Cara Mudah Mengajari Belajar Menulis untuk Balita

Sebelum si kecil mengenyam pendidikan formal, maka ada beberapa kemampuan dasar yang harus diajarkan padanya. Salah satu kemampuan dasar anak usia pra sekolah yang bisa dikembangkan yaitu skill untuk menulis.

Sayangnya, si kecil kadang tidak mau diajak belajar dan malah menghindar. Untuk itu, berikut cara menyenangkan belajar menulis anak 3 tahun yang mudah diterapkan.

1. Menggunakan Peralatan yang Menarik

Salah satu cara yang bisa bunda terapkan untuk mengajari sang buah hati menulis sejak dini yaitu dengan alat tulis yang menarik. Pemilihan alat tulis yang tepat dapat membantu anak memiliki pemahaman yang lebih baik ketika belajar menulis.

Pertimbangkan untuk membeli alat tulis seperti pensil grip atau krayon sebagai penunjang belajarnya. Alat tulis seperti pensil grip dapat memudahkan anak dalam memegang pensil dengan cara yang baik dan benar.

Sedangkan krayon akan memberikan anak kemudahan dalam menggenggam objek dan melatih motorik halusnya. Selain melatih kemampuan menulisnya, si kecil juga dapat mengembankan kemampuan dasar lainnya sekaligus agar lebih baik.

2. Ajari Dengan Trik Untuk Mengingat Huruf

Dalam belajar menulis anak 3 tahun, Anda perlu melakukan cara khusus agar si kecil lebih mudah mengingatnya. Salah satu cara yang paling tepat yaitu dengan memberikan perumpamaan pada setiap huruf huruf yang ada.

Misalnya saja, huruf B digambarkan dengan garis dengan duda gelembung. Kemudian, huruf D ditulis dengan garis melengkung besar, dan lain sebagainya.

Trik yang satu ini dapat memudahkan anak Anda dalam mengingat huruf alfabet yang rumit. Memberikan perumpamaan pada huruf kapital yang rumit akan membantu si kecil lebih memahaminya.

Cara ini menjadi salah satu cara menyenangkan yang paling mudah diterapkan untuk anak umur tiga tahun atau prasekolah karena mudah diingat.

Baca Juga: Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

3. Membuat Aktivitas Seru dengan Bahan Makanan

Anak Anda bisa berlatih menulis dengan cara menyenangkan lainnya, seperti menggunakan bahan makanan. Cara ini terbilang cukup efektif dan ampuh bagi anak usia tiga tahun karena tidak terlalu monoton dan bervariasi.

Belajar menulis anak 3 tahun yang biasanya dilakukan dengan menggunakan alat tulis dan kertas, tetapi malah dilakukan dengan aktivitas seru dengan bahan makanan.

Si Kecil dapat berlatih untuk menulis di atas bahan makanan, seperti menggunakan tepung. Sebagai orang tua, Anda bisa meminta si kecil untuk menggunakan jari telunjuknya agar menggambarkan berbagai huruf alfabet.

Bantu si kecil untuk menggerakkan tangannya ke atas, bawah, kiri, dan kanan. Menulis dengan cara ini akan membantunya mempelajari lebih mudah.

4. Ajari Anak Menulis Huruf Secara Acak

Setelah anak mengenal huruf besar dan kecil, maka ajarkan menulis huruf kapital agar lebih menguasainya. Anda bisa memulai cara ini dengan huruf lurus lalu dilanjutkan melengkung, dan diakhiri dengan huruf diagonal. Hal ini akan memudahkan anak Anda mengingat dan menentukan huruf huruf apa saja yang bisa ditulis dalam sebuah kalimat.

5. Gunakan Media Belajar Tertentu

Menggunakan media belajar dengan permukaan bertekstur dapat membantu si kecil bisa merasakan gerakan menulis pada tangannya. Cara menyenangkan belajar menulis anak 3 tahun ini bisa diterapkan dengan menggunakan tatakan plastik yang kasar. Hal inilah yang membuat si kecil lebih mudah belajar dan memahami cara menulis dengan baik dan benar.

Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak

Sebagai orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi si kecil, termasuk mengajarkan menulis dan jangan lupa untuk lindungi pendidikan buah hati dengan Asuransi Garda Edu. Garda Edu dapat melindungi pendidikan buah hati Anda di masa depan jika terjadi kecelakaan kepada Anda sebagai orang tua atau tertanggung Utama. Premi garda Edu Rp100.000/tahun. Cara memperoleh asuransi ini pun sangat mudah, Anda bisa mendaftarnya melalui gardaoto.com. Dapatkan Diskon 20% selama periode 1 Mei – 30 Juni 2021 dan e-policy terbit 1×24 jam. Jadi tunggu apa lagi, berikan perlindungan pendidikan masa depan buah hati. #PeaceofMind