3 Alasan Mengapa Tidak Boleh Menyepelekan Sabuk Pengaman!

//3 Alasan Mengapa Tidak Boleh Menyepelekan Sabuk Pengaman!
By | 2019-06-13T15:31:45+00:00 Juni 13th, 2019|Blog|0 Comments
3 Alasan Mengapa Tidak Boleh Menyepelekan Sabuk Pengaman

3 Alasan Mengapa Tidak Boleh Menyepelekan Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman adalah satu hal yang sering disepelekan dan mulai jarang digunakan oleh para pengemudi, bahkan kini seringkali hanya dipasang ketika berpapasan dengan polisi agar tidak ditilang. Padahal, sabuk pengaman sangat penting bagi para pengemudi. Maka dari itu, berikut 3 manfaat dari sabuk pengaman tersebut, yang seharusnya dapat membuat Anda tidak lagi menyepelekannya.

  1. Menjaga Keselamatan Pengemudi

Manfaat pertama dari sabuk pengaman adalah dapat menjaga keselamatan pengemudi selama berkendara dan menjaga agar tubuh Anda tidak terhempas ke depan jika terjadi kecelakaan dengan hantaman yang keras sehingga akan mengurangi kemungkinan meninggal akibat kecelakaan.

 

  1. Menjaga Fokus Ketika Berkendara

Manfaat berikutnya dari sabuk pengaman adalah dapat menjaga Anda untuk tetap fokus dan menjaga posisi duduk Anda agar tetap nyaman selama mengemudi karena posisi duduk yang tegak dengan pandangan lurus ke arah jalan adalah posisi terbaik saat mengemudi. Posisi duduk seperti ini juga dapat menghindarkan Anda dari pegal-pegal setelah berkendara, sehingga kondisi Anda selalu optimal selama perjalanan. Baca juga: Tips Posisi Duduk Agar Nyaman dan Aman Berkendara

  1. Terhindar dari Pelanggaran UU Lalu Lintas

Dengan menggunakan sabuk pengaman, maka Anda sudah mematuhi peraturan yang sudah ada dan dapat terhindar dari pelanggaran hukum. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 106 ayat 6, yang mengharuskan setiap orang yang mengemudikan kendaraan beroda empat atau lebih di jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk pengaman atau Anda bisa dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp 250.000 jika masih tidak menggunakan sabuk pengaman.

Jadi, mulai sekarang gunakan selalu sabuk pengaman ketika mengemudi demi keselamatan Anda di jalan raya. Tetapi, selain dengan menggunakan sabuk pengaman, Anda bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman dengan mengasuransikan kendaraan Anda dengan asuransi mobil, seperti dengan Garda Oto. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, siap memberikan perlindungan terbaik bagi mobil Anda dengan berbagai manfaat dan layanan yang kami miliki. Ditambah, kami juga menyediakan layanan darurat bagi Anda jika mengalami masalah di jalan, cukup dengan hubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses 24 jam, informasikan kondisi darurat Anda, dan tim Garda Siaga kami akan segera datang ke lokasi Anda dan memberikan bantuan atas masalah Anda.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Berkendara