Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

Listrik sudah menjadi teman akrab bagi manusia yang tinggal di abad 21. Hal ini dikarenakan hampir seluruh pekerjaan telah memanfaatkan peralatan elektronik yang membutuhkan energi listrik untuk beroperasi. Semakin tinggi kebutuhan, otomatis tagihan listrik bulanan akan semakin membengkak. Bagaimana cara menghemat energi listrik di rumah ? Berikut ulasannya.

1. Menggunakan AC Seperlunya

AC dikenal sebagai alat yang mampu mengeluarkan suhu udara dingin di seluruh ruangan. Bahkan sudah banyak gedung dan hunian pribadi yang memasang AC untuk melawan hawa panas khas di negara tropis. Namun tahukah Anda bahwa AC mengkonsumsi energi listrik cukup besar terutama jika digunakan dalam waktu seharian penuh ?

Jika kondisi ini terus berlanjut, tidak perlu heran jika terjadi pembengkakan tagihan listrik dibandingkan dengan bulan bulan sebelumnya. Selain mengandalkan AC, tidak ada salahnya membuka ventilasi udara dan membiarkan udara segar masuk ke dalam ruangan. Alhasil Anda bisa menekan anggaran pengeluaran sekaligus meningkatkan kenyamanan.

2. Matikan Peralatan Elektronik yang Tidak Digunakan

Sebenarnya ada banyak jawaban terkait dengan pertanyaan bagaimana cara menghemat energi listrik di rumah dengan efektif, salah satunya dengan mematikan peralatan elektronik yang sudah tidak digunakan. Misalnya mulai membiasakan diri untuk mematikan televisi usai menonton acara kesayangan, atau sekedar mematikan kipas AC ketika tidak diperlukan.

Dengan membiasakan ini, otomatis pembengkakan tagihan listrik dapat ditekan dengan sempurna. Anda juga perlu membuang kebiasaan lama dimana menyalakan televisi ketika memasuki waktu istirahat. Sebab banyak kasus dimana seseorang mulai terlelap tidur ketika sedang asyik menonton tayangan film di tengah malam.

3. Membeli Peralatan Elektronik Watt Kecil

Hampir seluruh pekerjaan manusia telah dibantu dengan peralatan elektronik, begitu pula dengan pekerjaan rumah tangga seperti menanak nasi hingga mengawetkan bahan makanan. Demi memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga, tidak ada ruginya membeli peralatan elektronik yang tidak mengkonsumsi energi listrik terlalu banyak.

Anda juga bisa mengoperasikan peralatan elektronik tidak melebihi dari kapasitasnya untuk menekan konsumsi energi listrik lebih banyak. Cara ini ampuh menekan resiko terjadinya overload karena terlalu memaksakan mesin terus bekerja. Tampaknya membeli peralatan elektronik dengan watt kecil menjawab pertanyaan bagaimana cara menghemat energi listrik di rumah.

4. Hemat Penggunaan Lampu

Lampu membantu indra penglihatan untuk menangkap gambar dengan baik saat langit mulai gelap. Sayangnya beberapa orang lupa mematikan lampu penerangan ketika fajar telah menyapa. Hal ini dikarenakan cahaya lampu mulai tergantikan oleh sinar matahari yang menerangi dunia, sehingga sedikit orang yang sadar bahwa mereka belum mematikannya sejak pagi.

Alhasil Anda baru menyadari kesalahan tersebut ketika matahari mulai tenggelam di ufuk barat. Apabila kecerobohan tersebut terjadi sekali, otomatis tagihan listrik tidak akan membengkak secara otomatis.

Namun akan berbeda cerita jika kebiasaan ini terus berlanjut hingga beberapa hari. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk segera mematikan lampu begitu tidak digunakan.

5. Membuat Sumber Daya Energi Alternatif

Membuat sumber daya energi alternatif tampaknya bisa menjawab pertanyaan terkait bagaimana cara menghemat energi listrik di rumah. Alat ini mampu menangkap sinar matahari dan menjadikannya sebagai cadangan energi listrik ketika dibutuhkan. Bahkan panel surya tidak membutuhkan bahan bakar agar beroperasi, sehingga sangat ramah di kantong.

Di era modern ini, manusia merasa kesulitan jika hidup tanpa listrik meski hanya beberapa jam saja. Seiring banyaknya energi listrik yang dibutuhkan, otomatis pembengkakan tagihan listrik pun dapat terjadi kapan saja. Sebelum kondisi ini benar benar terjadi, Anda bisa menerapkan tips pada ulasan di atas sebagai langkah antisipasi sejak dini.

Itulah beberapa tips menghemat energi listrik selama #DiRumahAja. Berdiam diri di rumah membuat kita selalu menggunakan alat elektronik, oleh karena itu Anda harus pintar mengatur alat elektronik agar tagihan listrik rumah Anda tidak membengkak. Selama pandemic Covid-19 berlangsung tetap dirumah dan jangan lupa untuk melindungi rumah Anda dengan Garda Home. Asuransi kebakaran rumah Garda Home dapat dibeli secara online di gardaoto.com,  rumah Anda bisa langsung terlindungi sesuai dengan paket perlindungan yang Anda butuhkan. #PeaceofMind