Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan yang Macet

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan yang Macet

Apakah pernah mobil yang Anda kendarai tiba-tiba bergerak mundur ketika berada di tanjakan? Apa yang Anda lakukan saat itu? Jika belum terbiasa dengan mengemudi mobil manual, maka biasanya pengendara akan mengalami panik yang berujung pada tidak terkendalinya kendaraan mobil. Untuk itu, perlu diketahui tentang bagaimana cara mengendarai mobil manual khususnya ketika berada di tanjakan macet.

Ketahui Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan yang Macet

Berkendara di jalan yang menanjak dan dalam keadaan macet tentunya membutuhkan keterampilan tersendiri. Terutama untuk jenis kendaraan manual yang mana akan melibatkan penggunaan rem, kopling dan gas secara bersamaan. Agar tidak membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lain, Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk mengemudikan mobil manual di area tersebut.

Kondisi yang banyak dialami pengendara kendaraan mobil adalah ketika berada di jalan tanjakan kemudian mengalami macet maka hal itu membuat pengendara harus menghentikan mobil yang dikendarainya.

*Baca Juga: 3 Teknik Menyetir agar Terhindar dari Risiko Kecelakaan

Bagi mereka yang baru belajar berkendara mobil, kondisi ini kerap membuat panik sehingga bisa berakibat fatal seperti mobil kemudian berjalan mundur kemudian menabrak kendaraan yang ada di belakangnya.

Ada juga yang melakukan kesalahan dalam menginjak pedal, sehingga akan tercium bau kampas kopling yang sangat menyengat di mobil. Kunci utama dari kondisi ini adalah jangan panik, tetap fokus dan konsentrasi, lakukan beberapa hal berikut ini dalam mengemudi mobil manual.

  1. Langkah jika terjadi macet di jalan menanjak

Ketika Anda berkendara dan melalui jalan menanjak namun menemukan kondisi macet maka yang harus dilakukan adalah bersiap untuk menggunakan rem lalu mengambil posisi gigi rendah. Lalu Anda bisa menggunakan 3 cara pengereman yaitu dimulai dengan menggunakan rem tangan, dilanjutkan dengan rem kaki dan gunakan setengah kopling untuk jenis mobil manual.

  1. Sesuaikan persneling dengan tingkat kemiringan tanjakan

Kemudian cek tingkat kemiringan tanjakan jalur yang Anda lalui. Anda bisa menggunakan persneling sedang jika tingkat kemiringan jalan menanjak tidak terlalu ekstrem. Namun sebaiknya gunakan persneling dengan gigi rendah jika tingkat kemiringan jalan terlalu ekstrem untuk dilalui.

  1. Gunakan rem tangan

Berada dalam kondisi menanjak dan menemui kemacetan bisa Anda atasi dengan menggunakan teknik rem tangan daripada menggunakan rem kaki dan setengah kopling. Tujuannya adalah agar supaya kaki Anda tak terlalu lelah karena menginjak rem secara terus menerus. Hal itu menjadikan setiap pengendara kendaraan bermotor untuk jarak jauh harus memiliki kondisi yang benar-benar prima agar supaya perjalanan aman dan nyaman.

  1. Teknik rem kaki ketika berhenti sebentar

Pada pengendara yang sudah mahir dalam Cara Mengemudi Mobil Manual, biasanya akan memainkan rem kaki yang dipadukan dengan permainan kopling dan pedal gas, sehingga kaki akan terlihat sering menyentuh pedal kopling yang bisa berdampak pada ausnya kopling. Pada kondisi ini, pengendara harus cerdas untuk memainkan rem tangan, rem kaki dan kopling dengan benar sehingga perjalanan bisa berlangsung dengan lancar hingga kondisi lalu lintas berjalan lancar kembali.

  1. Berikan jarak dengan kendaraan bermotor yang lain

Untuk pengendara kendaraan bermotor apapun, sebaiknya memberikan jarak yang ideal dengan kendaraan lainnya di jalan raya untuk menjaga keamanan serta kenyamanan perjalanan bersama. Terutama ketika Anda berada di area jalan yang menanjak, maka usahakan memiliki jarak yang tak terlalu dekat maupun terlalu jauh sehingga bisa mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan.

Tips Berkendara Mobil Manual di Tanjakan yang Macet

Selain beberapa cara untuk berkendara di jalan menanjak yang macet di atas, ada juga beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika menemui kondisi tersebut.

  • Pertahankan posisi mobil dengan menggunakan rem tangan. Kemudian ketika ingin menggerakkan mobil maju ke depan, letakkan kaki kiri di pedal kopling kemudian injak secara penuh, selanjutnya geser tuas transmisi ke gigi rendah. Setelah itu letakkan kaki kanan untuk bersiap di bagian pedal gas, dan untuk tangan kiri harus bersiap untuk melepaskan rem tangan dengan perlahan.
  • Setelah kaki serta tangan siap di posisi, Anda bisa menekan tombol di rem tangan dengan tujuan untuk melepas kunci pengait tuas. Perhatikan pada saat hal itu dilakukan, usahakan untuk menahan tuas rem tangan agar supaya jangan sampai tiba-tiba terlepas yang bisa berakibat kendaraan mobil akan berjalan mundur kemudian menabrak kendaraan yang ada di belakangnya.
  • Kemudian lakukan beberapa Cara Mengemudi Mobil Manual berikut secara bersamaan, yaitu secara perlahan menurunkan tuas rem tangan, kemudian kaki kanan mulai menginjak pedal gas, lalu secara perlahan namun pasti angkat pedal kopling. Untuk melancarkan hal tersebut, Anda bisa melakukan latihan rutin sehingga di kemudian hari bisa melakukannya dengan baik dan benar.
  • Perlu diketahui adanya prinsip semakin curam tingkat kemiringan jalan maka seharusnya mesin membutuhkan putaran mesin yang lebih tinggi yang ditentukan dengan seberapa jauh pedal gas perlu untuk diinjak.

Agar komponen rem, kopling dan gas pada kendaraan mobil Anda memiliki performa yang baik, lakukan servis secara berkala dan jangan lupa lindungi kendaraan Anda dengan asuransi Garda Oto.

*Baca Juga: Ngantuk Menyerang saat Mengemudi? Ini 5 Tips Mengatasinya

Garda Oto memiliki bengkel rekanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan siap untuk melayani Anda dengan perbaikan dan perawatan yang berkualitas dengan menggunakan suku cadang yang asli serta adanya jaminan dari layanan yang diberikan. Segera gunakan produk asuransi Garda Oto untuk melindungi kendaraan kesayangan Anda.