Ingin Poles Mobil Sendiri di Rumah? Siapkan Alat dan Bahan Ini

Ingin Poles Mobil Sendiri di Rumah? Siapkan Alat dan Bahan Ini

Biaya poles mobil sebenarnya tidaklah mahal, asalkan Anda sudah mengetahui bagaimana cara poles mobil dengan benar dan apa saja bahan dan alat poles mobil yang perlu dipersiapkan untuk memoles mobil sendiri di rumah.

Poles mobil bukan hanya membuat tampilan mobil Anda terlihat bersih dan kinclong, melainkan poles mobil secara rutin juga berfungsi untuk membuat cat mobil lebih awet, menghilangkan baret pada mobil, dan dapat meningkatkan nilai jual.

Jadi, tak heran jika banyak pemilik mobil di luar sana yang rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk membawa mobilnya ke salon mobil terdekat untuk dipoles agar tampilan mobil terlihat bersih dan kinclong.

Apa Itu Poles Mobil?

Poles mobil adalah termasuk perawatan eksterior yang bertujuan untuk mempercantik tampilan mobil sehingga mobil Anda terlihat seperti baru. Perawatan poles mobil ini bisa kita ibaratkan seperti layanan skin care yang biasanya digunakan untuk mempercantik diri.

Pada proses pemolesan mobil, eksterior mobil Anda akan dibersihkan dengan cairan pembersih dan cat mobil akan diberikan proteksi dengan menggunakan wax.

Perbedaan Poles Mobil dan Waxing Mobil

Pada proses poles mobil di salon mobil, Anda akan mendapatkan layanan waxing yang bertujuan untuk memberikan perlindungan dan perawatan pada cat mobil agar tampilan mobil lebih berkilau dan cerah.

Bagi kebanyakan pemilik mobil di luar sana, mereka masih banyak yang beranggapan bahwa poles mobil dan waxing mobil adalah hal yang sama. Namun, sebenarnya poles mobil dan waxing mobil memiliki perbedaan dari tujuan pengerjaannya.

Jika pada poles mobil, hal ini hanya bertujuan untuk menghilangkan kusam pada bodi mobil yang terdapat di cat dan mengembalikannya seperti baru. Hal ini berbeda dengan proses waxing mobil, di mana waxing mobil dilakukan hanya untuk memproteksi cat pada mobil.

Manfaat Poles Mobil

Poles mobil yang dilakukan secara rutin minimal setiap 2-3 tahun sekali dapat memberikan manfaat bagi eksterior mobil Anda sebagai berikut.

  • Cat mobil menjadi lebih awet.

  • Membuat tampilan mobil terlihat glossy dan cerah.

  • Menghilangkan kusam dan baret pada bodi mobil.

  • Memberikan pengalaman second like new.

Jenis-jenis Poles Mobil

Dalam jasa poles mobil di sebuah salon mobil, salon mobil umumnya akan menawarkan 3 layanan yang termasuk ke dalam jasa poles mobil yaitu cleaning, detailing, dan coating.

  • Cleaning

Pada layanan cleaning, mobil Anda akan dibersihkan dari debu atau kotoran yang menempel dengan cara cuci biasa maupun snow wash.

  • Detailing

Detailing adalah proses pemolesan mobil untuk mempercantik tampilan eksterior mobil Anda dengan cara memoles bodi mobil yang bertujuan untuk menghilangkan kusam pada mobil dan memberikan proteksi cat mobil dengan menggunakan waxing.

  • Coating

Pemberian coating pada cat mobil bertujuan untuk membuat daya tahan cat semakin kuat dari serangan bercak air yang dapat menimbulkan jamur.

Biaya Poles Mobil

Harga poles mobil yang ditawarkan di salon mobil memiliki biaya yang berbeda-beda tergantung pada layanan yang diberikan. Umumnya, biaya poles mobil yang sudah termasuk kaca, lampu, dan bodi mobil berkisar Rp700 ribu sampai Rp3 juta.

Cara Poles Mobil Secara Mandiri

Untuk menghemat biaya poles mobil di salon mobil yang bisa mencapai Rp3 juta, pemilik mobil bisa mengakali mahalnya biaya poles mobil tersebut dengan mempertimbangkan untuk memoles mobil sendiri di rumah dengan menyiapkan bahan dan alat poles mobil berikut ini.

  1. Alat dan Bahan

Sebelum memoles mobil sendiri di rumah, pemilik mobil harus mempersiapkan bahan dan alat poles berikut ini terlebih dahulu.

  • Mesin poles

  • Lap microfiber

  • Busa poles mobil

  • Kain kasar dan halus

  • Alat poles kaca

  • Cairan poles dan wax

  1. Tips Melakukan Poles Mobil Agar Hasilnya Rapi

Pemilik mobil wajib tahu dan memahami bagaimana proses poles mobil yang tepat agar hasilnya rapi dengan mengikuti cara poles mobil sendiri di rumah berikut ini.

  • Sebelum mobil dipoles, pemilik mobil harus mencuci bersih mobil terlebih dahulu agar kotoran dan debu tidak menempel.

  • Bilas mobil dengan air bersih.

  • Keringkan mobil dengan menggunakan lap microfiber agar tidak terdapat bercak atau noda air pada bodi mobil.

  • Gunakan wax pada mobil agar bodi mobil berkilau dan membuat cat mobil menjadi awet. Anda bisa menggunakan wax secara merata ke bagian permukaan bodi mobil.

  • Selanjutnya, pemilik mobil bisa menggosoknya dengan menggunakan mesin poles dengan gerakan memutar secara berulang.

  • Jika hasil polesan sudah dirasa maksimal, Anda bisa menggunakan kain kering untuk membersihkan bekas polesan pada mobil.

Jika cat mobil Anda sudah aus atau tipis, sebaiknya Anda memoles mobil dengan menggunakan tangan daripada menggunakan mesin poles yang dapat membuat cat mobil terkelupas. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan alat dan bahan poles mobil yang memang sesuai dengan peruntukkannya.

Lindungi Kendaraan Anda dengan Asuransi Mobil dari Garda Oto

Tampilan mobil yang kinclong setelah proses pemolesan memang memberikan rasa percaya diri selama Anda berkendara. Namun, ada kalanya mobil yang sudah Anda rawat dengan hati-hati tersebut bisa saja mengalami kerusakan minor hingga parah akibat tertabrak mobil lain dan menimbulkan biaya perbaikan mobil yang nominalnya tidaklah kecil.

Untuk mengurangi risiko biaya perbaikan selama berkendara, penting bagi setiap pemilik mobil di luar sana untuk memiliki asuransi kendaraan bermotor seperti pilihan asuransi Comprehensive dari Garda Oto yang menjamin Partial Loss + Total Loss, yaitu memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan bermotor termasuk kehilangan akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan yang lebih lengkap.

Dengan menggunakan asuransi kendaraan bermotor, pemilik mobil bukan hanya bisa mengurangi risiko biaya servis dan perbaikan mobil. Tetapi, Anda juga bisa melindungi nilai kendaraan Anda dari risiko kerusakan minor hingga parah.