Bagi pengendara mobil ataupun motor pastinya tidak asing dengan sederet angka yang ada di ruang kemudi kendaraan. Angka meteran tersebut disebut dengan Revolution Per Minute atau RPM. 

Alat tersebut adalah indikator yang menentukan kinerja suatu kendaraan, sehingga informasi tentang alat Revolution Per Minute tersebut perlu diketahui lebih lanjut.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang apa itu Revolution Per Minute beserta dengan fungsinya simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian RPM (Revolution Per Minute)

RPM atau Revolution Per Minute merupakan deretan angka yang menunjukkan suatu crankshaft atau putaran poros engkol sebuah mesin yang mana dihitung pada hitungan setiap satu menit. 

Mesin indikator ini biasanya akan berbentuk busur lingkaran yang mana terdapat angka meteran disertai dengan jarum penunjuknya. Adapun deretan meteran yang ada dalam indikator Revolution Per Meter tersebut disebut tachometer.

Bentuk dari tachometer ini berbeda-beda, ada yang bentuknya dasar yakni berbentuk busur lingkar ataupun model terbaru sekarang ini berbentuk digital dengan angka-angka yang tercantum pada layar indikator. Biasanya mobil-mobil keluaran terbaru menggunakan alat indikator yang berbentuk digital.

*Baca Juga: Mengenal Penyebab RPM Mesin Diesel Naik Turun

Angka pada meteran tersebut menunjukkan angka dari 0 hingga 10 yang mana setiap angka menunjukkan angka ribuan. Pada saat jarum berada di angka 4, itu artinya putaran pada poros engkol ataupun crankshaft mesin yakni 4000 Revolution Per Minute. 

Angka pada alat Revolution Per Minute itu jadi penentu kinerja mesin dimana kerja mesin yang berputar pada kendaraan setiap menitnya ditunjukkan lewat indikator tersebut. Maka dari itu membaca dan mengetahui kinerja mesin lewat Revolution Per Minute ini penting untuk diketahui.

Karena semakin keras sistem dalam bekerja, maka semakin banyak pula konsumsi bahan bakar yang digunakan untuk memutar mesin dalam setiap putaran.

Revolution Per Minute Pada Mobil Berapa Idealnya?

Biasanya, RPM yang ada di mobil bergantung pada spesifikasi dari mesin mobil yang digunakan. Akan tetapi Revolution Per Minute pada mobil dapat dikatakan ideal jika menginjak pada angka 2 ataupun 3, dimana mesin pada waktu itu menggunakan Revolution Per Minute sebesar 2000 hingga 3000.

Pengendara mobil juga sebaiknya perlu memperhatikan tachometer supaya tidak menyentuh garis yang berwarna merah di atas angka 8 dalam frekuensi yang sering. Bila hal tersebut sering terjadi maka mobil dikhawatirkan akan mudah aus dan rusak nantinya.

*Baca Juga: Cara Mempertahankan Angka Standar RPM Mobil Injeksi Agar Normal

Nilai Revolution Per Minute pada mobil yang terus konsisten membuat kondisi mobil semakin ideal dan terhindar dari kondisi aus. Pengendara juga haruslah memperhatikan busur dari indikator Revolution Per Minuter tersebut apakah naik dan turun secara lancar atau tidak.

Karena busur yang bekerja tidak lancar atau tersendat dapat jadi indikator kesalahan dalam mesin yang mengharuskan pemilik kendaraan memeriksakan mobil ke bengkel terdekat secepatnya.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Seputar RPM

Ada beberapa hal terkait dengan Revolution Per Minute yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1. Perbedaan RPM pada mobil transmisi manual dan otomatis

Pada mobil transmisi manual dan otomatis punya perbedaan yang cukup jelas. Dimana mobil dengan transmisi manual, gigi diatur manual sehingga perlu mengetahui betul kapan memindahkan persneling untuk menyesuaikan dengan Revolution Per Minute.

Pada saat berada di gigi 2, perputaran mesin yang hanya sebesar 2000 akan cenderung memakan banyak bahan bakar. Sehingga perlu adanya perpindahan gigi ke gigi 3 dengan menambah kecepatan untuk menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan saat digunakan.

Untuk mobil dengan transmisi otomatis, mesin kendaraan dapat mengatur secara otomatis gigi yang diperlukan sesuai dengan Revolution Per Minute. Sehingga cukup mudah untuk dilakukan.

2. Memperhatikan putaran mesin saat pindah gigi

Pada saat melakukan perpindahan gigi, baiknya mengetahui RPM dengan baik. Karena jika salah melakukan perpindahan dapat berakibat pada mesin yang mudah rusak nantinya. Umumnya perpindahan dapat dilakukan ketika putaran mesin cukup rendah.

Akan tetapi baiknya memindah gigi disesuaikan dengan rujukan dari kendaraan untuk menghindari adanya masalah pada torsi pada saat dijalankan. 

3. Mengetahui tentang torsi kendaraan

Di mesin tachometer, terdapat skala ukuran Revoution Per Minute yang berhubungan dengan seberapa nantinya pengemudi perlu menginjak pedal. Pedal yang diinjak semakin dalam menimbulkan perputaran yang semakin kencang sehingga mesin terdengar semakin keras.

Perputaran tersebut ada kaitannya dengan torsi maksimum. Dimana sebuah kendaraan mempunyai ukuran maksimal yang dapat dicapai agar mesin tetap ideal pada saat digunakan. Torsi sendiri satuannya yakni feet/lbs atau Newton Meter.

Bila sebuah kendaraan punya torsi sebesar 120 NM per 4200. Maka membacanya yakni torsi maksimum dari kendaraan yang dikemudikan tersebut sebesar 12 Newton Meter dimana batas limit Revolution Per Minute yang dapat dicapai yakni 4200.

4. Efisiensi Bahan Bakar 

Pemakaian bahan bakar yang irit dapat dilakukan dengan cara memperhatikan indikator Revolution Per Minute pada saat melakukan pemindahan gigi. Supaya mesin tidak melebihi kapasitas bekerja dan tidak menyentuh torsi maksimum yang dicapai. 

Memindah gigi dengan memperhatikan indikator Revolution Per Minute dan juga torsi maksimum sangatlah penting. Supaya nantinya mesin lebih halus dan tidak perlu bekerja keras yang menimbulkan pemakaian bahan bakar menjadi berlebih.

Demikian tadi penjelasan seputar RPM atau Revolution Per Minute yang sangat berpengaruh pada mesin mobil supaya tetap ideal. Bagi kalian yang ingin mengetahui informasi seputar asuransi mobil terbaik dapat langsung mengakses website Garda Oto ya! 

Kami mempunyai layanan Home Survey dan Pick up Delivery Service. Asuransi kami mempunyai perluasan jaminan Huru Hara, Banjir, Angin Topan, Gempa Bumi, Tsunami, Letusan Gunung Berapi, dan Tanah Longsor untuk harga mobil diatas Rp200 juta untuk pertanggungan Comprehensive dan Premium Package Comprehensive. Hubungi kami di nomor 1 500 112 untuk informasi lebih lanjut.