Kenali Jenis – Jenis Bahan Bakar Mobil

Kenali Jenis – Jenis Bahan Bakar Mobil

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bahan bakar mobil seperti Premium, Pertalite, Pertamax, dan Solar. Keempat jenis bahan bakar mobil ini memang paling sering digunakan. Namun, ternyata masih ada lho beberapa bahan bakar lainnya yang mungkin kurang familiar karena belum pernah digunakan. Nah, bagi yang belum tahu yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Mesin Bensin

● Premium
Bahan bakar Premium mempunyai ciri khas berwarna kuning terang. Bahan bakar Premium sendiri memiliki angka oktan 88 dengan kompresi di bawah 9:1. Sebelum adanya Pertalite, Premium merupakan bahan bakar yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, Premium juga seringkali mendapatkan subsidi dari pemerintah.

● Pertalite
Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan bahan bakar premium mulai tergeser dan digantikan oleh bahan bakar jenis Pertalite. Bahan bakar pertalite memiliki ciri khas warna hijau terang dan bisa dengan mudah kita temui di SPBU terdekat. Pertalite memiliki angka oktan sebesar 90 dengan kompresi sedang 9:1 hingga 10:1. Dengan kata lain, Pertalite lebih bagus dari pada jenis Premium.

● Pertamax
Pada level yang lebih tinggi, terdapat bahan bakar jenis Pertamax. Pertamax adalah bahan bakar dengan ciri khas berwarna biru. Bahan bakar jenis ini umumnya memiliki angka oktan 92 dengan kompresi 10:1 sampai 11:1. Pertamax sendiri memiliki klasifikasi yang lebih tinggi seperti Pertamax Turbo (oktan 98) dan Pertamax Racing (oktan 100 ke atas).

Baca juga: Tips Agar Bahan Bakar Mobil Anda Tetap Awet

2. Mesin Diesel

● Solar
Jika sebelumnya kita membahas bahan bakar mesin bensin, sekarang kita akan membahas jenis bahan bakar mesin diesel. Solar merupakan jenis bahan bakar diesel dengan angka cetane sebesar 48 dan kadar sulfur sebanyak 2500 ppm.

● Dexlite
Dexlite menjadi alternatif pilihan bahan bakar lain dengan jumlah oktan 50 dan memiliki kadar sulfur 1200 ppm yang umumnya banyak digunakan oleh kendaraan tahun 90an,Angka tersebut menunjukkan bahwa Dexlite jauh lebih baik dari solar.

● Pertamina Dex
Jika Anda ditanya tentang jenis bahan bakar mesin diesel terbaik, jawabannya tentu saja Pertamina Dex. Pertamina Dex merupakan jenis bahan bakar kualitas tertinggi di kelasnya karena memiliki angka cetane minimal 53 dengan kandungan sulfur kurang dari 300 ppm.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan mana jenis bahan bakar yang baik untuk kendaraan Anda? Semua kembali lagi pada standar yang ditetapkan oleh pabrikan merk mobil masing-masing. Ada baiknya, agar Anda mengikuti rekomendasi penggunaan bahan bakar yang tepat. Hal ini untuk membuat agar performa kendaraan tetap prima dan tahan lama. Selain itu untuk melindungi kendaraan, Anda dapat mengikuti program asuransi mobil. Jika kita memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah apabila dibandingkan saat kita menanggungnya sendiri. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Garda Oto memiliki layanan Home Survey dan Pick Up Delivery Service yang memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan klaim kendaraan di berbagai lokasi, seperti di rumah atau di kantor. Setelah proses perbaikan mobil selesai, Garda Oto melayani antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan Anda dan antar kembali dari bengkel. Tak hanya itu, Garda Oto pun menawarkan berbagai keuntungan untuk pelanggan, seperti pemberian hadiah langsung dan cicilan 0% dari beberapa bank yang bekerja sama. #PeaceofMind

Artikel terkait “bahan bakar” lainnya:

Perbedaan Bahan Bakar Jenis Pertamax dan Pertalite
Apa itu Biosolar? Apa Perbedaan Solar dan Biosolar?