Apa Itu Gearbox? Fungsi dan Ciri Kerusakannya Pada Mobil

Apa Itu Gearbox? Fungsi dan Ciri Kerusakannya Pada Mobil

Kendaraan terdiri dari beberapa komponen yang saling menunjang satu sama lain. Bagi Anda pemilik kendaraan mobil maupun motor, pengaturan kecepatan bukan berasal dari gas. Namun berasal dari komponen penting dalam kendaraan bernama transmisi. 

Transmisi disebut juga dengan pemindah tenaga yang memiliki fungsi untuk mengubah dan memindahkan tenaga dari motor yang berputar yang memiliki kegunaan untuk melakukan gerakan feeding. Transmisi disebut juga dengan gearbox.

Pengertian Gearbox

Gearbox adalah mesin yang digunakan untuk menyalurkan tenaga atau daya ke bagian mesin yang lain. Maksudnya, komponen ini menyalurkan dan menyesuaikan tenaga mesin saat kendaraan berjalan. 

Dengan komponen ini maka membuat tenaga lebih besar dengan cara berputar dan bergerak. Tenaga tersebut nantinya akan digunakan oleh mesin untuk menggerakkan kendaraan mobil atau kendaraan lainnya. Tidak heran bila komponen ini dianggap penting dalam kendaraan mobil. 

Transmisi adalah komponen utama yang memiliki fungsi untuk mengubah atau memindahkan tenaga dari motor yang berputar, dimana tenaga tersebut digunakan untuk memutarkan spindel atau melakukan gerakan feeding. Transmisi memiliki fungsi umum yaitu untuk mengatur torsi dan kecepatan gerak serta berbalik putaran, sehingga dapat bergerak mundur maupun maju. 

Fungsi Gearbox Mobil

Umumnya memiliki fungsi dimana bagian-bagian mesin disalurkan tenaganya. Sehingga bagian-bagian mesin bekerja dan dapat menjalankan kendaraan. Namun tidak hanya memiliki fungsi itu saja, tetapi memiliki fungsi lainnya. Yaitu :

1. Mengatur daya yang dihasilkan mesin

Umumnya kendaraan manual bisa menyesuaikan kecepatan dengan mengoper gear. Saat mengoper, kecepatan dari kendaraan Anda dan berubah menjadi tingkatan gigi yang dimasukkan. Kendaraan yang dikendarai memiliki kecepatan yang berbeda yang dapat ditentukan oleh tingkatan gigi yang dimilikinya. Ketika Anda mengurangi atau menambah gigi pada kendaraan maka ada peranan transmisi yang menyesuaikan dengan daya yang dihasilkan oleh mesin. 

2. Penyalur tenaga mesin kendaraan

Umumnya komponen tersebut digunakan untuk menyalurkan daya atau tenaga yang sudah dihasilkan oleh mesin ke bagian lain untuk memunculkan pergeseran atau pergerakan. Maka tenaga yang dihasilkan mesin dapat dimanfaatkan untuk kendaraan menjadi bergerak mundur atau maju. Dilakukan perpindahan tenaga pada ruang mesin ke bagian roda yang tersambung dengan menggunakan rantai. 

3. Menyediakan rasio gigi

Dalam transmisi memiliki gear yang berbeda-beda dimana tergantung dari kecepatan yang dimiliki kendaraan. Dengan rasio gigi yang dimiliki kendaraan maka dapat diatur tingkatkan kecepatannya. Transmisi mengakomodir jumlah rasio gigi dengan jumlah gear yang ada didalamnya. 

4. Mengatur arah gerak dan kecepatan torsi

Transmisi memiliki fungsi lain yaitu mengatur torsi dan gerak. Dengan transmisi tidak hanya mengatur kecepatan namun mengatur proses gerak berbalik putaran. Saat transmisi diubah ke reverse maka komponen mengubah kondisi gear sehingga kendaraan dapat bergerak mundur. 

5. Membuat putaran kendaraan lebih stabil 

Menghindari terjadinya slip yang membuat kendaraan lebih stabil. Dengan komponen tersebut, maka aktivitas kendaraan menjadi lebih aman dan stabil. 

Cara Kerja Gearbox Mobil 

Umumnya cara kerja gearbox, yaitu memindahkan gaya dan putaran yang ada di mesin dan roda mobil. Sebagian poros roda menerima daya tertentu dari transmisi. Pada proses ini daya tenaga yang besar sangat diperlukan. Sebab tenaga gerak yang tinggi dan kekuatan yang besar dibutuhkan ketika kendaraan tersebut melewati jalan terjal. Agar dapat menjalankan tugas dengan baik, terdapat komponen lain, yaitu input shaft cover atau poros input untuk membantu menyalurkan tenaga.

Input shaft cover adalah salah satu komponen yang memiliki kegunaan untuk meneruskan putaran dari kendaraan motor atau mobil yang bergerak. Poros input digunakan sebagai dudukan bearing dan memiliki fungsi sebagai saluran oli untuk melumasi bagian dari poros input tersebut. 

*Baca Juga: Ketahui Apa Itu Ring Piston dan Fungsinya untuk Mobil

Tidak hanya itu, namun oil seal memiliki tugas untuk menahan oli agar mencegah terjadinya kebocoran. Komponen selanjutnya yaitu oli hole cover yang memiliki kegunaan sebagai tempat masuknya saluran oli. Tidak hanya oli hole cover tetapi ada worm shaft yang membantunya.

Worm shaft adalah komponen yang memiliki kegunaan untuk meneruskan putaran yang berasal dari work wheel menuju output shaft. Tidak hanya worm shaft saja tetapi ada frame yang merupakan komponen sebagai rumah atau tempat tinggal bagi gearbox. Terakhir yaitu packing yang merupakan komponen berguna untuk menahan oli agar tidak bocor.

Ciri Kerusakan Pada Gearbox

Komponen ini dapat mengalami kerusakan meskipun usianya masih 5 tahun pemakaian atau masih di bawah angka 100.000 km. Ada beberapa penyebab yang membuat kerusakan pada komponen tersebut. Berikut ciri-ciri kerusakan pada gearbox, yaitu:

  • Terdapat bau dari cairan transmisi yang terbakar yang perlu diperbaiki atau diganti. Tidak hanya bila terbakar, namun bila cairan transmisi bocor pun maka termasuk ke salah satu dari komponen yang rusak.
  • Bila terjadi suara aneh atau tidak biasa saat Anda menyalakan mobil. 
  • Lampu indikator pada mesin yang ada di dashboard menyala kemungkinan komponen ini mengalami kerusakan. 
  • Ketika Anda mengalami kesulitan saat mempertahankan posisi gigi. 

Itulah ciri-ciri gejala kerusakan pada komponen mobil, baiknya Anda mengetahui sejak dini apa saja masalah yang sering terjadi pada kendaraan, agar bisa langsung diperbaiki.

Melakukan service mobil secara berkala juga termasuk bagian dari perawatan transmisi mobil. Dengan melakukan service secara berkala, maka akan lebih mudah mendeteksi kerusakan pada bagian komponen mobil tersebut. 

Tulisan di atas menjelaskan apa itu gearbox serta fungsi dan ciri kerusakannya. Memiliki fungsi umum dimana bagian-bagian mesin disalurkan tenaganya. Sehingga bagian-bagian mesin bekerja dan dapat menjalankan kendaraan.

*Baca Juga: Daftar 10 Suku Cadang Mobil yang Harus Kalian Perhatikan 

Ciri kerusakannya, seperti Anda mengalami kesulitan mempertahankan posisi gigi saat berkendara. Terdapat bau dari cairan transmisi yang terbakar yang perlu diperbaiki atau diganti. Tidak hanya terbakar, namun bila cairan transmisi bocor, maka bisa menjadi salah satu komponen yang rusak.

Maka dari itu, untuk melindungi mobil dari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda menggunakan asuransi mobil. Garda Oto menawarkan asuransi mobil yang cocok untuk kendaraan Anda, seperti Total Loss Only dan Comprehensive.

Total Loss Only menjamin kerusakan biaya perbaikan ≥ 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian dan kehilangan mobil akibat pencurian. Sedangkan, Comprehensive menjamin kerusakan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan bermotor, termasuk kehilangan akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan yang lebih lengkap.