4 Tips Mencegah Kebakaran di Rumah

4 Tips Mencegah Kebakaran di Rumah

Kasus kebakaran rumah cukup sering terjadi di Indonesia. Salah satu penyebab kebakaran yang sering ditemui berasal dari korsleting dan tabung gas. Untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran, Anda dapat mengikuti langkah-langkah pencegahan. Berikut tips mencegah kebakaran di Rumah dari Garda Oto.

1.Jauhkan segala sumber api  seperti  pemantik dan korek api  dari Anak

Pertama Anda harus mengetahui barang apa saja yang dapat memicu api, seperti pemantik, korek api, minyak tanah, tabung gas, botol-botol parfum, dan hairspray. Sebaiknya Anda menyimpan peralatan tersebut dengan rapi di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Anak kecil biasanya suka memegang benda yang dianggap mereka menarik.

  1. Matikan dan cabut semua kabel elektronik yang tidak dipakai

Gunakan peralatan listrik sewajarnya, jangan lupa untuk selalu mematikan alat-alat listrik ketika sudah tidak digunakan lagi. Misalnya matikan AC atau televisi saat Anda sudah tidak menggunakanya. Selain menghemat tagihan listrik, langkah ini dapat meminimalisir risiko alat-alat listrik menjadi panas yang dapat memicu hubungan arus pendek.

  1. Cek sambungan listrik dan kompor sebelum berpergian

Sebelum berpergian sebaiknya Anda selalu sempatkan untuk memeriksa sambungan listrik dan kompor terlebih dahuli. Jangan sampai gara-gara Anda lupa mengecek, Anda menyesal di kemudian hari.

  1. Gunakan peralatan listrik yang sesuai dengan standar keamanan

Ketika membeli peralatan rumah tangga bertenaga listrik, sebaiknya Anda mengutamakan kualitasnya. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Pastikan produk yang dipilih sesuai standar nasional. Dan pastikan juga untuk memasang peralatan rumah tangga bertenaga listrik sesuai ketentuan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran di rumah. Selain itu yang terpenting untuk mencegah kebakaran rumah adalah lebih bijak dan hati-hati dalam penggunaan perangkat yang bisa menimbulkan api. Agar rumah Anda aman dari risiko kebakaran, jangan ragu untuk menambahkan perlindungan rumah tinggal Anda dengan Asuransi Garda Home. Garda Home memberikan perlindungan bagi rumah tinggal akibat terjadinya FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke). Dapatkan diskon 15% untuk Asuransi Garda Home dan tanpa survey bangunan. Cek sekarang di gardaoto.com. #PeaceofMind