Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online dengan Mudah

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online dengan Mudah

Saat ini cek plat nomor kendaraan semakin mudah, sebab dapat dilakukan online kapan pun dan di mana pun. Ada sejumlah alasan kenapa beberapa orang memilih untuk cek plat nomor suatu kendaraan, contohnya ingin tahu riwayat pajak kendaraan saat akan membeli motor ataupun mobil bekas.

Untuk mendapatkan informasi plat nomor suatu kendaraan harus datang ke kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Namun memang cara ini menghabiskan waktu dan tenaga meskipun masih ada beberapa orang yang tetap melakukannya.

Sebenarnya tanpa harus datang ke kantor Samsat juga bisa mendapatkan informasi plat nomor kendaraan dengan mudah, hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop.

*Baca Juga: Cara Cek Tilang Elektronik Secara Online dan Mudah

Pihak Kepolisian dan stakeholder yang berkaitan sudah menyediakan layanan untuk mengecek plat nomor kendaraan online, dari penggunaan website, aplikasi sampai pesan singkat atau SMS. Namun memang perlu diketahui bahwa alamat website, nama aplikasi ataupun nomor pengiriman dan format SMS berbeda sesuai daerah registrasi kendaraan.

Sekedar informasi, data yang disampaikan tak mencakup seluruh provinsi di Indonesia. Mengingat ada sejumlah daerah yang belum menyediakan layanan cek plat nomor kendaraan secara online. Nah, apakah Anda penasaran tentang cara mengecek plat nomor kendaraan? Ikuti terus pembahasannya.

Cek Nomor Kendaraan via Website

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah via website e-Samsat yang menjadi cara yang paling banyak digunakan sebab hanya memerlukan akses internet serta web browser.

Masing-masing daerah mempunyai alamat website berbeda. Oleh sebab itu pastikan mengakses website sesuai domisili kendaraan. Berikut ini daftar beberapa website cek nomor kendaraan sesuai daerah yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Provinsi Website
DKI Jakarta samsat-pkb2.jakarta.go.id
Jawa Barat bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
Jawa Timur info.dipendajatim.go.id/esamsat/
Sumatera Utara bpprd.sumutprov.go.id/e-samsat/pages/index.php
Sumatera Barat bapenda.sumbarprov.go.id/content/info_pajak_kendaraan
Sumatera Selatan bapenda.sumselprov.go.id/page/info_pajak_online
Jambi jambisamsat.net/infopkb.html
Riau badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
Kepulauan Riau dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat
Bali portal.bpdbali.id/infosamsat/
Nusa Tenggara Barat esamsat.ntbprov.go.id
Kalimantan Tengah info.samsatkalteng.id
Kalimantan Timur simpator.kaltimprov.go.id/cari.php

Sebagian website yang kami sampaikan di atas dapat digunakan untuk mencari informasi tentang nomor plat kendaraan. Namun memang masing-masing daerah membutuhkan data yang berbeda. Ada daerah yang hanya perlu memasukkan nomor plat dan nomor induk pada KTP (NIK). Lalu ada pula yang membutuhkan nomor rangka kendaraan.

Anda bisa mencari contoh ilustrasi tampilan gambar dalam melakukan pengecekan plat nomor kendaraan, salah satunya di wilayah DKI Jakarta. Di daerah ini para pengguna hanya perlu menginput nomor kendaraan serta NIK.

Sesudah melengkapi semua data yang diminta, berikutnya centang pada pilihan I’m not a robot, kemudian pilih cari, nantinya muncul informasi dari kendaraan tersebut.

Detail informasi yang ditampilkan antara lain nama pemilik, merek dan warna kendaraan, masa berlaku STNK, status pajak, jatuh tempo pajak, dan sebagainya.

Cek Nomor Kendaraan via Aplikasi

Cara berikutnya yang kedua dapat Anda lakukan yaitu via aplikasi. Pada masa saat ini di mana semua hal serba online, tentu untuk cek plat nomor juga dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk cek nomor kendaraan, namun memang masing-masing daerah mempunyai aplikasi tersendiri. Contoh aplikasi Cek Ranmor DKI hanya bisa digunakan untuk mengecek kendaraan dengan plat nomor B atau domisili di Jakarta. Informasi kendaraan selain plat B tak akan muncul pada aplikasi tersebut.

*Baca Juga: Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Berikut ini beberapa aplikasi untuk cek nomor kendaraan sesuai pengamatan yang tersedia di Google Play Store.

Provinsi Nama Aplikasi
DKI Jakarta Cek Ranmor DKI
Banten SAMBAT – SAMSAT BANTEN HEBAT
Jawa Barat SAMBARA
Jawa Tengah NEWSAKPOLE
Jawa Timur Ditlantas Jatim Digital Center
Aceh Cek Pajak Kendaraan Aceh
Riau E-SAMSAT RIAU
Kepulauan Riau ESamsat KEPRI
Lampung INFO PAJAK V5
Nusa Tenggara Barat INFO KLD NTB
Nusa Tenggara Timur B’Sonto
Kalimantan Utara eSAMSAT Kalimantan Utara
Kalimantan Barat Samsat Kalbar
Kalimantan Tengah RC Polda Kalimantan Tengah
Kalimantan Selatan Bakeuda Prov Kalsel
Sulawesi Utara Info Pajak Kendaraan Sulut
Sulawesi Tengah SAMSAT SULTENG
Sulawesi Tenggara IP SULTRA
Sulawesi Selatan e-Samsat Sulsel

Dengan penggunaan aplikasi untuk cek plat nomor kendaraan tentu sangat mudah dilakukan, hanya memerlukan modal kuota internet untuk download dan mengakses aplikasinya.

Cek Nomor Kendaraan via SMS

Bisa dibilang cara satu ini lebih kuno dibandingkan dua cara sebelumnya, karena memerlukan pulsa untuk mengirim SMS.

Seperti cara sebelumnya, setiap daerah mempunyai nomor pengiriman serta format pesan berbeda. Berikut beberapa di antaranya.

Provinsi Format Contoh Nomor Tujuan
DKI Jakarta INFO<spasi>RANMOR<spasi>nomor plat INFO RANMOR B1234ABC 8893
Jawa Barat INFO<spasi>huruf depan plat/angka plat/huruf akhir plat<spasi>warna plat INFO D/1234/ABC HITAM 0811-2119-211
Jawa Tengah JATENG<spasi>nomor plat JATENG AD1234ABC 9600
Yogyakarta DIY<spasi>nomor plat DIY AB1234ABC 99600
Jawa Timur JATIM<spasi>nomor plat JATIM AG1234ABC 7070
Sumatera Utara PAJAK<spasi>nomor plat<spasi>warna plat PAJAK BA1234ABC HITAM 3699
Sumatera Barat PKB#huruf depan plat<spasi>angka plat<spasi>huruf akhir plat PKB# BA 1234 ABC 0811-6941-555
Nusa Tenggara Timur SAMSAT<spasi>nomor plat<spasi> 5 angka terakhir nomor rangka SAMSAT DH1234ABC 56789 3130

Dari setiap cara cek nomor kendaraan di atas, hal yang identik yaitu setiap daerah mempunyai “wilayah”nya sendiri, baik via website, aplikasi dan nomor pengirimannya.

Demikian pembahasan tentang cara cek plat nomor kendaraan secara online. Untuk keamanan kendaraan, Anda juga perlu menggunakan asuransi kendaraan. Garda Oto menyediakan asuransi kendaraan dengan jenis pertangungan berupa Total Loss Only dan Comprehensive. Asuransi ini akan meminimalisir risiko dari kehilangan akibat pencurian dan kerusakan akibat banjir. Hubungi kami di nomor 1 500 112 sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.