Cara Menghemat Listrik selama #DiRumahAja

Cara Menghemat Listrik selama #DiRumahAja

Selama pandemic Covid-19 berlangsung, kita diharuskan melakukan psyhical distancing dengan cara berdiam diri #DiRumahAja, dengan tujuan bisa memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Berada di dalam rumah terus sepanjang hari membuat kita menggunakan alat elektronik terus menerus. Misalnya saja, biasanya Anda hanya menyalakan AC saat malam hari saja, saat harus #DiRumahSaja Anda bisa menghidupkan AC sepanjang hari. Jika hal ini diteruskan bisa menyebabkan tagihan listrik Anda menjadi lebih besar dari biasanya. Berikut cara menghemat listrik selama #DiRumahAja:

1. Atur penggunaan elektronik berdaya besar
Atur penggunaan alat elektronik yang memiliki daya besar seperti microwave, rice cooker, mesin pompa air, setrika, belum lagi jika Anda memiliki coffee maker dan pemanggang roti yang mengkonsumsi listrik yang banyak. Sederetan peralatan elektronik ini menghasilkan panas sehingga menghabiskan listrik yang banyak. Pilih peralatan elektronik yang tidak perlu digunakan setiap hari seperti microwave, coffee maker, dan pemanggang roti.

2. Cabut steker listrik yang tidak digunakan
Mengusahakan mencabut steker/colokan listrik yang tidak digunakan dirumah. Hal ini mungkin terkesan sepele namun memberikan perubahan yang cukup besar. Terutama jika jumlah colokan yang tidak digunakan yang menempel di stop kontak cukup banyak. Anda bisa mulai dengan mencabut charger ponsel yang tidak terpakai.

3. Memiliki peralatan elektronik yang hemat listrik
Saat Anda membeli peralatan elektronik carilah yang mengkonsumsi daya listrik yang rendah meski sedikit lebih mahal.

4. Menggunakan Lampu LED
Lampu LED memiliki keunggulan berupa lebih hemat energi, lebih trang, tidak panas, dan menghasilkan warna natural. Gantilah lampu dirumah Anda dengan lampu LED. Biasanya dalam satu rumah bisa memiliki lebih dari 5 lampu.

5. Atur penggunaan lampu
Jangan biarkan lampu menyala di siang hari untuk menghemat penggunaan listri. Matikan lampu segera. Saat malam hari kamu bisa mematikan sejumlah lampu di ruangan yang tidak digunakan seperti ruang tamu dan kamar mandi.

6. Mendesain rumah dengan ventilasi yang bagus
Jika ventilasi rumah bagus, kamu tidak perlu pendingin ruangan lagi untuk menyejukan rumah. Angin akan berhemus dari luar ke dalam untuk menyejukan rumah. Cahaya matahari juga bisa masuk leluasa.

Itulah beberapa tips menghemat listrik selama #DiRumahAja. Berdiam diri di rumah membuat kita selalu menggunakan alat elektronik, oleh karena itu Anda harus pintar mengatur alat elektronik agar tagihan listrik rumah Anda tidak membengkak. Selama pandemic Covid-19 berlangsung tetap dirumah dan jangan lupa untuk melindungi rumah Anda dengan Garda Home. Asuransi kebakaran rumah Garda Home dapat dibeli secara online di gardaoto.com, rumah Anda bisa langsung terlindungi sesuai dengan paket perlindungan yang Anda butuhkan. #PeaceofMind\