Boarding menjadi salah satu istilah yang sering didengar dalam proses penerbangan. Pengertian boarding pesawat sendiri tidak lain merupakan kegiatan penumpang untuk naik ke pesawat yang sudah dijadwalkan.

Proses boarding sendiri umumnya sudah dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in di bandara. Dari proses check-in ini, penumpang akan mendapat boarding pass pesawat yang berguna menjadi tiket masuk ke ruangan tunggu untuk naik pesawat.

Perbedaan Boarding dan Check-in

Tidak jarang, masih ada salah kaprah yang menganggap boarding pesawat dan check-in adalah kegiatan serupa. Padahal, keduanya merupakan proses tersendiri yang mesti dilalui tiap penumpang supaya bisa melakukan perjalanan penerbangannya.

Check-in adalah proses pelaporan calon penumpang ke maskapai penerbangan sebelum penerbangan. Dalam proses ini, pihak maskapai akan memeriksa kesesuaian data penumpang sekaligus mendata barang bawaan. Jika proses ini sudah selesai, barulah penumpang akan mendapat boarding pass untuk bisa masuk ke pesawat.

Sementara itu, boarding merupakan proses masuk ke dalam pesawat. Naiknya penumpang ke pesawat baru dapat dilakukan jika yang bersangkutan sudah memiliki boarding pass pesawat, sekaligus membawa data-data penerbangan lain yang dibutuhkan.

Proses Boarding Pesawat

Proses masuk ke pesawat ternyata memiliki beberapa tahapan. Setelah mendapatkan boarding pass pesawat melalui check-in, beberapa proses di bawah ini mesti dilalui, sebelum akhirnya dapat masuk ke pesawat tujuan.

1.      Pemeriksaan Keamanan

Sebelum masuk ke ruang tunggu untuk boarding, Anda harus berhadapan dengan pemeriksaan keamanan. Pemeriksaan ini guna memastikan tidak ada benda berbahaya yang dibawa.

2.      Pemanggilan Sesuai Kelompok

Saat sudah di ruang tunggu, cek waktu pemanggilan untuk masuk pesawat ataupun dengarkan panggilan secara saksama. Pemanggilan penumpang suatu pesawat sendiri umumnya dilakukan dengan metode kelompok, mulai dari kelas bisnis, penumpang prioritas, sampai kelas ekonomi. Pengelompokan ini guna menghindarkan penumpukan penumpang berlebihan di area menuju pesawat. Jika sudah dipanggil, pastikan melakukan antrean dengan rapi.

3.      Pengecekan Dokumen

Pengecekan dokumen menjadi proses boarding pesawat yang krusial. Pastikan terlebih dahulu menyiapkan dokumen terkait yang dibutuhkan, seperti boarding pass pesawat, kartu identitas, juga tiket pesawat; agar proses boarding lebih mulus.

4.      Pencarian Tempat Duduk

Saat sudah masuk ke pesawat, segera cari tempat duduk yang sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera pada boarding pass pesawat. Jika membawa barang bawaan kabin, simpan di bagasi kabin yang tepat berada di atas tempat duduk Anda.

5.      Perhatikan Instruksi Keamanan

Proses boarding pesawat yang terakhir adalah memperhatikan instruksi keamanan yang akan diperagakan oleh para awak kabin. Instruksi keamanan tersebut antara lain pemeragaan cara menggunakan pelampung keselamatan, masker oksigen, sampai pemberitahuan soal pintu darurat di pesawat.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Boarding Pesawat

Sejumlah hal mesti dipersiapkan sebelum boarding pesawat. Berikut adalah hal-hal yang jika terpenuhi bisa menjadi tips untuk memudahkan proses boarding.

1.      Siapkan Boarding Pass Pesawat

Tentu saja hal utama yang mesti disiapkan sebelum boarding pesawat adalah boarding pass. Dokumen ini bisa diperoleh ketiak check-in pesawat. Pastikan Anda membawa boarding pass pesawat yang valis ketika memasuki ruang tunggu. Dokumen ini menjadi sangat penting karena berisi informasi terkait nomor penerbangan, tanggal dan waktu keberangkatan penerbangan, sampai nomor kursi di pesawat.

2.      Lengkapi Dokumen Perjalanan

Selain boarding pass pesawat, dokumen perjalanan yang diperlukan lainya jangan sampai terselip. Beberapa dokumen yang diperlukan untuk boarding pesawat antara lain kartu identitas, paspor, maupun visa jika bepergian ke luar negeri. Untuk mempermudah proses boarding pesawat, simpan dokumen-dokumen tersebut di tempat yang aman dan mudah diakses sehingga gampang menunjukkannya ketika pemeriksaan keamanan maupun imigrasi.

3.      Cari Tahu Informasi Penerbangan

Informasi penerbangan menjadi hal yang harus dipersiapkan sebelum boarding pesawat selanjutnya. Pastikan untuk menumpulkan segala informasi terkait penerbangan yang mau dilakukan. Beberapa informasi penting yang sebaiknya tidak diabaikan, antara lain jam keberangkatan, pintu masuk boarding, juga nomor penerbangan. Mengetahui informasi secara tepat bisa menghindarkan Anda dari risiko keterlambatan sekaligus mempermudah proses boarding pesawat.

4.      Pastikan Tag Bagasi Bawaan

Membawa bagasi kabin? Jangan lupa untuk sudah memberikan tag atau tanda identitas di bagasi yang dibawa. Hal yang harus dipersiapkan sebelum boarding ini guna memudahkan menemukan bagasi setelah pesawat mendarat di tujuan dan barang tidak tertukar dengan milik yang lain di kabin pesawat. Pastikan pula tidak membawa barang-barang yang terlarang di dalam barang bawaan agar lolos dalam proses pemeriksaan keamanan maupun keimigrasian.

5.      Pisahkan Perlengkapan Pribadi

Biasakan untuk memisahkan perlengkapan pribadi yang sifatnya “darurat” sebelum boarding pesawat. Perlengkapan pribadi, seperti dompet, gawai, maupun obat-obatan sebaiknya disimpan di wadah tersendiri yang terpisah dari bawaan yang ditaruh di bagasi kabin. Tujuannya agar perlengkapan pribadi tersebut mudah diambil jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

6.      Keluarkan Benda Logam

Benda-benda logam yang dipakai maupun disimpan sebaiknya dilepaskan dahulu sebelum memasuki ruang tunggu untuk boarding pesawat. Benda-benda logam tersebut bisa menghambat pemeriksaan oleh petugas keamanan. Sebaiknya, jika membawa benda yang terbuat dari logam, lepaskan dan taruh segera dalam baki yang sudah disediakan di area pemeriksaan keamanan.

7.      Susun Perkiraan Waktu

Proses boarding pesawat terdiri atas beberapa tahapan dan bisa memakan cukup banyak waktu karena antrean. Buatlah perkiraan waktu yang tepat untuk kedatangan ke bandara agar tidak sampai ketinggalan pesawat, serta tidak tergesa-gesa dalam proses boarding.

8.      Penuhi Kebutuhan Dana

Saat sudah siap terbang dan pergi ke suatu tempat, sama artinya Anda harus siap dengan berbagai pengeluaran yang akan dikeluarkan dalam perjalanan tersebut. Jadi sebelum akhirnya memulai proses boarding pesawat, pastikan dahulu sudah mampu memenuhi kebutuhan dana yang diperkirakan akan dikeluarkan dalam perjalanan tersebut.

9.      Kuatkan Fisik dan Mental

Hal yang harus dipersiapkan sebelum boarding pesawat lainnya adalah fisik dan mental. Penerbangan Anda mungkin akan cukup panjang atau melelahkan. Pastikan menjaga kesehatan fisik agar proses boarding sampai penerbangan tidak terkendala kondisi badan yang tidak fit. Mental juga perlu disiapkan agar tetap tenang dan santai selama proses penerbangan.

Supaya makin tenang menjalani proses boarding pesawat, lengkapi perjalanan dengan asuransi Garda Trip. Asuransi perjalanan ini dapat melindungi Anda dari risiko terkait pembatalan dan keterlambatan perjalanan, kecelakaan, jaminan bagasi, sampai pembiayaan penyakit atau cedera yang muncul ketika melakukan suatu perjalanan. Jadi, perjalanan akan terasa lebih tenang, aman, dan pastinya nyaman!