Dongkrak Hidrolik: Fungsi dan Cara Kerjanya untuk Mobil

Dongkrak Hidrolik: Fungsi dan Cara Kerjanya untuk Mobil

Dongkrak adalah salah satu peralatan kendaraan mobil yang berguna untuk membantu Anda dikala mobil mengalami kerusakan pada roda. Kendaraan mobil memang memiliki banyak komponen yang harus dilakukan perawatan dengan baik dan benar sehingga bisa memiliki performa yang jauh lebih baik. Berikut penjelasan singkat tentang dongkrak hidrolik, fungsi dan cara kerjanya.

Pengertian Dongkrak Hidrolik dan Fungsi yang Dimilikinya

Dongkrak yang satu ini berbeda dengan jenis dongkrak biasa yang banyak digunakan kendaraan mobil. Dongkrak ini memiliki nama hidrolik karena bekerja dengan menggunakan cairan khusus atau liquid yang berperan untuk membantu proses mengangkat alat berat dengan mudah.

Alat ini bisa dipakai untuk melakukan pekerjaan sederhana, mengangkat mesin atau kendaraan mobil hingga untuk mengangkat lift pada gedung bertingkat banyak atau sedikit. Berikut beberapa fungsi yang dimiliki dari dongkrak hidrolik.

  1. Alat bantu ganti ban

Ketika mobil Anda mengalami ban yang bocor atau kempes, maka dongkrak ini akan sangat membantu untuk memudahkan proses penggantian ban yang kempes atau bocor tersebut.

  1. Alat bantu cek mesin mobil

Dongkrak hidrolik juga bisa dimanfaatkan ketika Anda ingin melakukan pengecekan mesin yang ada di bagian bawah mobil. Seperti misalnya untuk memudahkan pemasangan jack stand, memasang catalytic converter dan mengecek kondisi mesin lainnya.

  1. Alat bantu service

Beberapa teknisi atau pekerja bengkel memanfaatkan dongkrak ini untuk membantu proses perbaikan pada sistem pengereman mobil dan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Lalu, bagaimana prinsip atau cara kerja dongkrak dengan sistem hidrolik ini? Dongkrak yang menggunakan sistem hidrolik ini bekerja dengan prinsip hukum Pascal, dengan dua jenis tabung utama yang dalam kinerjanya saling berhubungan dan mempunyai ukuran diameter yang berbeda.

*Baca Juga: Ketahui Berbagai Jenis Dongkrak Mobil dan Fungsinya

Kemudian masing-masing tabung tersebut akan ditutup untuk diisi dengan cairan khusus atau fluida. Lalu pada saat gaya tekan diberikan pada tabung dengan diameter yang lebih kecil, hal itu akan memberikan efek berupa penyebaran tekanan yang merata ke segala arah termasuk ke area tempat mobil berada.

Dampak dari hal tersebut adalah dimana cairan fluida akan memberikan gaya dorong pada tabung yang memiliki diameter besar sehingga membuat dongkrak memiliki tenaga besar untuk mengangkat mobil yang besar sekalipun.

Sedangkan untuk Dongkrak Hidrolik yang memiliki bentuk seperti botol, Anda akan menemukan sebuah tuas yang bisa digunakan untuk mengangkat kendaraan mobil dengan mudah. Tuas tersebut juga bisa dipakai untuk memompa bagian atas mobil agar bisa naik lalu Anda pun bisa mengganti mobil dengan mudah serta cepat.

Tips Menggunakan Dongkrak Hidrolik Dengan Benar

Agar supaya Anda bisa menggunakan dongkrak ini dengan benar, sebaiknya ketahui beberapa tips penggunaan dongkrak berikut ini.

  1. Tentukan titik tumpu dengan tepat

Setiap mobil pastinya memiliki titik tumpu yang jelas untuk melakukan pemasangan dongkrak. Biasanya titik tumpu ada bagian bawah mobil atau tepatnya di antara batang gardan yang berlokasi di dekat suspensi.

*Baca Juga: Cara Ganti Ban Mobil dan Risiko Pakai Ban Beda Ukuran

Jika ternyata tak ada, Anda bisa menaruh dongkrak di bagian sasis kendaraan untuk digunakan di bagian belakang dan pada bagian arm pada saat dipakai di bagian depan kendaraan mobil.

  1. Hindari meletakkan dongkrak di bagian tengah

Agar supaya dongkrak tetap berada dalam kondisi prima, sebaiknya hindari letakkan dongkrak di bagian tengah mobil. Biasanya para pemilik mobil akan meletakkan dongkrak di bagian bawah jok mobil. Atau bisa juga dengan menyimpan di dongkrak di dekat ban cadangan atau ruang bagasi mobil.

  1. Pelajari cara penggunaan dongkrak

Selain mempelajari tentang penempatan dongkrak dengan benar, penting untuk mempelajari cara penggunaan dongkrak seperti untuk mengencangkan atau mengendurkan ulir yang ada pada alat dongkrak.

  1. Taruh dongkrak di landasan yang datar

Jika ingin menggunakan dongkrak, sebaiknya pastikan kendaraan mobil yang akan didongkrak sudah berada di landasan atau tempat yang datar. Hal itu bertujuan agar supaya penggunaan dongkrak aman untuk dilakukan sehingga terhindar dari resiko mobil tergelincir. Yang mana hal itu bisa membahayakan keselamatan diri sendiri sekaligus membahayakan keselamatan pengguna jalan yang lainnya.

  1. Perhatikan batas ketinggian dongkrak

Sebaiknya hindari mendongkrak mobil terlalu tinggi. Penting untuk diketahui bahwa batas maksimal untuk mendongkrak mobil adalah setinggi 15 cm karena jika lebih akan beresiko tergelincirnya mobil.

  1. Pastikan untuk menggunakan rem tangan

Agar terhindar dari resiko mobil bergerak saat sedang didongkrak, pastikan kendaraan mobil dalam kondisi diam dengan cara menggunakan rem tangan. Untuk lebih amannya, biasanya pemilik mobil lebih nyaman untuk meletakkan batu atau balok di belakang ban mobil mereka sebelum menggunakan dongkrak hidrolik.

Untuk mendapatkan layanan darurat saat mobil mengalami kondisi darurat saat di jalan, jika Anda memiliki Garda Oto Anda bisa memanfaatkan layanan darurat ERA 24 jam.  Garda Oto juga bekerjasama dengan bengkel authorized dan bengkel rekanan di seluruh Indonesia. Anda juga dapat melakukan klaim mudah melalui Aplikasi Garda Mobile Otocare. Hubungi 1 500 112 untuk informasi lebih lanjut.