Apa Pengertian Horse Power dann Torsi dalam Dunia Otomotif

Apa Pengertian Horse Power dan Torsi dalam Dunia Otomotif

Apa sih itu horse power? Horse power berasal dari kata horse dalam bahasa Indonesia yang artinya kuda dan power berarti kekuatan. Berarti kekuatan kuda? Apakah seperti itu maksudnya? Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak pembahasan mengenai horse power dan torsi.

Pengertian Horse Power

Horse power digambarkan sebagai satuan daya yang setara dengan tenaga kuda, sehingga bisa disebut dengan daya kuda. Berdasarkan hasil pengukuran yang diambil dari Wikipedia, 1 horse power setara dengan 735,5 – 745,7 watt. Hal ini pengukuran 1 horse power memiliki daya yang sangat besar untuk dijadikan sumber energi.

Istilah horse power atau lebih umum dengan daya kuda digunakan untuk mengukur perbandingan antara mesin uap dan tarikan kuda di masa lalu. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui mana yang lebih baik, antara kereta uap dan kekuatan kuda.

Di era modern sekarang, terjadi penyesuaian pengukuran hitungan daya kuda / horse power (HP). 1 horse power = 746 watt.

Pengertian Torsi

Nah, setelah kita mengetahui apa itu horse power atau tenaga kuda. Istilah lain yang berkaitan erat dengan horse power yaitu torsi. Jika, horse power diartikan sebagai tenaga kuda yang dihasilkan, maka torsi yaitu suatu gaya yang dibutuhkan untuk memutar sebuah benda agar bergerak. Umumnya, perubahan kecepatan yang terjadi karena adanya pengaruh dari besar kecilnya torsi yang dihasilkan.

Fungsi dari Horse Power dan Torsi

Horse power berperan penting untuk membuat kendaraan bisa melaju walau sedang membawa beban berat, lalu fungsi torsi adalah akumulasi jumlah tenaga kuda yang dihasilkan dari horse power. Nah, sampai sini sudah paham apa itu  pengertian horse power atau torsi? Yuk, share konten ini biar makin banyak yang tahu perbedaannya.

Dan sebagai pengendara mobil, ada baiknya untuk melengkapi mobil Anda dengan layanan asuransi kendaraan untuk melindungi mobil Anda dari berbagai risiko yang bisa terjadi. Nah, Garda Oto bisa menjadi solusi tepat untuk asuransi kendaraan Anda. Produk dari Asuransi Astra ini siap memberikan perlindungan bagi kendaraan Anda. Bila mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, jangan ragu untuk menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses selama 24 jam. #PeaceofMind