Tips Merawat Radiator Mobil

Tips Merawat Radiator Mobil

Radiator merupakan salah satu perangkat penting pada mobil yang berfungsi tempat sistem pendingin. Pada dasarnya, sistem pendingin ini didukung oleh tiga komponen lainnya seperti cairan pendingin, minyak pelumas, dan udara.

Ketiga komponen ini merupakan elemen penentu efisiensi performa mesin mobil. Oleh karena itu, bagi pemilik mobil wajib baginya untuk selalu merawat dan menjaga kebersihan radiator.

Meski demikian, tak pelak banyak pemilik mobil yang acuh dalam menjaga kebersihan radiator mobilnya. Padahal, jika radiator mobil kotor, maka kualitas mesin mobil akan menjadi cepat rusak.

Lalu, bagaimana cara merawat radiator mobil dengan tepat. Anda tidak perlu khawatir, berikut akan kami berikan tips-tips cara merawat radiator mobil secara tepat. Yuk simak baik-baik tips berikut ini.

1. Selalu Perhatikan Volume Air pada Radiator

Air pada radiator mobil berfungsi untuk menjaga stabilitas temperatur pada mesin mobil. Masalah yang sering terjadi adalah volume pada radiator mobil yang berkurang, sehingga mengakibatkan temperatur mesin mobil menjadi sangat panas atau sering disebut overheat. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan volume air pada radiator mobil Anda agar selalu sesuai standar yang direkomendasikan.

 2.  Bersihkan Tangki Radiator Secara Berkala

Anda perlu untuk selalu membersihkan tangki radiator dengan cara mengurasnya secara berkala. Anda dapat melakukannya minimal 2 minggu sekali. Hal ini bertujuan agar komponen-komponen pada radiator yang terbuat dari bahan logam terhindar dari korosi.

Manfaat lain jika Anda membersihkan tangki radiator mobil Anda secara berkala adalah untuk menjaga temperatur mesin mobil Anda dan terhindar dari overheat.

 3. Gunakan Air murni, Jangan Air Keran

Tips lain yang harus Anda lakukan dalam merawat radiator mobil Anda yaitu gunakan air murni, bisa air PAM/ air mineral. Yang penting, jangan pernah sekali-kali menggunakan air keran saat mengganti air pada radiator.

Kenapa tidak boleh menggunakan air keran? Karena air keran mengandung zat-zat besi yang cukup besi yang dapat mengakibatkan korosi atau karat pada komponen logam yang ada pada tangki radiator.

4. Gunakanlah Radiator Coolant

Tips lain untuk merawat radiator mobil Anda agar awet adalah menggunakan radiator coolant. Alat ini berfungsi untuk menjaga temperatur mesin mobil. Selain untuk menjaga temperatur mesin mobil, radiator coolant juga berfungsi untuk mengangkat kotoran-kotoran dan karat yang menumpuk pada tangki radiator.

5. Pastikan Radiator Tertutup Rapat

Jangan lupa untuk memastikan bahwa radiator sudah tertutup dengan rapat. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada cairan radiator coolant saat menahan temperatur mesin yang panas.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat radiator mobil Anda. Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan secara rutin. Agar kegiatan berkendara lebih aman dan nyaman, Anda dapat mengikutsertakan kendaraan dengan asuransi kendaraan yang dapat memberikan jaminan perlindungan. Nah, Garda Oto bisa menjadi solusi tepat sebagai asuransi kendaraan Anda. Produk dari Asuransi Astra ini siap memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, jangan ragu untuk menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses selama 24 jam.

Semoga beberapa tips tersebut bisa menjadi referensi Anda. Selamat menikmati perjalanan dan tetap utamakan kehati-hatian dalam berkendara ya demi keselamatan bersama. #PeaceofMind