Apa itu Mobil MPV? Berikut Daftar Mobil MPV TerbaikHingga saat ini mobil MPV masih menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia karena beberapa alasan. Di antaranya karena mereka lebih memilih jenis mobil yang bisa menampung kapasitas penumpang yang lebih banyak dan mempunyai mesin mobil yang tangguh untuk melewati berbagai medan jalan di Indonesia. Diketahui mobil MPV adalah jenis kendaraan multiguna yang bisa digunakan untuk mengangkut penumpang ataupun membawa muatan barang. 

Kelebihan Mobil Jenis MPV

Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle adalah sebuah kendaraan mobil yang juga banyak disebut sebagai mobil keluarga. Mobil ini memiliki ciri khas dengan mempunyai ukuran lebar dan panjang serta konfigurasi penumpang 2-2-3 yang juga bisa diatur jika ingin membawa muatan berupa barang. 

Pada bagian jok belakang mobil bisa dilipat sedemikian rupa, sehingga bisa menampung barang dengan ukuran besar. Berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda ketahui dari mobil jenis MPV.

1. Harga mobil yang lebih terjangkau

Meski mobil jenis ini bisa menampung jumlah penumpang yang lebih banyak, namun Anda bisa mendapatkan mobil ini dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan harga mobil MPV terhitung jauh lebih murah dibandingkan harga mobil jenis SUV atau mobil sedan. 

2. Mempunyai ruang bagasi yang luas 

Mobil jenis MPV mempunyai ruang bagasi yang terhitung lebih luas dan bisa dimaksimalkan untuk menampung penumpang atau barang. Banyak yang memilih jenis mobil yang satu ini bukan hanya karena bisa membawa penumpang banyak, namun juga cukup fleksibel jika difungsikan untuk membawa barang dalam jumlah banyak. 

3. Bisa memuat penumpang yang banyak

Banyak yang mengisi mobil MPV dengan jumlah penumpang maksimal seperti hingga sekitar 8-9 orang. Namun meskipun hal itu memungkinkan, Anda wajib memperhatikan kenyamanan dan keamanan seluruh penumpang sehingga disarankan untuk membawa penumpang dengan jumlah maksimal 7 orang saja.

Daftar Mobil MPV Terbaik di Indonesia

Di Indonesia, segmen mobil untuk keluarga seperti jenis mobil MPV adalah menduduki pasaran tertinggi. Hal itu menjadikan banyak perusahaan mobil yang berlomba untuk menyediakan jenis mobil MPV yang terbaik dan sesuai kebutuhan keluarga Indonesia. Tak heran jika ada beberapa jenis mobil MPV terbaik direkomendasikan untuk kalangan keluarga Indonesia. 

*Baca Juga: 10 Jenis Mobil SUV Terbaik di Indonesia yang Irit Bensin

Berikut daftar dan ulasannya untuk Anda. 

a. Hyundai Stargazer

Mobil keluaran Hyundai ini didesain dengan body mobil yang futuristic dan memiliki desain interior yang luas, nyaman sekaligus mewah untuk penumpang. Mobil yang dikenalkan pada public sejak tahun 2022 ini memiliki kapasitas penumpang sejumlah 7 seater lengkap dengan fitur Captain Seat. 

Kendaraan ini juga mempunyai fitur BlueLink yang berfungsi untuk mengetahui menghidupkan dan mematikan mesin mobil, mengetahui kondisi terkini kendaraan hingga untuk mengetahui lokasi parkir kendaraan via ponsel cerdas yang Anda gunakan. 

b. Toyota Kijang Innova

Mobil jenis MPV terbaik yang kedua adalah Toyota Kijang Innova yang selalu mendapatkan inovasi terbaru untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan pengguna. Mobil Kijang Innova keluaran yang terbaru mempunyai tampilan yang lebih menarik, futuristik, modern dan lebih elegan. 

Diketahui mobil ini memiliki dua jenis pilihan mesin mobil yaitu mesin bensin berkapasitas 2,0 liter dan mesin diesel common-rail dengan kapasitas 2,4 liter. Dan pastinya pilihan yang terakhir menjadi favorit karena terbukti mempunyai performa yang lebih baik, lebih efisien dan terbukti tangguh mesin yang digunakannya. 

c. Daihatsu Sigra Facelift

Merupakan salah satu jenis mobil MPV favorit yang memiliki harga paling terjangkau di segmen mobil keluarga. Padahal mobil ini sudah dibekali dengan mesin dan fitur mobil yang cukup mumpuni. 

Mobil ini termasuk ke dalam jenis mobil low-end yang memiliki target pasar kalangan masyarakat kaum menengah. Kebanyakan kalangan keluarga banyak yang menyukai jenis mobil ini karena memiliki desain interior yang nyaman dan lega, juga desain eksterior yang cukup stylish dan modern. 

d. Mitsubishi Expander

Mobil Expander ini juga menjadi salah satu mobil MPV favorit di kalangan masyarakat Indonesia karena memiliki semua yang dibutuhkan oleh keluarga Indonesia. Seperti memiliki mesin mobil yang kuat dan tangguh, deretan fitur canggih, desain interior yang nyaman dan eksterior yang elegan sekaligus keren. 

Mobil ini juga memiliki desain sporty sehingga membuat tampilan mobil terlihat tangguh dan ideal. Mobil Xpander memiliki fitur canggih yang terdiri dari smart system etacs, telescopic steering dan kamera belakang untuk membantu sistem kemudi kendaraan. 

e. Suzuki All New Ertiga

Kemudian rekomendasi mobil MPV yang berikutnya adalah Suzuki Ertiga yang juga sangat sukses menjadi favorit di kalangan pengguna mobil MPV di Indonesia. Selain mempunyai spesifikasi mobil yang tinggi, mobil ini juga memiliki desain interior dengan kabin yang luas dan nyaman untuk penumpang. 

Mobil yang bisa menampung kapasitas penumpang sekitar 7 orang ini memiliki sistem peredaman kabin yang sangat baik. Mobil Ertiga menggunakan mesin dengan kapasitas mobil 1,5 liter dengan performa yang sangat baik untuk perjalanan keluarga. 

*Baca Juga: Belum Banyak Orang Tahu Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Itulah beberapa rekomendasi mobil MPV terbaik untuk kalangan keluarga Indonesia. Agar Anda bisa mendapatkan jenis mobil MPV yang terbaik, sebaiknya ketahui apa saja tips untuk memilih mobil jenis MPV dengan baik dan benar seperti fitur keamanan, kapasitas kabin dan hemat bahan bakar. 

Demikian pembahasan singkat tentang jenis mobil MPV adalah mobil keluarga yang menjadi jenis mobil favorit di kalangan masyarakat masa kini. Jika Anda menginginkan adanya jaminan keamanan ketika berkendara, maka bisa menggunakan layanan asuransi kendaraan Garda Oto

Adalah sebuah layanan asuransi kendaraan yang bisa dipakai untuk menjaga kendaraan mobil dari risiko rusak atau hilang. Langsung hubungi nomor 1500112 untuk mendapatkan layanannya yang fast respon.