5 Cara Membasmi Rayap di Rumah Paling Efektif Sampai Tuntas

Rayap menjadi salah satu hama pengganggu yang cukup sering ditemukan di rumah. Sebagai binatang pemakan kayu, rayap mampu membuat berbagai perabotan anda mengalami kerusakan, mulai dari lemari, kusen, dinding, dan lain sebagainya yang terbuat dari kayu. Oleh karena itu, berikut beberapa cara membasmi rayap di rumah paling efektif yang bisa anda coba.

1. Perbanyak Ventilasi

Tahukah anda bahwa rayap adalah serangga yang sangat suka dengan tempat lembap dan minim sinar matahari? Tentu kurangnya ventilasi di rumah membuat ruangan menjadi kurang akan sinar matahari dan membuatnya menjadi lembap terlebih di bagian sudut rumah. Kondisi tersebut tentu bisa mengundang rayap untuk bertandang dan merusak berbagai perabotan yang ada.

Maka dari itu, anda tidak boleh pelit akan ventilasi di rumah. Pastikan ventilasi rumah sudah memadai dan bisa membuat sudut sudut ruangan setidaknya terkena sinar matahari. Ini akan membuat rumah lebih kering dan udara dapat masuk dengan bebas, sehingga perabotan berbahan kayu tidak akan mudah diserang oleh rayap.

2. Turunkan Suhu Ruangan

Apabila anda menggunakan air conditioner, maka cara membasmi rayap di rumah berikutnya yaitu dengan menurunkan suhu ruangan pada ruangan yang memiliki banyak furnitur kayu. Sebab rayap tidak hanya membenci suhu panas dari sinar matahari saja; nyatanya hewan satu ini juga tidak suka dengan suhu terlampau dingin, meski mereka hidup di area lembab. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan karakteristik dari rayap ini untuk membasminya. Cukup setting AC pada suhu rendah di ruangan banyak perabotan kayu, atau langsung bawa furniture tersebut di bawah AC. Dengan begitu, tidak butuh waktu lama maka rayap akan sirna dan tersingkirkan dari rumah anda.

Baca juga: Tips Merawat Rumah agar Selalu Nyaman Selama #DiRumahAja

3. Gunakan Kapur Semut atau Kapur Barus

Kapur barus atau kapur semut yang dijual di pasaran, bisa anda manfaatkan untuk mengusir rayap dari rumah. Kedua bahan ini terbilang efektif untuk membasmi rayap. Sebab lokasi dari hewan ini sendiri biasanya sangat terselubung jauh di dalam kayu. Yang mana anda bisa menghancurkan kapur agar langsung masuk ke lokasi rayap bersembunyi, dan membasminya secara tuntas.

4. Menggunakan Air Sabun

Cara membasmi rayap di rumah selanjutnya bisa memanfaatkan air sabun. Yang mana bahan satu ini memiliki kemampuan untuk mengganggu sistem pernapasan pada rayap, sehingga hewan tersebut akan cepat terbasmi karena kurangnya pasokan oksigen. Metode ini terbilang cukup mudah, apalagi air sabun bisa ditemukan di mana saja bila dibandingkan cairan kimia lain. Penggunaan air sabun ini dalam membasmi rayap di rumah bahkan begitu praktis, serta tidak membutuhkan usaha besar. Anda cukup melarutkan sabun cair agar lebih encer, atau gunakan sabun yang memang sudah memiliki tekstur seperti air. Lalu masukkan ke dalam botol semprot atau wadah spray, dan semprotkan air sabun ke perabotan yang diserang rayap.

5. Air Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak pernah absen di setiap rumah tangga. Sehingga menggunakan air garam untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembasmi rayap, tentunya menjadi cara yang mudah dilakukan. Sama seperti cara sebelumnya, larutkan garam dengan air dan masukkan ke wadah spray. Kemudian semprotkan air garam dalam wadah tersebut ke arah furnitur kayu yang diserang rayap. Nantinya air garam ini akan membuat rayap menjadi lemas dan mengakibatkan serangga tersebut mati secara perlahan. Cara membasmi rayap di rumah satu ini tidak membutuhkan usaha besar, sehingga patut dicoba.

Baca juga: Simpel dan Keren, Ini 5 Rekomendasi Warna Cat Rumah Minimalis

Itulah berbagai cara membasmi rayap yang bisa anda coba di rumah. Masing masing cara di atas tidak membutuhkan usaha besar, karena bahan yang digunakan pun dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari hari. Namun keefektifan cara ini juga tergantung pada kondisi dan banyaknya rayap yang menyerang di rumah anda. Maka dari itu, penting memastikan kondisi rumah terlindungi. Pastikan Anda juga melindungi kondisi rumah Anda dengan asuransi perlindungan rumah Garda Home.