Apa itu Montir? Apa Bedanya dengan Mekanik?

Bagi para pemilik kendaraan baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat pastinya sudah tidak asing mendengar istilah montir dan juga mekanik. Dua jenis profesi ini sangat erat dengan perbaikan kendaraan tapi belum banyak yang tahu kalau kedua profesi ini memiliki banyak perbedaan. Untuk yang ingin tahu sebenarnya apa saja perbedaannya bisa baca ulasan berikut ini.

Perbedaan Montir dan Mekanik

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian montir merupakan profesi yang pekerjaannya memasang dan memperbaiki mesin kendaraan motor yang mengalami kerusakan. Selain itu juga menjaga kualitas performa mesin kendaraan agar tetap bagus sehingga pengendara lebih mudah untuk mengendarainya.

Kalau mekanik menurut KBBI merupakan ahli mesin, mekanik bengkel akan bertanggung jawab dalam perbaikan mobil apabila mengalami kerusakan dan juga melakukan pemeliharaan mobil agar tidak mengalami kerusakan. Mekanik juga akan melakukan pengecekan secara mendalam untuk mengetahui adanya kerusakan pada mobil atau tidak.

Setelah mengetahui definisi Kedua jenis profesi di atas tadi pastinya belum banyak yang mengetahui sebenarnya apa saja yang menjadi perbedaan dari profesi yang umumnya ditemukan di bengkel ini. Sebenarnya ada dua hal yang membedakan keduanya yaitu tugas dan juga pengetahuan yang dimiliki dan untuk mengetahui lebih jelas bisa baca ulasan berikut ini.

*Baca Juga: Manfaat Service Berkala untuk Mobil Kesayangan Anda

1. Tugas  Seorang Montir

Ada beberapa tugas yang umumnya dilakukan oleh seorang montir setiap kali melakukan pekerjaannya di bengkel dan umumnya tugas yang dilakukan seperti yang ada di bawah ini.

  • Mencari tahu penyebab utama mobil mengalami kerusakan.
  • Melakukan perbaikan mobil sesuai dengan jenis kerusakan maupun tingkat kerusakan.
  • Melakukan pemeriksaan di bagian tertentu pada mobil.
  • Melakukan pemesanan kelengkapan kendaraan atau sparepart yang harus diganti dan juga membuat laporan mengenai kondisi mobil yang sedang diperiksa.

Kalau untuk mekanik tugasnya berbeda dan bisa dikatakan untuk tugas mekanik atau pekerjaan mekanik sama beratnya dengan tugas profesi yang sebelumnya dan berikut penjelasan mengenai tugas mekanik.

  • Menguji sistem kendaraan bermotor berikut dengan komponennya.
  • Memeriksa kendaraan bermotor untuk mengetahui tingkat malfungsi atau tingkat kerusakan.
  • Menyusun ulang, memperbaiki, mengganti dan juga menyesuaikan rem.
  • Mengikuti daftar periksa untuk mengetahui semua bagian kendaraan yang harus diperiksa.

Meskipun tugas yang dilakukan berbeda tetapi seseorang yang menjalani salah satu dari profesi tersebut tetap diharuskan untuk selalu bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar karena mempengaruhi reputasi dari bengkel tempat bekerja.

2. Pengetahuan dan Keterampilan

Selain tugasnya berbeda ternyata pengetahuan dan juga keterampilan yang dimiliki juga berbeda. Untuk profesi yang pertama mempunyai pengetahuan yang tidak terlalu banyak karena tugasnya hanya sebatas pada perawatan rutin saja. Kalau mekanik pengetahuannya lebih dalam sebab mekanik harus bisa mengatasi masalah kendaraan yang cukup kompleks.

Pengetahuan yang dimiliki profesi pertama tadi bisa didapatkan secara otodidak dan bisa terus bertambah selama menjalankan tugasnya dengan baik. Kalau mekanik mendapatkan pengetahuannya melalui pelatihan tertentu atau melalui pendidikan formal. Karena tingkat pengetahuan yang dimiliki berbeda membuat penghasilan yang dimiliki kedua profesi ini juga berbeda.

*Baca Juga: Mengenal Arti Tune Up Mobil dan Bagian-Bagiannya

Keahlian yang Dimiliki Seorang Montir

Seorang montir bisa dikatakan ahli apabila mempunyai banyak keahlian dalam hal perbaikan motor. Ada beberapa keahlian yang hanya dimiliki profesi ini saja dan hampir tidak ada mekanik yang memilikinya. Untuk tahu keahliannya apa saja bisa lihat penjelasan berikut ini.

1. Pengetahuan Mekanik 

Keahlian yang satu ini sangat wajib dimiliki karena tugas utama yang perlu dilakukan adalah memperbaiki sistem permesinan. Jadi tidak aneh kalau pengetahuan tentang sistem kendaraan berfungsi, sistem kelistrikan maupun sistem lainnya harus dikuasai agar nantinya saat memperbaiki mesin bisa membuat mesin kendaraan yang tadinya rusak menjadi normal kembali.

2. Kemampuan Diagnosa

Profesi ini juga mempunyai kemampuan mendiagnosa masalah-masalah yang umumnya dialami oleh kendaraan bermotor. Sebelum memperbaiki kendaraan biasanya akan mengidentifikasi dan juga mengisolasi kerusakan kendaraan dengan memakai alat diagnostik dan juga melakukan pengamatan yang mendalam. Kalau sudah mampu mendiagnosa dengan benar berarti pantas dikatakan sebagai seorang ahli.

3. Keterampilan Perbaikan

Tugas utama yang perlu diselesaikan profesi ini yaitu memperbaiki kendaraan jadi sangat wajar apabila mempunyai keterampilan dalam hal perbaikan kendaraan. Kemampuan ini meliputi memperbaiki mesin, mengganti sparepart yang sudah rusak ataupun aus, memperbaiki sistem kelistrikan yang mengalami masalah dan juga melakukan perbaikan-perbaikan lainnya. Kemampuan bisa diperoleh apabila sering belajar dan juga sering melakukan praktik.

4. Memahami Peralatan Bengkel

Untuk bisa memperbaiki kendaraan sudah pasti harus memiliki pengetahuan tentang peralatan-peralatan perbengkelan. Profesi ini bukan sekedar mengetahui nama-nama alat saja tetapi juga tahu bagaimana cara menggunakan alat tersebut dengan baik dan benar. Dengan memiliki pengetahuan ini akan mempermudah pekerjaan karena langsung bisa mengetahui alat mana yang harus digunakan untuk memperbaiki kerusakan kendaraan.

5. Kemampuan Komunikasi

Selain mempunyai kemampuan-kemampuan yang sudah disebutkan tadi ternyata kemampuan komunikasi juga dimiliki. Kemampuan ini memang sangat diwajibkan untuk dimiliki karena dalam memperbaiki kendaraan harus bisa berkomunikasi dengan konsumen atau pelanggan agar lebih memahami masalah atau permasalahan kendaraan. Kemampuan ini juga akan membantu saat menjelaskan cara perbaikan yang nantinya akan digunakan.

Pemilik kendaraan yang tidak ingin keluar banyak uang untuk membayar jasa montir sebaiknya gunakan produk asuransi mobil Garda Oto yang bisa melindungi kendaraan dan juga pemiliknya. Untuk yang berminat segera kunjungi saja situs resminya untuk membaca informasi lengkap mengenai asuransi dan juga benefit yang didapatkan.