Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Salah satu bagian yang memiliki peran yang sangat penting dalam operasional kendaraan mobil adalah dinamo starter mobil, yang berfungsi untuk membantu menghidupkan mesin kendaraan mobil. Namun jika dinamo sudah mulai mengalami kondisi yang lemah, hal itu akan berdampak pada sulitnya mesin kendaraan untuk dihidupkan.

Maka dari itu penting untuk memahami apa saja ciri dinamo starter pada mobil mengalami kerusakan atau tidak, sehingga pengendara pun tak akan khawatir jika di tengah perjalanan mengalami mati mesin.

Ciri-ciri Dinamo Starter Mobil Mengalami Kerusakan

Seringkali pemilik mobil baru mengetahui bahwa dinamo starter pada mobilnya mengalami kerusakan setelah di tengah perjalanan mengalami mogok karena mesin kendaraan tak bisa dihidupkan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda harus mengetahui apa saja ciri-ciri dari kerusakan yang terjadi pada komponen Dinamo Starter Mobil berikut ini.

  1. Mesin kendaraan akan menjadi sulit untuk dihidupkan dalam kondisi panas

Ciri yang pertama adalah ketika mesin kendaraan mobil menjadi sulit untuk dihidupkan terutama ketika berada dalam kondisi panas. Umumnya hal tersebut terjadi karena panas yang terjadi di bagian mesin kemudian mengenai bagian body solenoid, yang kemudian nilai tahanan yang ada di dalam kumparan pun meningkat dalam jumlah besar.

*Baca Juga: Penyebab Mesin Mobil Pada Kendaraan Bergetar

Kondisi tersebut akan memberikan efek pada arus listrik yang tertahan kemudian sulit untuk bisa mengalir dengan sempurna ke bagian komponen kumparan sehingga otomatis mesin kendaraan mobil pun menjadi sulit untuk dihidupkan.

  1. Dinamo starter berbunyi bergemeretak dan mendesing

Suara ini menjadi tanda ketika terdapat dua gigi di dalam komponen dinamo starter mengalami aus atau rusak. Terjadi akibat adanya kaitan yang ada di antara komponen ring gear dan gear pinion di mesin kendaraan mobil. Kondisi tersebut terjadi lebih parah ketika terdengar suara mendesing dari dalam mesin kendaraan mobil namun tetap tak ada tanda mesin akan ikut berputar setelah dinyalakan.

  1. Daya komponen aki mulai melemah

Kemudian ciri lainnya dari dinamo starter yang alami kerusakan adalah ketika aki mobil yang habis kemudian membuat sistem starter mobil melambat dan tak bisa memicu sistem pengapian untuk menyalakan mobil.

Tanda yang paling mudah dikenali dari koneksi ini adalah ketika sedang menyalakan mesin kemudian terdengar suara starter yang tidak normal atau putus-putus. Jika kondisi tersebut Anda alami, sebaiknya segera periksa komponen aki mobil untuk mengecek apakah terjadi korslet, aki habis atau sambungan aki yang kotor.

  1. Ada bunyi “klik” yang keras di bagian mesin

Bagian dinamo starter menunjukkan kondisi rusak ketika terdengar bunyi “klik” yang lumayan keras pada mesin. Hal itu disebabkan karena rangkaian listrik yang sudah dialiri listrik dengan memadai namun mengalami kerusakan pada bagian komponen dinamonya. Atau bunyi tersebut juga bisa disebabkan karena baterai dan sambungan aki yang kotor atau mengalami aus.

  1. Ketika distarter mesin mobil tak menunjukkan respon

Jika hal tersebut terjadi, maka besar kemungkinan disebabkan oleh sekring dinamo yang putus. Pada kondisi tersebut umumnya akan membuat munculnya gulungan tembaga dan sikat karbon yang berpeluang terjadi korslet atau terbakar.

Cara Mengatasi Ketika Starter Dinamo Mobil Rusak atau Lemah

Semua masalah yang dialami oleh komponen dinamo starter seringkali membuat mesin kendaraan mogok bahkan tak jarang berakibat mati total. Anda bisa memperbaikinya dengan cara membawanya ke bengkel mobil terdekat dan terpercaya langganan Anda. Atau bisa juga dengan melakukan perbaikan sendiri di rumah dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut.

  1. Lakukan pemeriksaan komponen kleman kabel aki

Cara ini bisa dilakukan jika yang Anda gunakan adalah jenis mobil matic. Karena sifat mobil matic dan mesin diesel cukup berbeda terutama di komponen tersebut.

  1. Lakukan pemeriksaan komponen soket

Hal ini bisa dilakukan dengan memperbaiki bagian komponen soket yang otomatis di bagian dinamo starter. Untuk memperbaikinya memang perlu ilmu service secara khusus, namun jika mengetahuinya maka Anda bisa menghemat biaya yang cukup besar untuk perbaikan tersebut.

  1. Lakukan pemeriksaan pada kabel aki mobil

Kondisi bagian dinamo starter adalah bagian mobil yang sangat penting untuk diperhatikan. Maka jika bagian tersebut mengalami kerusakan sebaiknya langsung lakukan pemeriksaan di bagian kabel aki mobil yang mungkin terputus atau mengalami jenis kerusakan lainnya.

*Baca Juga: Salah Satu Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Untuk itu, jika terjadi masalah atau kerusakan pada beberapa komponen penting seperti dinamo starter, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel mobil terpercaya untuk segera diperbaiki oleh teknisi.

Jangan lupa juga asuransikan mobil Anda dengan asuransi mobil Garda Oto yang bisa memberikan kemudahan untuk kendaraan Anda apabila terjadi risiko yang tidak diinginkan. Garda Oto bekerjasama dengan bengkel authorized dan bengkel rekanan di seluruh Indonesia, sehingga bisa diperbaiki kapan saja dan dimana saja.

Nikmati layanan asuransi mobil Garda Oto untuk perbaikan secara lengkap dengan garansi hasil service, jaminan suku cadang yang original serta klaim yang mudah via Garda Akses. Hubungi customer service Garda Akses di nomor 1500112 untuk pelayanan.