Apa Itu Rawat Jalan? Manfaat dan Prosedur Rawat Jalan

Apa Itu Rawat Jalan? Manfaat dan Prosedur Rawat Jalan

Kondisi dan kesehatan setiap pasien pastilah berbeda. Saat Anda berobat ke rumah sakit ataupun klinik, ada dua jenis layanan yang bisa di dapatkan yaitu rawat jalan dan rawat inap. Jenis layanan yang bisa didapatkan akan di tentukan oleh dokter sesuai dengan kondisi setiap pasien.  Seperti apa manfaat dan bagaimana prosedurnya?

Pengertian Rawat Jalan

Rawat jalan adalah pelayanan medis yang dilakukan terhadap orang (pasien) di tempat pusat kesehatan untuk keperluan observasi, pengobatan ataupun pelayanan kesehatan lainnya tanpa harus menginap. Prosedur dan tes yang dilakukan hanya berlangsung beberapa jam saja. Dalam hal ini, biasanya pasien telah menentukan waktu janji temu untuk selanjutnya dilakukan kontrol.

Selain itu pelayanan rawat jalan (ambulatory services) ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kedokteran. Pelayanan ini tidak hanya diselenggarakan oleh sarana pelayanan kesehatan, tetapi juga dapat dilaksanakan oleh rumah pasien (home care) dan rumah perawatan (nursing homes).

Manfaat Rawat Jalan

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pasien rawat jalan, pertama adalah kesehatan pasien dapat lebih cepat pulih karena kenyamanan di rumah sendiri. Selain itu, pasien juga tetap bisa menerima pengobatan sekaligus menikmati aktivitas seperti biasa, seperti menikmati makanan rumahan, beristirahat dengan nyaman di sofa, kursi, ataupun tempat tidur mereka.

Namun, tentu saja aktivitas atau makanan tertentu yang dilarang oleh dokter sebaiknya dipatuhi agar tidak menimbulkan gangguan medis lebih lanjut saat pengobatan berjalan.

*Baca Juga: Manfaat Asuransi Rawat Jalan untuk Anda dan Keluarga

Manfaat yang kedua, jika dilihat dari segi harga prosedur rawat jalan biasanya lebih murah daripada rawat inap. Menginap di rumah sakit dalam beberapa hari untuk observasi atau pengobatan tidaklah murah. Pasien dapat menghemat banyak biaya dengan beristirahat dan memulihkan diri di rumah.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang memiliki asuransi kesehatan, maka Anda dapat menghemat lebih banyak biaya dengan menjalani prosedur rawat jalan. Berkat kemajuan teknologi di dunia medis yang semakin berkembang, banyak sekali perawatan seperti rehabilitasi medik dan operasi kecil yang dapat menggunakan prosedur rawat jalan.

Rawat jalan memiliki berbagai layanan yang terdiri dari prosedur medik dan tes yang dapat diberikan kepada pasien dan tidak melibatkan prosedur rawat inap di rumah sakit.

Pelayanan rawat jalan meliputi:

  • Layanan kesehatan dan pencegahan, meliputi konseling psikologis dan penurunan berat badan.
  • Layanan diagnostik, seperti medical check up yang meliputi tes laboratorium darah dan urine, rontgen, dan pemindaian tengkorak dengan Teknik MRI (Magnetic Resonance Imaging).
  • Layanan rehabilitasi seperti fisioterapis dan terapis wicara.
  • Layanan perawatan seperti kemoterapi dan operasi.

Prosedur Rawat Jalan

Pada dasarnya, rawat jalan dan rawat inap memiliki tujuan untuk menyembuhkan pasien. Meskipun begitu, terdapat prosedur yang perlu Anda perhatikan jika rawat jalan. Ini merupakan hal yang cukup penting karena ada kalanya dokter menyarankan pasien ketika sakit untuk dilakukan pengobatan rawat inap tetapi, karena dirasa masih mampu, maka pasien bisa untuk pengobatan rawat jalan.

Rawat jalan juga lebih memberikan rasa nyaman bagi pasien, karena bisa lebih intensif dan optimal, tanpa perlu sulit menempuh jarak dan bergantung pada waktu atau jam besuk. Dilihat dari beberapa sumber, berikut syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pengobatan rawat jalan:

  • Telah mendapat surat rekomendasi dari dokter spesialis untuk pengobatan rawat jalan
  • Telah mendapat dan menaati jadwal kontrol yang diberikan oleh dokter
  • Anda telah memastikan alat medis maupun obat-obatan tersedia untuk melakukan rawat jalan di rumah

Namun, seperti disebutkan sebelumnya dokter yang akan menentukan apakah pasien dirasa perlu mendapatkan pelayanan rawat jalan atau tindakan lainnya berdasarkan kondisi kesehatan pasien. Jadi, apabila dokter mengharuskan observasi secara intensif dan Anda disarankan menggunakan pengobatan rawat inap, maka Anda perlu menyiapkan prosedur terkait rawat inap.

*Baca Juga: 10 Jenis Penyakit yang Bisa Diobati Dengan Rawat Jalan

Begitu pun sebaliknya, ketika Anda disarankan untuk melakukan rawat jalan maka wajib mengikuti prosedur pelayanan yang berlaku di rumah sakit atau klinik tersebut.

Untuk standar pelayanan rawat jalan mengacu pada peraturan Menkes yang mengharuskan bahwa hanya dokter spesialis yang boleh bekerja di poli spesialis. Penerimaan pasien rawat jalan, menurut Dirjen Yanmed (2006), memiliki fungsi utama menerima pasien yang ingin berobat ke poliklinik tertentu. Prosedurnya dapat menyesuaikan sistem masing-masing klinik dan rumah sakit.

Berikut alur pendaftaran rawat jalan yang dapat Anda ikuti:

  1. Pasien mengambil nomor antrean
  2. Pasien melakukan pendaftaran di Loket Pendaftaran Rawat Jalan dengan menyerahkan persyaratan pendaftaran. Selain itu data dan dokumen Anda akan dicek oleh petugas seperti pengecekan asuransi kesehatan.
  3. Pasien dapat menuju ke klinik dan menunggu pemberian tindakan medis oleh dokter.
  4. Setelah itu, pasien dapat berkonsultasi terkait penyakit yang diderita dan dokter akan melakukan pemeriksaan.
  5. Dari hasil pemeriksaan dan konsultasi dokter, maka pelayanan lanjutan dapat berupa:
  • Jika dinyatakan sembuh, maka pasien dapat menyelesaikan semua pembayaran dan pengambilan obat.
  • Jika direkomendasikan untuk pemeriksaan lanjutan, maka pasien akan diberikan surat pengantar untuk dapat melakukan pemeriksaan.
  • Pasien dirujuk untuk observasi ke luar, maka dokter membuat surat rujukan.
  • Jika diminta berkonsultasi ke spesialis lain, maka dokter akan memberikan surat pengantar. Untuk itu pasien perlu menyesuaikan jadwal dengan dokter spesialis yang ingin dituju.
  • Pasien dinyatakan harus dirawat, maka perlu mengikuti prosedur alur rawat inap.
  1. Jika semua alur telah selesai, pasien dapat pulang setelah pengambilan obat dan menyelesaikan pembayaran.

Itulah penjelasan terkait pengertian rawat jalan, manfaat dan prosedurnya. Semoga bermanfaat. Apabila Anda ingin memperoleh perlindungan kesehatan secara optimal, Anda bisa menggunakan asuransi rawat jalan. Garda Healthtech adalah salah satu layanan asuransi kesehatan yang menawarkan rawat jalan dengan jaminan konsultasi online dan dapat dilanjutkan dengan tatap muka.