Cara Mengganti Velg Mobil Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Cara Mengganti Velg Mobil Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Bagi para pencinta modifikasi mobil biasanya salah satu hal yang dilakukan adalah mengganti velg mobil. Sebenarnya ada aturan dan cara mengganti velg mobil yang baik sehingga bisa membuat tampilan mobil semakin menarik. Biasanya penggantian velg akan direkomendasikan dengan ukuran yang lebih besar sehingga harus menggunakan ban yang ukurannya lebih besar juga. Kamu hanya perlu mengunjungi toko velg mobil untuk melihat berbagai tipe dan jenis velg yang dapat digunakan. Namun harus dengan tetap menyesuaikan dengan ukuran velg bawaan yang digunakan pada mobil.

*Baca Juga: Sebelum Modifikasi Mobil Harus Lapor Dulu ke Pihak Asuransi

Tips Mengganti Velg Mobil Pabrik dengan yang Lebih Lebar
Jika tidak memperhatikan cara-cara yang benar, justru mengganti velg mobil bisa menyebabkan masalah baru, terutama dalam kenyamanan berkendara. Supaya hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengganti velg.
1. Perhatikan Diameter Ban yang Digunakan
Hal utama yang wajib diperhatikan yaitu diameter luar ban yang nantinya akan dipakai saat mengganti velg mobil ke ukuran diameter yang lebih lebar. Usahakan diameter luar ban sama walaupun ukuran velg lebih besar. Artinya, saat mengganti velg mobil harus tetap memperhatikan ukuran luar ban yang hendak dipakai.
2. Aspek Rasio Ban
Dalam hal ini aspek rasio beban yang dimaksud yaitu tebal tipisnya bahan yang digunakan. Untuk menghitungnya yaitu sebagai berikut.
Persentase section weidth : section height (Ukuran antar sisi ban yang diukur dari bagian dalam : tinggi tapak ban ke bead ban)
Semakin besar aspek rasionya maka bahan yang digunakan semakin tebal, begitu pun sebaliknya. Jadi memperhatikan aspek rasio ban ini menjadi sangat penting terutama saat mengganti velg mobil dengan diameter yang lebih lebar.
3. Naikkan Ukurannya 2 Inci dari Standar
Selain membuat mobil menjadi lebih keren, aspek kenyamanan juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, cara mengganti velg mobil yang tepat idealnya naikkan ukurannya 2 inci saja dari ukuran standar. Dengan demikian maka meskipun mengganti velg mobil dengan ukuran lebih besar tetap bisa memasang ban yang aspek rasionya sesuai standar kenyamanan berkendara. Jadi pemilik mobil juga tidak harus melakukan kalibrasi ulang batas kecepatan berkendara.
4. Memperhatikan Lebar Velg Mobil
Mengganti velg mobil menyebabkan beberapa dampak. Perlu diketahui bahwa semakin besar velg mobil maka ukuran lebar velg juga semakin besar. Misalnya pelek dengan ukuran 15 inci, maka lebar velgnya yaitu sekitar 7 inci.
Apabila ukuran velg makin lebar maka semakin besar juga bidang cengkraman ban. Hal tersebut dapat mengakibatkan body roll dan gejala understeer bisa meningkat. Body roll yaitu pergerakan kendaraan pada arah luar tikungan. Sedangkan understeer yaitu gejala pada mobil yang cenderung lurus meskipun setir telah dibelokkan.
5. Perubahan Titik Tumpu Pada Mobil
Pada dasarnya ketika mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar maka hal itu bisa menyebabkan titik tumpu pada roda menjadi bergeser. Padahal perubahan titik tumpu tersebut salah satunya dapat dipengaruhi oleh penggunaan velg yang offset-nya berbeda dengan velg standar.
Perlu diketahui bahwa offset velg mobil mengindikasikan besar kecilnya permukaan bagian tengah velg yang menjorok ke luar maupun ke dalam. Jika angkanya makin kecil maka bagian penampang tengah velg semakin celong ke dalam dan bibir velg pun lebar.
6. Kemampuan EPS Mobil
Usia Electronic Power Steering (EPS) dipengaruhi oleh ukuran velg yang besar dan ban yang lebar. Meskipun ingin mengganti velg mobil, tetapi harus tetap memperhatikan kemampuan EPS yang perlu tetap disesuaikan. Jika model EPS kecil, ma jangan buat kelebihan beban.

Untuk mensiasati cara mengganti velg mobil dengan tepat, kamu dapat menggunakan cara plus satu atau plus dua. Artinya, kamu bisa menaikkan ukuran lebih besar satu tingkat atau dua tingkat dari ukuran standar pabrik.

*Baca Juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat Untuk Kendaraan Anda

Kelebihan Mengganti Velg Mobil
Jika mengganti velg mobil, ada beberapa keuntungan atau kelebihan yang didapatkan antara lain adalah sebagai berikut.
• Tampilan Mobil Lebih Menarik
Ada berbagai jenis dan tipe velg yang dijumpai ketika berkunjung ke toko velg mobil. Dengan mengganti velg mobil bawaan menggunakan velg modifikasi tentunya akan membuat tampilan mobil menjadi lebih modis. Mobil pun akan tampak lebih menarik dan berbeda dengan mobil yang menggunakan velg standar. Selain fungsinya, ternyata velg juga bisa menambah fashion mobil lebih keren. Mobil pun akan tampil berbeda dan tidak pasaran.
• Menutupi Bagian Kosong Di Fender Mobil
Tahukah kamu bahwa dengan mengganti velg mobil ternyata dapat menutupi bagian ruang yang kosong di fender mobil. Jika bagian fender ini terlihat ruang kosong maka tampilan mobil pun menjadi kurang menarik. Oleh karenanya, dengan memasang velg yang ukurannya lebih besar membuat ruang kosong tersebut menjadi padat.
• Menambah Lebar Permukaan Ban
Salah satu kelebihan dari mengganti velg adalah lebar permukaan ban menjadi bertambah. Umumnya velg mobil standar itu lebih kecil dibandingkan pelek racing yang dimodifikasi sehingga permukaan ban terlihat sempit.
Dengan menggunakan velg yang lebih lebar maka ban yang harus digunakan pun harus sedikit lebar sehingga saat berkendara mobil akan lebih stabil. Selain itu, jika ukuran ban lebih lebar maka bisa meningkatkan traksi mobil pada aspal. Mobil pun akan lebih mudah dikendalikan saat bermanuver. Hal ini tentunya hanya berlaku jika cara mengganti velg mobil sudah dilakukan dengan benar.
Kekurangan Mengganti Velg Mobil
Di samping keunggulan yang dimiliki, ternyata mengganti velg mobil juga memiliki sisi negatif.
• Mengurangi Kenyamanan Berkendara
Saat mengganti velg mobil biasanya akan direkomendasikan untuk memilih velg yang lebih besar dan lebih tinggi. Semakin besar beban velg maka semakin besar juga beban yang dihasilkan. Artinya, jika dimensi velg lebih besar, maka putaran mesin untuk memutar roda pun menjadi semakin berat. Selain itu, hambatan gulir pada ban juga semakin meningkat karena ukuran ban lebih lebar, di mana hal ini membuat konsumsi bahan bakar semakin bertambah.
• Batas Kecepatan Menurun
Ternyata ketika velg bawaan pabrik diganti dengan velg modifikasi yang lebih besar, salah satu masalah yang timbul yaitu batas kecepatan yang semakin menurun. Dengan demikian, kenyamanan ketika berkendara pun sangat berpengaruh.
• Mengeluarkan Banyak Biaya
Dengan mengganti velg bawaan pabrik dengan velg yang lebih besar maka mau tidak mau harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Bagaimanapun juga, ukuran ban yang lebih besar dan lebar tentunya lebih mahal daripada ban standar. Oleh karenanya, ketika mengganti ban maka membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
• Bantingan Suspensi Lebih Keras
Jika mengganti velg pabrik dengan velg modifikasi yang lebih besar, profil ban pun akan lebih tipis dengan tujuan ban tidak menyentuh bibir fender ketika suspensi terjadi kompresi. Apabila profil ban mobil semakin tipis tentunya membuat bantingan suspensi menjadi lebih keras.

Itulah informasi seputar cara mengganti velg mobil dan berbagai keunggulan beserta kekurangannya. Meskipun membuat body mobil semakin menarik, tetapi mengganti velg mobil membutuhkan banyak biaya. Apalagi untuk anda yang suka dengan dunia otomotif, pastinya tidak segang untuk mengeluarkan uang terus menerus agar mobil selalu terlihat bagus.

Supaya lebih baik dalam memproteksi mobil, alangkah baiknya anda menggunakan perlindungan dari Garda Oto. Jaminan kendaraan dari risiko kerusakan, kecelakaan, dan pencurian. Garda Oto memberikan pertanggungan Total Loss Only, dengan biaya perbaikan ≥ 75 persen dari harga mobil sesaat sebelum mengalami kerugian. Selain itu, pertanggungan Comprehensive untuk jaminan atas kerugian sebagian maupun keseluruhan yang diakibatkan oleh segala risiko yang dijamin pada polis.