10 Tempat Wisata di Semarang yang Asik Buat Liburan

10 Tempat Wisata di Semarang yang Asik Buat Liburan

Liburan tentu menjadi momen yang selalu dinanti setiap orang. Bagaimana tidak, dengan liburan maka Anda dapat sedikit melepaskan beban yang ada di pikiran. Salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk berlibur yaitu tempat wisata di Semarang karena begitu banyak jumlahnya.

Mungkin jika dibandingkan dengan kota besar lain seperti Yogyakarta dan Bali kota Semarang tak begitu popular di kalangan wisatawan. Namun, berbicara tempat wisata ini ada beragam tempat yang bisa Anda kunjungi mulai dari wisata bersejarah, kuliner, hingga pusat perbelanjaan. Dijamin liburan akan semakin seru dan asyik tatkala menginjakkan kaki di Semarang.

Inspirasi Tempat Asyik Berlibur Di Semarang

Ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Semarang, diantaranya:

1. Lawang Sewu

Tidak afdol rasanya, kalau belum datang ke tempat wisata Lawang Sewu. Tempat wisata ini sangat ikonik di kota Semarang. Tempat yang merupakan bekas kantor jaman perusahaan kereta Hindia Belanda ini memang menyajikan suasana kota lama yang klasik dan menarik.

Saat ini Lawang Sewu telah resmi dijadikan sebagai tempat wisata dan menjadi landmark paling popular di Kota Semarang. Disebut sewu karena memiliki jumlah pintu sampai seribu. Tempatnya juga dekat dengan simpang lima sehingga Anda bisa dengan mudah mengunjunginya kapan saja.

2. Saloka Theme Park

Saloka Park merupakan tempat bermain raksasa yang ada di Kabupaten Semarang. Jika ditempuh menggunakan mobil maka akan membutuhkan waktu kira-kira 1 jam perjalanan. Letaknya juga tak jauh dari Danau Rawa Pening sehingga Anda bisa setali tiga uang dalam menikmati keindahannya.

Taman ini merupakan yang terbesar di Jawa Tengah. Disediakan juga berbagai macam wahana yang bervariasi mulai dari anak-anak hingga wahana ekstrem buat Anda yang ingin menguji adrenalin.

3. Kota Lama Semarang

Kota Lama merupakan sebuah tempat wisata yang kaya akan bangunan bersejarah tempo dulu. Dulunya merupakan pusat perdagangan di Kota Semarang sekitar abad 19-20.

Kota ini dikenal dengan banyaknya gedung tua bergaya Eropa yang menarik dan unik. Sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik di era media sosial seperti saat ini.

4. Klenteng Sam Poo Kong

Tempat satu ini juga merupakan tempat yang begitu ikonik di kota Semarang. Bagaimana tidak, Sam Poo Kong merupakan klenteng tertua yang ada di Semarang. Dulunya merupakan tempat pendaratan dan persinggahan laksamana Cheng Ho asal Tiongkok.

*Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Jogja yang Paling Terkenal

Tempat ini menjadi tempat yang begitu popular untuk berwisata karena bentuknya yang bagus dan menarik. Di dalamnya juga disediakan berbagai macam festival dan juga acara keagamaan yang digelar di area klenteng. Sangat cocok untuk dijadikan tempat foto bagi wisatawan tentunya.

5. Pagoda Avalokitesara

Tempat wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi saat di Semarang adalah Pagoda Avalokitesvara. Pagoda ini merupakan jenis pagoda tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 45 meter.

Pagoda ini merupakan salah satu dari jenis bangunan utama pada Vihara Buddhagaya Watugong. Pagoda ini begitu indah terlebih saat malam hari. Tak heran jika banyak wisatawan yang berbondong-bondong mendatangi pagoda satu ini.

6. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi, tentu sudah tak asing lagi sebagian orang. Layaknya pelangi sesungguhnya, tempat ini memiliki warna-warni keindahan mulai dari tembok, atap, hingga jalanan. Lokasinya berada di Jawa Timur, Malang yang terkenal dengan Jodhipan alias Kampung Pelangi Malang.

7. Brown Canyon Semarang

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Semarang. Tempat yang merupakan dataran tandus dengan pasir ini sangat cantik dan unik untuk digunakan foto-foto. Hal tersebut dikarenakan tempat ini merupakan imbas dari pertambangan pasir, batu padas, dan juga tanah.

8. Museum Ranggawarsita

Museum ini merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan beberapa benda bersejarah baik geologi atau pun budaya. Museum ini menjadi yang paling terkenal di Jawa Tengah karena koleksinya yang super lengkap dan terawat dengan baik.

*Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Ngehits

Tempat ini dapat dijadikan sebagai wahana edukasi bagi anak-anak. Di tempat ini anak-anak dapat belajar mengenai perkembangan bumi dan manusia, budaya masyarakat tempo dulu, hingga beberapa pelajaran seperti kemerdekaan.

9. Dusun Semilir Eco Park

Tempat yang tergolong baru ini tak mau kalah dengan tempat wisata lain. Menjadi primadona karena memiliki bentuk interior dan eksterior yang begitu unik. Bangunan-bangunannya didesain ala stupa candi Borobudur. Degan begitu, tempat ini memiliki spot foto yang keren abis.

Tempat ini memiliki restoran dengan pemandangan luar biasa. Disini, Anda dapat menikmati wisata sambil menyantap makanan khas Semarang yang enak-enak. Tak lupa Anda juga dapat melakukan beberapa aktivitas seperti seluncur warna di tempat ini yang akan menguji adrenalin Anda.

10. Umbul Sidomukti

Tempat wisata selanjutnya yang wajib di kunjungi di Kota Semarang adalah umbul Sidomukti. Di tempat ini Anda dapat menikmati udara segar karena terletak di Kaki Gunung Ungaran. Di sana juga telah disediakan beberapa aktivitas outbound seru dan menantang.

Terdapat juga kolam renang dengan air khas pegunungan yang sangat bersih. Dijamin, sangat puas jika mendatangi tempat ini di pagi hari karena memiliki panorama yang begitu mempesona.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata di Semarang, maka jangan lupa untuk membeli Asuransi Perjalanan dari Garda Trip. Dengan asuransi ini, maka wisata Anda akan menjadi lebih nyaman dan tenang karena segala hal telah ditanggung oleh pihak asuransi sesuai polis.