5 Tips Traveling Sendirian yang Wajib Anda Tahu

Sebagian orang memang belum terbiasa menjadi solo traveler, sebab ada rasa takut dan tidak merasa aman. Tetapi, sebagian orang berpendapat jika traveling sendirian menjadi hal yang menyenangkan. Anda bebas menentukan tempat tujuan dan belajar lebih mandiri. Bagi Anda yang ingin mencoba jadi traveler solo, yuk simak tips traveling sendirian berikut ini!

1. Membuat Rencana yang Detail

Salah satu tips cerdas pertama jika akan bepergian sendiri yaitu membuat sebuah anggaran dan rencana perjalanan yang detail. Dalam perencanaan tersebut, pastikan Anda sudah  membuat secara rinci rencana traveling dari awal hingga kembali ke tempat asal.

Selain itu, buat juga rincian transportasi apa yang digunakan untuk berpindah dari satu wisata ke wisata lainnya. Rencana yang matang akan memudahkan Anda ketika berada di suatu daerah yang  masih belum pernah dikunjungi.

Meskipun memiliki rencana, Anda juga bisa menjelajahi wisata lainnya yang tidak ada dalam list untuk menambah pengalaman baru. Setidaknya jika sudah memiliki panduan rencana, Anda akan selalu tahu kemana ingin pergi.

2. Melakukan Riset Secara Rinci

Tips solo traveling selanjutnya adalah mencari tahu terlebih dahulu tentang daerah atau destinasi wisata yang akan dikunjungi. Jika sudah memutuskan ingin pergi kemana, cari tahu juga harga tiket dan bagaimana bisa mencapai tempat tersebut.

Jangan lupa juga melakukan riset mengenai akomodasi dan tiket tempat wisata yang dikunjungi. Tidak berhenti sampai disitu saja, Anda juga perlu mengetahui budaya apa yang diterapkan di tempat yang akan dituju.

Anda juga perlu melakukan riset tentang jam operasional transportasi umum di sana. Sebagai saran, Anda bisa menelusuri blog traveler atau mengikuti forum yang relevan untuk mencari informasi.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus disiapkan sebelum Bepergian ke Luar Negeri

3. Menyimpan Uang dan Dokumen Secara Terpisah

Kejahatan bisa terjadi kapan saja, pada siapa saja, dan dimana saja tanpa pandang hulu. Oleh karena itu, Anda harus mewaspadai aksi kejahatan dengan kemungkinan yang ada.

Jangan sampai menyimpang uang dan dokumen penting di dalam dompet. Tips traveling sendirian yang bisa Anda terapkan yaitu memisahkan kartu ATM dan uang jika ingin bepergian ke tempat yang berbeda.

Selain melakukan hal tersebut, jangan lupa buat salinan atau potret dokumen penting seperti KTP, paspor, visa dan lain sebagainya.

Hal ini merupakan langkah penting untuk berjaga jaga jika Anda mengalami keadaan tak terduga. Jangan lupa juga catat nomor penting seperti nomor telepon penginapan rumah sakit, dan kantor polisi.

4. Memilih Kedatangan Pagi Hari

Keamanan memang menjadi prioritas, terlebih jika Anda merupakan traveler solo. Untuk itu, pilihlah penerbangan dengan kedatangan siang atau pagi hari di daerah atau negara tujuan. Hal ini bisa memudahkan Anda menuju tempat ke tempat penginapan. Selain itu, cara ini juga dinilai lebih aman karena hari masih terang.

5. Membawa Barang Secukupnya

Tips traveling sendirian selanjutnya yaitu membawa bawaan seperlunya. Sebagai solo traveler, tentu Anda mesti menenteng semau barang sendirian. Jadi, sangat penting membawa koper ringan dan dengan baju secukupnya.

Sebab, di beberapa penginapan menyediakan layanan laundry sehingga Anda bisa mencuci dan memakai ulang baju tersebut.

Baca Juga: Tips Menjaga Stamina untuk Perjalanan Jarak Jauh

Melakukan perjalanan sendirian ke daerah atau negara lainnya memang tidaklah mudah. Ada beberapa tips dan trik khusus agar traveling menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan cara melakukan riset terlebih dahulu mengenai destinasi tujuan, akomodasi, dan transportasi. Setelah itu, pilihlah kedatangan pagi hari agar lebih aman dan mudah.

Itulah 5 tips yang hal yang harus diketahui sebelum bepergian sendiran.  Selain itu yang terpenting untuk melindungi perjalanan Anda, jangan ragu untuk menambahkan perlindungan perjalanan dengan Asuransi Perjalanan Garda Trip. Dapatkan diskon 20% selama periode 1 Mei – 30 Juni 2021. Asuransi Perjalanan Garda Trip melindungi dari risiko keterlambatan dan pembatalan perjalanan, biaya medis, hingga kehilangan barang pribadi Anda. Cek sekarang di gardaoto.com. #PeaceofMind