Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Rusak

Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Rusak

Bumper merupakan semacam pengaman dan aksesoris tambahan pada mobil yang berfungsi untuk melindungi mobil dari benturan. Dengan adanya bumper mobil, bagian depan mobil akan lebih aman dari kerusakan akibat benturan karena bagian depan mobil tidak langsung bersentuhan dengan objek yang ditabrak.

Akan tetapi, bumper mobil tetap harus diperbaiki jika benturan benar–benar terjadi. Seperti yang telah disebutkan di atas, bumper mobil berfungsi untuk melindungi mobil dari benturan.

Karena itu, bumper mobil sangat rentan mengalami kerusakan seperti tergores, penyok, bengkok dan semacamnya. Jika bumper mobil Anda mengalami masalah–masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Berikut beberapa cara memperbaiki bumper mobil.

1.       Memperbaiki bumper Mobil yang Penyok

Salah satu masalah yang sering terjadi pada bumper mobil adalah penyok akibat benturan. Jika bumper mobil Anda mengalami penyok, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, memperbaiki bumper dengan hair dryer. Tentu saja cara ini digunakan pada bumper dengan bahan dasar plastik. Untuk menerapkan, pertama Anda harus memanaskan bumper dengan menggunakan hair dryer.

Setelah bumper mobil melunak akibat panas, Anda bisa menekan bagian dalam bumper dengan tangan atau alat tertentu hingga kembali ke bentuk asalnya. Kedua, memperbaiki bumper dengan air panas. Penggunaan air panas adalah metode alternatif jika Anda tidak memiliki hair dryer. Caranya tentu saja dengan memanaskan air hingga mendidih, lalu siramkan air mendidih tadi ke permukaan bumper. Setelah bumper melunak akibat siraman air panas, Anda bisa menekan dari dalam seperti cara di atas.

2.      Memperbaiki Bumper Mobil yang Robek atau Pecah

Selain penyok, masalah lain yang sering terjadi adalah bumper pecah atau robek. Untuk memperbaikinya, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, menjahit bumper dengan kawat. Untuk menerapkan cara ini, Anda cukup membuat beberapa lubang pada permukaan bumper lalu memasukkan kawat dan menjalinnya.

Setelah bagian yang robek selesai dijahit, Anda bisa langsung menyemprotkan cat dengan warna senada untuk menutupi bekas jahitan kawat tadi. Dengan begitu, bekas jahitan tidak akan terlihat mencolok dan terkesan lebih halus.

Kedua, menambal bumper dengan menggunakan lempengan plat. Caranya kurang lebih sama dengan menambal ban. Anda cukup menempelkan lempengan plat pada permukaan bumper, lalu merekatkannya dengan lem atau lelehan plastik. Dibanding cara yang pertama, cara yang kedua ini memang lebih praktis. setelah selesai menambal bumper, cukup semprotkan cat dengan warna senada seperti cara yang pertama.

Meskipun kebanyakan bumper sekarang dibuat dari plastik yang padat dan keras, ada juga bumper yang terbuat dari bahan metal. Untuk bumper mobil yang terbuat dari metal, Anda perlu usaha keras untuk memperbaikinya. Bawalah bumper metal yang rusak ke bengkel untuk menghindari kesalahan dalam memperbaikinya. Jika perlu, tambahkan program perlindungan asuransi kendaraan agar berkendara lebih aman dan nyaman.

Jika kita memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah dibandingkan dengan kita menanggung biaya keseluruhan sendiri. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi mobil Anda. Jika Anda menghadapi masalah selama perjalanan dan membutuhkan layanan bantuan darurat, sekarang Anda dapat dengan mudah menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang siap siaga demi menjaga kenyamanan Anda selama 24 jam. #PeaceofMind