Apa Saja Manfaat Asuransi Rawat Jalan yang Wajib Diketahui?Pernahkah Anda berpikir jangka panjang jika Anda atau anggota keluarga sakit dalam waktu lama dan harus melakukan perawatan di rumah? Jika hal ini terjadi, biaya yang dikeluarkan tentunya tidak sedikit. Namun kini ada manfaat asuransi rawat jalan yang bisa dimanfaatkan sebagai jaminan dan pelindung kesehatan keluarga jika sewaktu-waktu harus rawat jalan di rumah. Lalu apa saja manfaat dari asuransi rawat jalan yang bisa didapatkan? Mari simak pembahasan seputar asuransi rawat jalan berikut ini.

Apa Itu Asuransi Rawat Jalan?

Asuransi rawat jalan adalah benefit tambahan yang diperoleh dari asuransi rawat inap yang memberikan pertanggungan untuk biaya dokter, obat-obatan, dan laboratorium.

Ketentuan dan kebijakan asuransi ini tidak sama dengan asuransi kesehatan pada umumnya. Misalnya terkait pembatasan pelayanan yang membuat tertanggung wajib memperoleh rujukan dokter umum untuk dapat berobat ke dokter spesialis, pembatasan rumah sakit untuk tertanggung pembatasan frekuensi pengobatan dalam setahun, dan kebijakan-kebijakan lainnya.

Manfaat Asuransi Rawat Jalan

Adanya asuransi rawat jalan memberikan kemudahan bagi nasabah atau tertanggung untuk melakukan klaim terkait tindakan pengobatan rawat jalan, dalam kata lain tidak harus dirawat inap. Anda akan ditanggung biaya pembelian obat, konsultasi dokter dan pelayanan kesehatan lainnya. 

Itulah mengapa asuransi rawat jalan ini penggunaannya lebih optimal dan bermanfaat untuk orang-orang yang menjalani pemulihan dan perawatan di rumah sehingga akan lebih nyaman.

Terkait dengan klaim asuransi tersebut tergantung dengan rumah sakit yang dipilih, sudah menjalin kerja sama dan memenuhi syarat klaim sesuai yang ditetapkan perusahaan asuransi atau belum.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan lebih detail mengenai apa saja manfaat asuransi rawat jalan yang didapatkan. Berikut penjelasannya.

1. Tidak Perlu Memikirkan Biaya Pengobatan

Saat sakit, umumnya orang-orang akan datang ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan tanpa harus menjalani rawat inap di rumah sakit karena penyakit yang diderita tidak terlalu parah.

Bahkan tidak sedikit orang yang lebih memilih menjalani perawatan di rumah karena lebih dekat dengan keluarga sehingga merasa nyaman.

Apabila demikian, bergabung menjadi polis asuransi rawat jalan sangatlah cocok. Pasalnya, dengan mempunyai asuransi rawat jalan, Anda tidak perlu khawatir memikirkan masalah biaya pengobatan jika suatu ketika terserang penyakit. 

Semua biaya pengobatan rawat jalan Anda akan ditanggung langsung oleh perusahaan asuransi. Jadi Anda hanya perlu fokus untuk recovery dan penyembuhan di rumah.

2. Tidak Membuat Repot Keluarga

Ketika sakit, tentu pihak yang paling direpotkan adalah keluarga dan saudara, karena harus berkorban waktu dan biaya. 

Namun Anda tentunya tidak ingin merepotkan anggota keluarga, apalagi jika mempunyai riwayat penyakit yang butuh rawat jalan secara rutin.

Artinya, Anda membutuhkan biaya yang cukup besar untuk menebus pengobatan tersebut selama pengobatan rawat jalan dilakukan. 

Agar tidak merepotkan keluarga, Anda bisa menggunakan asuransi rawat jalan sehingga biaya pengobatan di cover oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu maka anggota keluarga tidak akan terbebani.

3. Lebih Bijak Mengatur Keuangan

Banyak orang yang merasa sayang jika harus membayar premi asuransi setiap bulan. Padahal jika bergabung dengan asuransi rawat jalan justru bisa membantu Anda mengatur kondisi finansial agar tetap stabil. Apalagi jika Anda harus melakukan pengobatan rawat jalan dalam waktu yang cukup lama.

Dengan memilih asuransi rawat jalan, Anda cukup membayar premi tiap bulan dalam jumlah yang telah ditetapkan sehingga bisa mendapatkan benefit yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Saat terserang penyakit, kondisi keuangan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengobatan.

4. Tanpa Batas Waktu

Asuransi rawat inap hanya dapat dilakukan klaim ketika mendapatkan pelayanan kesehatan rawat inap di rumah sakit. 

Bahkan ada juga perusahaan asuransi yang memberi ketentuan minimal dua hari rawat inap supaya Anda dapat mengajukan klaim. Sehingga di luar batas waktu tersebut misalnya jika Anda hanya rawat inap satu hari, klaim tidak bisa diajukan jadi harus menggunakan biaya pengobatan sendiri.

Namun berbeda halnya dengan asuransi rawat jalan yang dapat digunakan tanpa batas waktu. Artinya, Anda boleh melakukan klaim asuransi tersebut untuk berbagai tindakan pengobatan tanpa batas masa.

Selama rumah sakit di mana Anda berobat melakukan kerja sama dan memenuhi syarat klaim perusahaan asuransi, maka Anda dapat menggunakan asuransi tersebut untuk menanggung semua biaya pengobatan.

5. Jaringan Rumah Sakit Luas

Memilih asuransi rawat jalan terbaik memberikan kesempatan kepada Anda untuk berobat di rumah sakit mana pun yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut. 

Hal ini dikarenakan asuransi kesehatan rawat jalan terbaik mempunyai rekanan jaringan rumah sakit yang cakupannya luas. Tentu ini penting sehingga pemilik polis dapat memperoleh akses fasilitas kesehatan yang diperlukan di mana pun.

*Baca Juga: 10 Jenis Penyakit yang Bisa Diobati Dengan Rawat Jalan

Produk Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Garda Healthtech

Memilih asuransi rawat jalan terbaik harus disesuaikan dengan kebutuhan, gaya hidup, dan finansial. Jika budget terbatas, pilihlah manfaat asuransi rawat jalan yang paling penting bagi Anda.

Salah satu produk asuransi rawat jalan terbaik, yaitu Garda Healthtech. Ada beberapa pilihan paket asuransi dari Garda Healthtech, yakni Fit dengan premi Rp500 ribu, Classy dengan premi Rp900 ribu, dan Ultima dengan premi Rp1.2 juta.

Asuransi ini akan memberikan perlindungan kesehatan kepada diri Anda dan keluarga. Sehingga menjadi hal yang sangat penting untuk kesehatan. Maka dari itu, segera daftarkan diri Anda untuk mendapatkan berbagai benefit dari asuransi rawat jalan Garda Healthtech.

Manfaat asuransi rawat jalan ini akan mengcover semua biaya pengobatan rawat jalan Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku di rumah sakit yang sudah menjadi rekanan kerja sama dengan perusahaan asuransi. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor: 1 500 112