Mengenal Aerodinamika pada Mobil

Mengenal Aerodinamika pada Mobil

Anda pasti pernah mendengar kata “aerodinamika”, tapi apakah Anda tahu secara pengertian apa sih aerodinamika itu? Jadi, aerodinamika yaitu cabang ilmu yang mempelajari tentang aliran udara. Udara yang bergerak atau biasa disebut angin seringkali menghambat laju kendaraan, seperti mobil, pesawat, motor, dan lainnya. Oleh karenanya, dibuatlah kendaraan yang berteknologi aerodinamika dengan tujuan untuk meminimalkan hambatan udara yang melewatinya.

Tidak hanya pada kendaraan, sebenarnya aktivitas yang kita lakukan sehari-hari misalnya balap lari juga memanfaatkan konsep teknologi aerodinamika ini. Oleh karenanya, sangat penting juga bagi kita untuk mengetahui pola pergerakan angin. Hal itu dimaksudkan agar kendaraan kita bisa melaju dengan cepat atau dengan kata lain meminimalkan hambatan udara yang lewat.

Jika kita sudah mengetahui fungsi dari adanya teknologi aerodinamika ini, yuk kita juga perlu tahu bagian-bagian dari aerodinamika khususnya yang terdapat pada mobil kita. Fungsi dari bagian-bagian sisi aerodinamika tersebut yaitu untuk meminimalkan masuknya udara ke dalam kolong mobil. Apa saja sih bagian-bagian pada aerodinamika? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1.       Spoiler Belakang

Fungsi dari spoiler belakang ini yaitu untuk menahan gaya lift-up belakang yang ditimbulkan saat kecepatan tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang dari bahaya mobil yang melayang atau terbang akibat kecepatan yang terlalu tinggi.

2.      Spoiler Depan

Selain spoiler belakang, harus pula ada spoiler depan, gunanya agar keduanya seimbang, meskipun ada yang mengatakan bahwa spoiler depan ini berfungsi sebagai aksesoris saja. Meski demikian, anggapan itu tidak seluruhnya benar. Fungsi utama dari spoiler depan pada mobil yaitu untuk menahan angin yang melewatinya. Selain itu, juga berfungsi agar ban menempel kuat dengan tanah saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

3.      Wings

Wings atau dalam bahasa Indonesianya berarti sayap. Fungsi sayap pada teknologi aerodinamika ini yaitu untuk mengontrol datangnya arah angin yang melewati mobil. Fungsinya hamper sama dengan spoiler belakang atau biasa kita menyebutnya bumper.

4.      Deflector

Fungsi utama dari bagian deflector pada teknologi aerodinamika yaitu untuk menahan terpaan angin pada kendaraan, sehingga dengan adanya teknologi aerodinamika ini membuat berkendara menjadi aman atau tak berbahaya.

5.      Side Skirt

Sama halnya seperti deflector, side skirt ini berfungsi untuk menahan kendaraan dari terpaan angin akibat kendaraan yang dipacu dengan kecepatan tinggi serta menyeimbangkan gerak kendaraan saat melaju.

Fungsi lain dari adanya teknologi aerodinamika ini yaitu untuk menyeimbangkan kecepatan mobil dan menghindarkan pengemudi dari kecelakaan. Jika demikian, apa jadinya jika teknologi aerodinamika tidak ada? Salah satu kemungkinannya adalah kurang nyaman berkendara dan dapat keselamatan pengemudi terancam. Agar nyaman saat berkendara lindungi mobil Anda dengan asuransi mobil terpercaya seperti Garda Oto. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, siap memberikan perlindungan terbaik bagi mobil Anda dengan berbagai manfaat dan layanan yang kami miliki.

Ditambah, kami juga menyediakan layanan darurat  untuk Anda yang mengalami masalah saat di jalan, cukup dengan mudah menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses 24 jam. Laporkan kondisi darurat Anda, dan tim Garda Siaga kami akan segera datang ke lokasi Anda dan memberikan solusi atas masalah Anda. #PeaceofMind