Apa itu Mobil Hybrid? Fakta dan Jenis Mobil Hybrid di Indonesia

Apa itu Mobil Hybrid? Fakta dan Jenis Mobil Hybrid di Indonesia

Saat ini harga bahan bakar minyak terus mengalami fluktuasi di seluruh negara di dunia. Hal ini tentunya membuat berbagai pihak akhirnya harus mencari cara untuk menyesuaikan kondisi tersebut. Di Indonesia sendiri pemerintah melakukan upaya untuk mengurangi konsumsi bahan bakar bersubsidi. Namun sebenarnya terdapat cara lain untuk mengatasinya, itu dengan menggunakan mobil hybrid atau hibrida.

Apa Itu Mobil Hybrid?

Mobil hybrid merupakan sebuah solusi sebelum kemudian beralih pada mobil listrik. Sistem mobil ini diperkenalkan awal kali oleh Toyota dan diadopsi oleh Indonesia pada tahun 2009.

Kumpulan dari mobil hybrid yaitu lebih ramah lingkungan, karena mobil ini memanfaatkan pembakaran internal. Sistem mobil hybrid juga memiliki keunggulan dalam hal jarak tempuh karena tidak selalu bergantung dengan baterai.

Apabila baterai habis, mobil tetap dapat dikemudi dengan menggunakan mesin berbahan bakar. Jadi tidak perlu repot-repot untuk melakukan pengisian daya. Selain itu, mesin listrik pada mobil hybrid akan digunakan ketika mobil berjalan lambat. Sementara saat berjalan cepat maka mobil akan memanfaatkan bahan bakar bensin sehingga akan lebih ramah lingkungan.

*Baca Juga: Ini Daftar Mobil Listrik di Indonesia yang Menjadi Trend

Fakta Menarik Mengenai Mobil Hybrid

Menjadi salah satu teknologi otomotif yang canggih, labil hibrid tentunya memiliki beberapa keunggulan yang menjadi fakta menarik. Berikut ini merupakan beberapa fakta menarik dan unik seputar mobil hybrid.

1.     Tidak Sama Dengan Mobil Listrik

Banyak yang menganggap bahwa mobil hybrid sama dengan mobil listrik. Padahal sebenarnya keduanya menggunakan sistem yang berbeda, karena mobil hybrid pada dasarnya tidak perlu dicas. Ketika daya habis, mobil tetap dapat dikemudi dengan menggunakan mesin bensin. Sedangkan untuk mobil listrik sendiri harus melakukan pengisian daya otomatis dengan mesin konvensional. Jadi sudah jelas-jelas keduanya berbeda.

2.     Mengeluarkan Gas Buang

Meskipun mengusung sistem teknologi yang canggih, mobil hybrid sama seperti mobil pada umumnya yang masih mengeluarkan gas buang CO2. Namun gas buang yang dikeluarkan oleh mobil hybrid cenderung lebih sedikit dibandingkan gas buang pada mobil konvensional. Sementara untuk mobil listrik barulah tidak mengeluarkan gas buang.

3.     Suara Mesin Lebih Halus

Salah satu fakta menarik dari mobil hybrid yaitu memiliki suara mesin yang lebih halus dibandingkan mobil konvensional pada umumnya. Hal ini dikarenakan sebagian besar sumber energi yang dihasilkan oleh mobil hybrid merupakan dari motor listrik. Jadi mobil hybrid tidak menyebabkan kebisingan suara mesin yang dihasilkannya.

4.     Bukan Pertama Kalinya Dari Teknologi Hibrida

Perlu diketahui bahwa mobil hybrid ini bukan menjadi yang pertama kalinya maupun satu-satunya dari contoh teknologi hibrida yang pernah ada. Pasalnya, teknologi hibrida sebenarnya bukan perkembangan teknologi terbaru karena sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu.

Teknologi hibrida ini pernah dicoba untuk kapal selam lokomotif truk penambangan, dan lain sebagainya. Namun dibandingkan dengan yang lainnya, teknologi hibrida ini lebih sering ditemukan pada mobil hybrid.

*Baca Juga: Jenis – Jenis Mobil di Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Mobil Hybrid Yang Sering Dijumpai

Adapun beberapa jenis mobil hybrid yang umumnya dijumpai di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut.

·         Nissan Kick e-Power

Salah satu mobil hybrid yang cukup populer di Indonesia adalah Nissan Kick e-Power yang tercatat penjualannya hingga 277 unit hingga Mei 2021. Pasalnya, jenis mobil hybrid yang satu ini memiliki berbagai keunikan yang menjadi ciri khasnya. Mobil ini menggunakan teknologi hybrid dengan baterai dan motor listrik dan menggunakan mesin 1,2 liter 3 silinder HR12DE. Energi dari mesin bensin tidak digunakan untuk menggerakkan roda poros, tetapi untuk melakukan pengisian daya baterai.

·         Toyota Corolla Cross Hybrid

Dapat dikatakan bahwa jenis mobil ini merupakan mobil hybrid terlaris di Indonesia yang penjualannya hingga 799 unit. Mobil hybrid ini diluncurkan pada Agustus 2020 dengan harga 40 juta lebih mahal dari mobil varian mesin bensin. Keunggulan dari mobil ini yaitu mempunyai konsumsi bahan bakar sangat efisien. Hal ini disebabkan karena mobil hybrid ini menggunakan mesin 2 ZR-FXE 1,8 liter DOHC VVT-i yang dipadukan dengan motor listrik. Mobil hybrid ini sangat irit BBM dan energinya pun lebih besar.

·         Toyota Camry Hybrid

Produk Toyota yang satu ini cukup menarik dan diminati oleh pasar di Indonesia. Hingga Mei 2021, penjualan mobil hybrid ini mencapai 65 unit. Mobil ini menggunakan dua varian mesin, yaitu mesin bensin 2,5 liter serta mesin hybrid 2,5 liter. Varian jenis hybrid ini juga menggunakan bahan bakar yang sangat efisien dibandingkan mobil varian mesin bahan bakar murni.

·         Toyota C-HR Hybrid

Mengusung penggunaan bahan bakar yang sangat efisien, membuat mobil hybrid yang satu ini cukup populer. Penjualannya mencapai 83 unit hingga Mei 2021. Adapun tenaga yang digunakan pada mobil hybrid ini yaitu kombinasi antara motor elektrik dengan mesin bensin. Selain itu, tenaga mobil ini berkisar 134 hp. Dibandingkan varian mesin konvensional, fahrenheibrid ini menggunakan bahan bakar lebih efisien hingga 62%.

Itulah beberapa fakta mengenai mobil hybrid serta jenis mobil hybrid yang laris di Indonesia. Karena mobil hybrid merupakan salah satu mobil dengan teknologi canggih, alangkah baiknya untuk memberikan perlindungan yang optimal bagi mobil tersebut. Caranya yaitu dengan mengikutsertakan asuransi kendaraan, sehingga keamanan dan keselamatan kendaraan tetap terjamin.

Garda Oto merupakan salah satu asuransi mobil terbaik yang memberikan perlindungan menyeluruh terhadap mobil yang anda gunakan. Ketika terjadi kerusakan atau berbagai jenis risiko kerugian, maka mobil sudah terklaim asuransi, sehingga bisa mengcover kerugian anda. Untuk jenis pertanggungan yang Garda Oto berikan meliputi: Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive.