12 Jenis Velg Mobil yang Ada di Pasaran

12 Jenis Velg Mobil yang Ada di Pasaran

Bagi Anda yang menyukai dunia modifikasi mobil, selain bagian audio dan bagian mesin mobil, ada pula bagian mobil lain yang dianggap menarik untuk dimodifikasi, yaitu bagian velg mobil. Namun, tidak semua jenis velg mobil yang tersedia saat ini cocok dengan mobil Anda karena perlu mempertimbangkan desain dan peruntukkannya.

Harga velg mobil yang ada di pasaran saat ini sangat bervariatif tergantung merek dan bahan yang digunakan. Untuk mobil supercar seperti Lamborghini dan Buggati, velg standar pabrikan dari merek mobil tersebut bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk satu velgnya atau setara dengan harga satu mobil entry level.

Mahalnya harga velg mobil supercar tersebut bisa dimaklumi karena terbuat dari bahan-bahan premium dan telah melalui berbagai serangkaian proses produksi untuk memastikan kualitas dari velg yang digunakan.

Walaupun Anda bukanlah pemilik mobil supercar dengan desain velg pabrikan yang keren dan gahar, Anda bisa meningkatkan prestige mobil yang digunakan saat ini dengan mengganti velg lama dengan desain dan jenis velg mobil yang baru.

Berikut adalah rekomendasi 12 jenis velg mobil yang tersedia di pasaran saat ini yang bisa Anda pilih sesuai dengan dimensi ruang roda dan ukuran ban yang akan digunakan.

Apa Sebenarnya Fungsi Velg Mobil?

Sebelum kita membahas berbagai jenis velg mobil yang tersedia di pasaran, setiap pemilik mobil di luar sana perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja fungsi velg mobil.

Velg mobil adalah komponen kaki-kaki mobil yang sangat penting, di mana velg mobil adalah tempat untuk memasang ban dan menjaga roda tetap berada pada posisi yang benar. Selain itu, fungsi velg mobil juga sebagai cakram yang menopang mobil.

Semakin besar ukuran dan berat velg mobil yang Anda gunakan, hal ini akan semakin memengaruhi beban kaki-kaki mobil. Oleh karenanya, saat mengganti velg mobil pastikan bahwa ukuran dan berat velg sesuai dengan jenis mobil Anda.

Jenis-jenis Velg Mobil Berdasarkan Cara Pembuatan

Velg mobil yang sering Anda lihat dijual di berbagai showroom mobil dapat dibedakan dari cara pembuatannya yang terdiri dari flow forming, forged, dan casting.

  1. Velg Flow forming

Pada proses pembuatan velg dengan flow forming, velg mobil dibuat dengan cara memutar dan membentuk logam pada suhu yang tinggi. Jenis velg flow forming memiliki berat yang ringan sehingga memudahkan akselerasi mobil dan dapat menghemat pemakaian bahan bakar.

Berbicara soal harga, jenis velg flow forming dijual dengan harga yang terjangkau dan punya pilihan desain yang beragam, dan kuat.

  1. Velg Forged

Cara pembuatan velg forged melibatkan suhu ekstrem dan tekanan tinggi, di mana jenis velg ini dibuat dari sepotong logam yang diubah bentuknya.

Dengan proses pembuatan velg yang melibatkan suhu ekstrem dan tekanan tinggi, velg forged memang ditempa untuk bisa punya ketahanan dan kekuatan yang sangat kuat. Bahkan, ketahanan dan kekuatannya melebihi jenis velg flow forming dan casting.

Namun, harga velg forged lebih mahal karena termasuk kategori high end dengan stok terbatas.

  1. Velg Casting

Jika pada cara pembuatan velg flow forming dan forged, kedua cara pembuatan velg ini tidak melibatkan cetakan untuk membentuk velg. Pada proses pembuatan velg casting, jenis velg ini dibentuk dengan menuangkan logam cair ke cetakan velg dengan metode gravity casting dan pressure casting.

Harga velg casting relatif murah karena biaya produksi yang rendah. Namun, kekuatan velg casting lebih rendah dibanding velg forged dan menawarkan pilihan desain yang beragam.

Jenis-jenis Velg Berdasarkan Bahan

  1. Velg Baja

Secara penampakan, tidak ada hal yang membuat jenis velg baja terlihat prestige saat digunakan. Hal ini bukan tanpa alasan karena desain velgnya yang kurang menarik dan terlihat seperti mirip kaleng.

Inilah alasan mengapa velg baja juga biasanya disebut velg kaleng oleh kebanyakan pemilik mobil di luar sana. Velg baja sendiri dibuat dengan menggunakan material (alloy) dan karbon.

Walaupun tidak memiliki desain yang menarik bahkan terlihat biasa saja, velg baja adalah salah satu jenis velg yang paling kuat dibanding jenis velg lainnya. Namun, velg baja juga memiliki kekurangan karena material baja yang digunakan membuat jenis velg ini punya bobot yang berat.

  1. Velg Aluminium

Jenis velg mobil selanjutnya adalah velg aluminium yang terbuat dari aluminium, nikel, dan magnesium. Jenis velg aluminium punya pilihan desain yang beragam karena mudah dibentuk dan ringan.

Velg aluminium bisa diperuntukkan untuk jenis mobil klasik atau retro.

  1. Velg Karbon

Serat karbon adalah material utama untuk pembuatan sasis mobil supercar, dan juga banyak digunakan untuk velg mobil dengan menawarkan kelebihan lebih ringan dan kuat.

Namun, harga velg karbon dianggap kurang bersahabat karena proses produksinya lebih lama dibanding besi atau aluminium dan juga serat karbon tidak mudah untuk dibentuk.

  1. Velg Magnesium

Velg magnesium tentu terdengar asing bagi kebanyakan pemilik mobil di luar sana, lantaran jenis velg ini biasanya hanya digunakan untuk mobil balap karena memiliki kemampuan untuk mengurangi panas dari rem dan guncangan.

Secara kekuatan, velg magnesium lebih kuat dibanding velg aluminium namun lebih rentan terhadap korosi.

Jenis-jenis Velg Berdasarkan Konstruksi

  1. Velg Split

Proses pembuatan velg split adalah dengan cara menggabungkan dan merakit 2 atau 3 bagian yang terpisah. Jenis velg ini juga mudah untuk diperbaiki karena bagian yang rusak bisa dilepas dan diganti dengan bagian yang baru.

  1. Velg Monoblock

Jika pada velg split, velg dirakit dari 2 atau 3 bagian. Pada velg monoblock, jenis velg ini dibuat dengan menggunakan satu logam utuh lalu dibentuk menjadi velg, sehingga jenis velg monoblock lebih kuat dibanding velg split namun jika terjadi kerusakan pada velg harus diganti secara keseluruhan.

Jenis-jenis Velg Berdasarkan Pabrikan

  1. Velg OEM

OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufactured, di mana jenis velg OEM adalah velg bawaan standar pabrikan yang dikeluarkan oleh sebuah produsen mobil.

  1. Velg Aftermarket

Jika velg OEM memang diproduksi oleh produsen mobil, hal ini berbeda dengan jenis velg aftermarket yang diproduksi oleh pihak ketiga dengan mengikuti standar komponen velg yang digunakan.

  1. Velg Replika

Velg replika adalah jenis velg mobil yang memang dibuat sama persis dengan velg OEM dan aftermarket yang dijual lebih murah dan terjangkau.

Tips Memilih Velg Mobil yang Tepat (<H2>)

Saat Anda ingin mengganti velg lama dengan velg mobil yang baru, Anda bukan hanya mempertimbangkan pilihan desain semata, tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini agar pemasangan velg baru tidak sampai mengganggu kenyamanan Anda selama berkendara.

  1. Pilih Ukuran Velg yang Sesuai

Tidak semua ukuran velg sesuai dengan jenis mobil Anda. Cara terbaik dalam memilih ukuran velg adalah mengikuti ukuran velg bawaan standar pabrikan.

Namun, jika Anda ingin memilih ukuran velg yang lebih besar dibanding velg standar. Anda bisa memilih velg mobil baru yang memiliki ukuran 1-2 inci lebih besar dibanding velg standar dan pastikan bahwa ukuran velg yang baru tidak sampai menjorok keluar yang bisa membuat terjadinya gesekan dengan komponen mobil lain.

  1. Sesuaikan dengan Jenis Ban yang Akan Digunakan

Selain memperhatikan ukuran velg baru apakah sesuai atau tidak dengan jenis mobil Anda, pemilik mobil juga perlu memperhatikan jenis ban yang akan digunakan.

Ukuran velg dan jenis ban adalah hal yang perlu diperhatikan karena dapat memengaruhi kenyamanan Anda selama berkendara. Ukuran velg dan jenis ban yang tidak sesuai bisa menyebabkan laju mobil menjadi tidak stabil.

Bagi pemilik mobil yang mengincar kualitas dan keamanan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti velg lama dengan menggunakan jenis velg mobil OEM dan aftermarket karena sudah teruji kuat dan aman.

Cara Merawat Velg Mobil

Mengganti velg lama dengan desain velg baru yang lebih bagus dan keren bisa meningkatkan prestige mobil yang Anda gunakan saat ini. Untuk menjaga dan merawat velg mobil Anda tersebut, Anda bisa merawat dan membersihkan velg mobil secara rutin dengan mengikuti tips berikut ini.

  1. Hindari Melewati Jalan Rusak

Jalanan rusak adalah musuh velg mobil Anda, sehingga pemilik mobil perlu sebisa mungkin menghindari melewati jalanan rusak untuk menjaga velg mobil tetap awet.

  1. Rajin Membersihkan Velg dengan Cairan Khusus

Rajin mencuci mobil dinilai belum cukup untuk merawat velg baru Anda. Oleh karenanya, Anda perlu membersihkan velg mobil dengan menggunakan cairan khusus untuk pembersih velg yang dapat menghilangkan debu atau kotoran, dan sisa residu pengereman.

  1. Perhatikan Beban Bawaan

Beban bawaan yang semakin berat akan semakin membebani velg mobil Anda. Oleh karenanya, selama berkendara pastikan bahwa Anda tidak membawa atau mengangkut penumpang melewati batas beban yang sudah ditetapkan.

Berkendara dengan beban yang tidak terlalu berat bukan hanya bisa melindungi velg mobil Anda dari kerusakan, tetapi juga bisa melindungi komponen mobil lain seperti shockbreaker agar tidak cepat rusak.

  1. Perhatikan Tekanan Angin Ban dan Pilih Jenis Ban yang Sesuai

Kurangnya tekanan angin pada ban bisa menyebabkan kerusakan pada velg mobil Anda. Hal ini bisa terjadi ketika ban mobil Anda kurang angin dan tanpa sengaja terkena lubang di jalanan pada kecepatan tinggi. Pada kondisi tersebut, velg Anda bisa penyok akibat benturan keras yang terjadi. Penting bagi Anda yang ingin merawat velg mobil untuk selalu mengecek tekanan angin pada ban agar sesuai standar pabrikan.

Selain itu, pilihan jenis ban juga perlu Anda sesuaikan dengan velg mobil agar laju mobil bisa stabil saat digunakan berkendara di jalan raya.

Lindungi Kendaraan Anda dengan Asuransi Mobil dari Garda Oto

Merawat velg mobil baru Anda dengan baik dirasa belum cukup untuk melindungi dan menjaga nilai kendaraan Anda. Untuk menjaga nilai kendaraan Anda dari risiko kerusakan dan kerugian selama berkendara, penting bagi setiap pemilik mobil di luar sana untuk memproteksi kendaraan dengan asuransi kendaraan bermotor.

Terdapat pilihan asuransi Comprehensive dari Garda Oto yang menjamin Partial Loss + Total Loss, yaitu memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan bermotor termasuk kehilangan akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan yang lebih lengkap.