10 Contoh Model Rumah Minimalis Modern Saat IniRumah minimalis kian populer sebagai salah satu model rumah modern yang banyak diminati. bagi Anda yang menginginkan hunian sederhana tetapi tetap estetik, model rumah minimalis bisa jadi pilihannya.

Konsep minimalis ini menyangkut keseluruhan desain arsitektur rumah termasuk interior. Lantas, rumah minimalis seperti apa yang kini menjadi primadona? Simak pembahasan berikut. 

Ide Rumah Minimalis yang Modern dan Nyaman

Hunian-hunian yang mengusung konsep minimalis lebih mengutamakan efisiensi serta fungsional rumah. Model rumahnya lebih simple tetapi menarik seperti beberapa model rumah berikut.

1. Rumah minimalis tipe 21

Rumah sederhana dengan luas 21 meter persegi ini memiliki desain yang simple dan modern. Umumnya, rumah tipe 21 memiliki panjang 6 meter dan lebar 3,5 meter. Rumah minimalis dengan ukuran mungil ini bisa untuk 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi. 

Efisiensi pemakaian ruangan di dalam rumah harus diperhitungkan dengan baik agar nyaman untuk penghuni rumah. Di bagian luar, biasanya memiliki taman kecil dan area parkir yang muat 1 mobil. 

2. Rumah minimalis tipe 36

Rumah minimalis di lahan yang lebih luas ini cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga atau memiliki anak. Fasilitas di dalam rumah sudah termasuk 2 kamar tidur. Ruang tamu di rumah ini juga lebih luas. 

Model rumah ini menjadi yang paling banyak dipasarkan di Indonesia. Banyak pengembang perumahan yang menawarkan rumah tipe 36 dengan model minimalis dan modern.

3. Rumah minimalis tipe 45

Berikutnya, ada rumah tipe 45 yang didesain minimalis dengan teras beratap cor. Model rumah ini bisa dihuni oleh keluarga kecil dengan 1 atau 2 anak. Bisa untuk 2-3 kamar tidur untuk kamar dewasa dan anak-anak. 

Anda bisa menambahkan ruang keluarga di dalam rumah ini. Biasanya diberi sekat dinding untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga tersebut. 

4. Rumah minimalis tipe 54

Jika Anda ingin memiliki rumah minimalis dua lantai, rumah tipe 54 ini bisa dipertimbangkan. Biasanya untuk rumah ini dibangun dengan 2 kamar tidur di lantai atas dan 1 kamar tidur di lantai bawah. 

Selain kamar tidur, lantai bawah atau lantai 1 juga untuk area dapur dan ruang tamu. Atur tata ruang untuk lantai 1 dan 2 agar rumah Anda tetap minimalis. 

5. Rumah minimalis tipe 60

Rumah sederhana tipe 60 adalah pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan hunian luas tetapi terjangkau. Bangunan rumah minimalis ini berdiri di lahan seluas 60 meter persegi. Anda bisa membuat model rumah minimalis tipe 60 untuk rumah 2 lantai. 

Lantai 1 biasanya untuk ruang tamu, ruang keluarga, dapur, 1 kamar mandi, dan 2 kamar tidur. Sedangkan untuk lantai 2 dimanfaatkan untuk 2 kamar tidur tambahan dan 2 kamar mandi. 

6. Rumah minimalis tipe 72

Rumah tipe 72 cukup luas untuk hunian keluarga besar. Jika Anda membangun rumah tipe 72 dengan model minimalis 1 lantai, Anda bisa memiliki 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. 

Selain itu, ruangan lain digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Sebuah taman kecil di depan rumah dan juga tempat parkir mobil. 

7. Rumah minimalis tipe 90

Bangunan rumah minimalis dengan luasan 90 meter persegi lebih mudah disesuaikan untuk kebutuhan keluarga besar Anda. Anda bisa membuat 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi atau dengan 3 kamar tidur dan 1 kamar mandi. 

Bagi ruangan dengan tepat untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Model rumah ini bisa dipercantik dengan taman kecil, baik di depan teras maupun di belakang rumah. 

8. Rumah minimalis tipe 120

Umumnya, untuk rumah minimalis tipe 120 lebih modern dengan fasilitas yang lengkap. Model rumah ini bisa untuk 3-4 kamar tidur utama yang luas. Kemudian, fasilitas seperti 3 kamar mandi, ruang dapur, ruang makan, ruang tamu dan ruang keluarga juga bisa dibangun di rumah tipe 120. 

Jika menginginkan rumah minimalis yang lebih mewah, Anda bisa membangun rumah 2 lantai dengan beranda belakang. Di bagian depan rumah untuk taman dan carport yang bisa menampung hingga 2 mobil. 

9. Rumah minimalis Jepang

Rumah model Jepang terkenal dengan desain minimalis dan ruangan yang begitu rapi. Anda bisa menerapkan model ini untuk rumah minimalis yang nyaman. 

Penataan ruangan di dalam rumah sangat efisien. Jangan lupa dengan furnitur dan dekorasi bernuansa alam. Warna-warna pastel dan elemen bambu atau kayu menjadi ciri khas dari desain rumah ini. 

10. Rumah minimalis tipe modular

Model rumah ini mungkin lebih cocok untuk Anda yang tinggal sendiri atau dengan pasangan. Desain rumah berbentuk persegi panjang dengan fasilitas lengkap. Mulai dari dapur, kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu. 

Namun, untuk memaksimalkan ruangan yang tidak terlalu besar, desain interior rumah ini mengurangi penggunaan pembatas seperti dinding. Desain rumah sangat fleksibel karena Anda bisa menentukan penataan ruangan dengan lebih mudah. 

*Baca Juga: Tipe-Tipe Rumah Paling Populer di Indonesia

Memiliki rumah dengan desain impian seperti ini akan membuat Anda lebih betah di dalam rumah. Jangan lupa untuk merawat rumah dengan baik dan lengkapi perlindungan rumah tinggal Anda dengan Garda Home. Asuransi rumah yang bisa melindungi hunian Anda dari risiko kebakaran, tertabrak kendaraan, kerusuhan atau huru-hara dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Jadi, itulah beberapa ulasan mengenai model rumah minimalis yang mungkin bisa menjadi referensi Anda. Perhatikan juga pengaturan tata ruang di dalam rumah dan dekorasi yang Anda gunakan agar rumah tetap simple dan nyaman. Temukan informasi menarik lainnya hanya di Garda Home.