Bandung, susu murni, dan suvenir khas Lembang. Jadi, tidak sulit bagi wisatawan yang ingin membawa kenang-kenangan khas Lembang.

  • Aktivitas Keluarga

Ada banyak tempat wisata di Lembang yang cocok untuk keluarga, seperti De’ Ranch dan Farmhouse Lembang. Tempat-tempat ini menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan sekaligus mengedukasi, khususnya untuk anak-anak.

  • Kuliner

Lembang juga terkenal akan kelezatan kulinernya. Di sinilah Anda dapat mencicipi rasa otentik dari hidangan khas Sunda. Sekali mencicipi keragaman kuliner lokal di Lembang, dijamin Anda akan ketagihan dengan cita rasanya.

  • Aksesibilitas

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Bandung membuat Lembang mudah diakses oleh para wisatawan. Bahkan infrastrukturnya pun mendukung aksesibilitas sehingga bisa dijangkau oleh kendaraan umum konvensional atau transportasi berbasis online.

10 Tempat Wisata di Lembang yang Cocok untuk Liburan 

Di antara banyaknya pilihan tempat wisata Lembang, setidaknya ada 10 atraksi yang paling populer di kalangan wisatawan. Di antaranya

  1. Lembang Park & Zoo

Salah satu tempat wisata di Lembang yang lagi hits adalah Lembang Park & Zoo. Berlokasi di Jl. Kolonel Masturi No. 171, Desa Sukajaya, kebun binatang ini menghadirkan beragam satwa yang dilindungi. Salah satu yang paling populer adalah Bird Aviary besar dengan beragam burung berwarna lainnya.

Selain burung-burung cantik, Anda dan keluarga juga bisa menyaksikan singa dan hewan-hewan buas. Nah, kalau ingin ngafe sambil ditemani kucing-kucing lucu, Lembang Park & Zoo memiliki Neko Cat Café.

  1. Tangkuban Parahu

Menjadi simbol pariwisata Kota Kembang, objek wisata Tangkuban Perahu sering dikaitkan dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Gunung yang terbentuk melalui pengerasan lapisan lava ini menyuguhkan keindahan yang memukau semua wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Meski dijadikan tempat wisata, Gunung Tangkuban Parahu sebenarnya masih aktif. Ia memiliki Sembilan kawah dan tiga di antaranya paling terkenal, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas. Karena terletak di dataran tinggi, Kawah Tangkuban Perahu sering kali diselimuti oleh kabut tebal.

Dari atas Anda juga dapat menikmati pemandangan cekungan kawah yang  memiliki air belerang berwarna hijau kebiruan.  Selain itu, masing-masing kawah juga memiliki keunikan tersendiri. Tetapi yang paling berbahaya adalah Kawah Upas lantaran kandungan belerangnya yang tinggi sehingga uapnya dapat menghasilkan racun.

Nah, jika Anda berminat mengunjungi tempat wisata Lembang ini, segera menuju ke Jl. Tangkuban Parahu No. 282, Desa Cikole.

  1. Floating Market Lembang

Sesuai namanya, tempat wisata ini mengusung konsep pasar terapung. Di Floating Market Lembang, Anda dapat menyambangi berbagai penjual yang menjajakan produknya, terutama kuliner, di atas perahu. Lokasi Floating Market ini berada di Jl. Grand Hotel No. 33E.

Berbagai atraksi menarik di pasar terapung ini membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Bahkan, anak-anak akan kegirangan ketika menikmati sensasi naik perahu sambil berbelanja kuliner lezat.

Selain variasi kuliner, Floating Market Lembang juga menghadirkan ragam atraksi lain, seperti wahana air, sewa kostum dan swafoto, berinteraksi dengan kelinci, sampai jalan-jalan di taman bunga dan kota mini.

  1. Farmhouse Susu Lembang

Tempat wisata Lembang yang cocok dikunjungi bersama keluarga adalah Farmhouse Susu Lembang. Berdiri sejak tahun 2015, destinasi edukasi ini menawarkan konsep pedesaan ala Eropa. Selain menikmati atmosfernya, anak-anak juga dapat berinteraksi dengan sapi, domba, dan kelinci seperti suasana peternakan.

Untuk memasuki kawasan wisata Farmhouse Susu Lembang, Anda harus membeli tiket yang nantinya dapat ditukarkan dengan susu segar atau tawaran diskon di beberapa tenant makanan. Setelah itu, Anda bisa berjalan-jalan sambil berswafoto di tempat-tempat estetis seperti taman bunga dan Rumah Hobbit.

Agar suasana pedesaan Eropa semakin kental, sekalian saja Anda berfoto mengenakan kostum tradisional khas Eropa. Jika lelah, Anda bisa beristirahat di kafe-kafe Instagramable sambil mencicipi hidangan lezatnya. Penasaran ingin menikmati suasana seru di sini? Yuk segera kunjungi Farmhouse Susu Lembang yang berlokasi di  Jl. Raya Lembang No. 106.

  1. Taman Bunga Begonia

Merupakan tempat wisata yang terletak di kawasan Maribaya. Taman Bunga Begonia atau Kebun Begonia memiliki luas sekitar 2 hektar yang ditanami oleh bunga-bunga indah penuh warna. Sebut saja tulip, marigold, geranium, dan celosia. Semua tanaman diatur sedemikian rupa untuk menciptakan lanskap estetis. Tidak heran bila banyak wisatawan yang berebut untuk berfoto di tempat wisata ini.

Taman Bunga Begonia tidak hanya menawarkan pemandangan bunga-bunga nan asri saja, tapi juga ada beragam aktivitas yang bisa dicoba bersama keluarga. Misalnya main flying fox atau paintball, berkuda, memberi makan kelinci, sampai kegiatan petik buah yang disediakan oleh pengelola Taman Bunga Begonia.

Tempat wisata di Lembang yang lagi hits ini bisa Anda kunjungi bersama keluarga di Jl. Maribaya No. 120A, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.  Taman ini juga berdekatan dengan tempat wisata hits lain seperti Fairy Garden, The Lodge Maribaya, dan Dago Dream Park.

  1. The Lodge Maribaya

Salah satu tempat wisata Lembang terfavorit yang menawarkan sensasi glamping sambil menikmati pemandangan asri. Perubahan drastis sempat dilakukan pada tahun 2016 hingga membuat The Lodge Maribaya semakin menarik.

Selain glamping atau berkemah di tenda-tenda unik, Anda juga dapat mengakses berbagai wahana seru seperti Sky Tree, Zip Bike, Mountain Swing, Valley Swing, Hot Air Balloon, dan Gantole. Jangan lupa berswafoto sepuasnya untuk mempercantik feed media sosial Anda sekalian mencicipi beragam hidangan lezat di kafe dan restoran yang buka di sana.

Melalui The Lodge Maribaya, Anda juga dapat mengakses Fairy Garden yang terkenal dengan atmosfer ala negeri-negeri dongeng. Selain spot fotonya unik dan cantik, anak-anak dapat menyaksikan berbagai pertunjukan menghibur sekaligus mendidik.

  1. De’ Ranch

Ingin mengajak keluarga berkuda ala koboi? Di Lembang ada tempat wisata yang menawarkan atraksi tersebut, namanya De’ Ranch. Destinasi wisata keluarga ini menawarkan sensasi naik kuda sembari mengenakan kostum koboi, lho! Jenis kudanya pun bisa disesuaikan dengan umur dan skill menunggang.

Setelah siap, Anda akan dibawa mengelilingi area De’ Ranch yang asri dan berudara sejuk. Anda juga bisa sekalian belajar menunggangi dan merawat kuda yang tepat. Selain berkuda, nikmati aktivitas lain seperti berfoto, kulineran, mewarnai keramik, membuat kue khas De’ Ranch, belanja souvenir, sampai main flying fox dan balon air.

De’ Ranch Lembang berlokasi di Jl. Maribaya No. 15, Desa Kayuambon, Lembang, Bandung Barat. Khusus bagi pengunjung yang ingin belajar berkuda selama 45 menit, pastikan telah melakukan reservasi terlebih dahulu.

  1. Grafika Cikole

Populer juga dengan sebutan Orchid Forest Cikole, tempat wisata Lembang ini merupakan hutan anggrek terbesar di Indonesia. Setidaknya ada 20.000 tanaman anggrek yang ditanam di sana. Tak hanya keindahan anggrek, Anda juga akan disuguhkan pemandangan syahdu hutan pinus dengan aromanya yang khas.

Grafika Cikole pun menghadirkan akses ke fasilitas lain seperti tempat main golf, area bermain dengan kelinci dan rusa, horse ranch, area flying fox, area camp, sampai jembatan tali yang gemerlap indah di malam hari. Tak ketinggalan juga spot foto unik dan tenant kuliner yang menjajakan makanan khas Sunda.

Lokasi Grafika Cikole ini berdekatan dengan Gunung Tangkuban Parahu, yakni di Jl. Raya Tangkuban Parahu No. Km. 08, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

  1. Dusun Bambu Lembang

Terakhir, tempat wisata Lembang lain yang harus Anda kunjungi adalah Dusun Bambu. Destinasi wisata ini berlokasi di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Kecamatan Parongpong, tepatnya berada di bawah kaki Gunung Burangrang. Di Dusun Bambu Lembang, Anda akan mendapatkan tempat wisata paket lengkap.

Mulai dari pemandangan alam yang indah, memperoleh wawasan budaya tradisional, sampai mencicipi makanan khas Jawa Barat yang terkenal kenikmatannya. Di sini, Anda juga dapat melakukan beragam aktivitas. Misalnya menaiki perahu, staycation di villa bergaya tradisional, glamping, bermain di Bamboo Playground, mengunjungi Kampung Ulin, sampai berbelanja oleh-oleh.

Ada juga trek jogging serta wahana e-Scooter dan sepeda bambu. Bila lelah berkeliling area Dusun Bambu yang luas, ada fasilitas shuttle gratis yang disediakan pengelola tempat wisata.

Berbicara tentang tempat wisata di Lembang yang lagi hits memang tidak akan ada habisnya. Tetapi, melalui rekomendasi di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin menghabiskan akhir pekan sambil quality time bersama keluarga di Lembang.

Nah, agar perjalanan wisata tetap nyaman dan aman, pastikan Anda telah memiliki asuransi Garda Trip. Produk asuransi perjalanan dari Asuransi Astra ini akan memberikan Anda perlindungan maksimal baik untuk perjalanan domestik maupun internasional.

Selain keamanan, Anda juga akan diberikan berbagai manfaat untuk memastikan ketenangan dan kenyamanan saat traveling. Kenyamanan tersebut mencakup perlindungan dari berbagai risiko yang menghambat perjalanan. Di antaranya:

  • Kecelakaan diri
  • Penanganan medis
  • Evakuasi darurat
  • Pembatalan atau perubahan perjalanan dan keterlambatan perjalanan
  • Jaminan barang bagasi dan pribadi
  • Kepulangan lebih awal
  • Tanggung jawab pribadi
  • Gangguan perjalanan lain di luar hal-hal yang dikecualikan

Asuransi perjalanan Garda Trip juga berlaku untuk melindungi perjalanan secara individu maupun pasangan bersama anak-anak. Optimalkan kenyamanan dan keamanan perjalanan Anda ke tempat wisata Lembang bersama asuransi Garda Trip.