Thermostat Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

Thermostat Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

Dalam kendaraan mobil terdapat beberapa komponen yang berperan penting untuk menunjang kinerja mesin kendaraan. Salah satunya adalah thermostat, komponen mobil yang satu ini harus diberikan perawatan yang baik dan benar agar bisa bermanfaat secara maksimal. Lalu apa fungsi yang dimiliki oleh komponen thermostat pada mobil?

Ketahui Fungsi Penting Thermostat Mobil

Banyak pemilik kendaraan mobil yang ternyata belum begitu memahami tentang apa fungsi dari komponen thermostat yang ada di kendaraan mobil mereka. Berikut adalah hal penting mengenai fungsi yang dimiliki oleh Thermostat Mobil.

  1. Sebagai sistem pendingin

Thermostat yang ada di mesin mobil memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan pada cairan pendingin di mesin mobil. Dengan begitu maka bisa menjaga kestabilan suhu pada mesin mobil dan untuk mencegah suhu tinggi yang berlebihan.

  1. Mengatur suhu di mobil

Semakin tinggi perputaran yang dialami oleh komponen kendaraan mobil, akan memberikan pengaruh tersendiri untuk terjadinya peningkatan suhu di mobil tersebut. Dalam hal ini, tthermostat memiliki fungsi untuk mengatur suhu dengan kecepatan yang sesuai.

  1. Mendukung performa kendaraan mobil yang lebih maksimal

Mesin kendaraan mobil yang normal memiliki suhu ideal sekitar 80 hingga 92 derajat Celcius, terutama ketika sedang proses pembakaran. Hal tersebut memberikan peluang pada kendaraan mobil untuk lebih optimal dan efisien khususnya dalam hal konsumsi bahan bakar mesin.

  1. Memberikan tenaga besar pada mesin mobil

Dengan fungsi utama dari thermostat yaitu untuk mengatur cairan pendingin yang dialirkan maka otomatis akan mendukung mesin kendaraan memiliki tenaga yang lebih besar. Maka bisa dipahami ketika mesin mobil tak dilengkapi thermostat maka tenaganya pun jauh lebih kecil dibandingkan yang menggunakan thermostat.

  1. Pengendali air panas di mesin

Thermostat Mobil memiliki dua jenis katup yang terbuat dari logam otomatis namun mempunyai kegunaan yang berbeda. Dimana katup buka dan tutup yang dimiliki komponen thermostat mobil bisa membantu untuk mengendalikan air panas yang ada di ruang mesin dengan keberadaan air dingin yang terdapat di komponen radiator.

Bagaimana Cara Kerja Thermostat Kendaraan Mobil?

Setelah memahami bahwa thermostat memiliki fungsi utama yaitu untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap stabil dan berada di titik yang ideal untuk kinerja mesin. Lalu bagaimana cara kerja thermostat pada kendaraan mobil? Berikut beberapa cara kerja yang dimiliki oleh komponen thermostat.

*Baca Juga: Mengenal Komponen Mobil Beserta Bagian-Bagiannya

  • Komponen water pump akan memompa air untuk dibawa mengalir menuju ke bagian mesin melalui saluran water jacket.
  • Lalu air akan mengalir di bagian sekitar mesin yang bertujuan untuk menangkap suhu panas yang terperangkap di dalam mesin mobil.
  • Setelah itu air akan berhasil keluar menggunakan saluran selang dan masuk ke bagian atas radiator.
  • Dalam proses tersebut suhu pada mesin mobil akan menurun dikarenakan efek dari air pendingin yang ada di radiator.
  • Dan suhu panas yang masuk ke bagian dalam radiator tadi akan dilepaskan menggunakan kisi-kisi radiator lalu didinginkan menggunakan kipas yang ada di belakang radiator mobil.

Nah agar supaya komponen Thermostat Mobil bisa awet dan memiliki performa yang bagus maka sebaiknya dilakukan perawatan dengan benar seperti halnya berikut ini.

  • Pantau level air dalam radiator

Dianjurkan untuk semua pemilik kendaraan mobil memakai cairan radiator yang resmi untuk mengantisipasi terjadinya karat atau kerak pada komponen thermostat. Hal itu juga secara tidak langsung akan membantu pemilik kendaraan langsung mengetahui kondisi thermostat jika berada di kondisi rusak atau tak berfungsi.

  • Pastikan kondisi thermostat

Sebelum mesin kendaraan mobil mencapai suhu untuk berkendara yaitu sekitar 80 hingga 92 derajat Celcius, sebaiknya thermostat berada dalam kondisi tertutup. Namun jika thermostat sudah berada dalam kondisi terbuka atau aktif meski suhu baru mencapai 30 derajat Celcius maka itu dapat menjadi satu tanda terjadinya kerusakan.

*Baca Juga: Ciri – Ciri Kendaraan Mobil yang Harus Turun Mesin

Untuk itu harus dipastikan thermostat berada dalam kondisi tertutup ketika suhu mesin mobil belum ideal dan akan terbuka serta aktif pada suhu yang bagus untuk memulai perjalanan. Tujuannya adalah untuk tetap membuat suhu tetap stabil dan seimbang selama mobil dalam perjalanan.

  • Pastikan untuk memanaskan mesin kendaraan mobil terlebih dahulu

Proses pemanasan mesin terkadang memang membutuhkan waktu secara khusus, namun proses tersebut akan memiliki dampak positif pada kualitas dan keawetan mesin kendaraan tersebut. Hal itu menjadi satu jenis perawatan mesin kendaraan mobil yang wajib dilakukan oleh semua pemilik kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Pastikan untuk tetap menjaga performa dan kualitas komponen-komponen mesin pada mobil, selain itu Anda dapat mengasuransikannya denga Garda Oto. Dengan layanan yang dimiliki Garda Oto dipastikan Anda akan mendapatkan kualitas perbaikan, penggunaan suku cadang yang asli dan pemberian garansi untuk setiap perawatan atau perbaikan yang dilakukan. Garda Oto juga memiliki bengkel rekanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan siap memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.