Contoh Denah Rumah Terbaik, Modern dan Minimalis.

Contoh Denah Rumah Terbaik, Modern dan Minimalis.

Rumah minimalis memang menjadi salah satu konsep rumah paling laris di Indonesia. Sebab rumah ini memiliki ukuran yang sempit, namun bisa di maksimalkan setiap sudut ruangannya.

Denah rumah minimalis menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari. Sebab banyak masyarakat yang ingin memaksimalkan penggunaan ruangan yang sempit menjadi multifungsi. Oleh karena itu, rumah minimalis memiliki konsep ruangan yang indah untuk bisa dimaksimalkan secara multifungsi, sehingga rumah ini menjadi salah satu favorit bagi pasangan muda.

Berikut Contoh Denah Rumah Minimalis dan Modern

Salah satu ciri-ciri rumah minimalis adalah suasana kesederhanaan dan ruangan yang terbuka. Sebab ruangan yang terbuka dan dipenuhi cahaya akan membuat kesan ruangan yang lebih luas.

Selain itu rumah minimalis sangat minim dekorasi, terutama penggunaan wallpaper dinding. Para pemilik rumah lebih memilih menggunakan cat dinding warna putih atau krem agar membuat ruangan lebih luas. Berikut ini beberapa contoh denah rumah minimalis yang bisa kamu terapkan:

  1. Konsep Rumah Teras Kecil

Salah satu permasalahan rumah minimalis adalah tidak memiliki ruang tamu. Sebab saat masuk ke dalam pintu rumah langsung tertuju pada living room. Ide denah hunian minimalis yang pertama adalah membuat teras kecil. Teras kecil inilah yang bisa kamu jadikan ruang tamu minimalis.

Kamu bisa meletakkan kursi taman berukuran kecil karena ruangan yang terbatas. Apalagi konsep teras kecil ini bisa menjadi konsep ruang tamu semi outdoor. Kamu tak perlu khawatir jika ada tamu merokok. Tambahkan dekorasi sederhana di teras kecil ini dengan beberapa tanaman gantung.

  1. Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Hampir semua rumah minimalis memiliki 1 lantai. Kamu tidak perlu menambahkan banyak dekorasi karena cukup memanfaatkan ruangan yang ada. Setelah memanfaatkan teras rumah sebagai ruang tamu, kamu bisa menggunakan living room tanpa sekat yang langsung terhubung ke dapur. Hal ini bisa menambah kesan luas dalam rumah kamu.

*Baca Juga: Rumah Modern vs Rumah Minimalis, Mana yang Lebih Baik?

Biasanya rumah baru akan memiliki ruang belakang yang tersisa. Kamu bisa memanfaatkan ini sebagai ruangan multifungsi yang bisa digunakan sebagai kamar untuk anak-anak. Mainkan warna cat dinding pastel atau warna terang agar membuat rumah semakin luas. Gunakan juga lantai vinyl agar rumah tampak lebih minimalis dan modern.

  1. Desain Rumah Minimalis Tipe 36

Rumah tipe 36 menjadi salah satu tipe rumah favorit masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkan rumah dengan luas yang cukup untuk keluarga kecil. Kamu bisa memulai dengan mengganti lantai dengan lantai vinyl motif kayu agar membuat rumah tampak lebih hangat. Gunakan konsep ruang tamu outdoor dan manfaatkan bagian teras atau taman depan rumah.

Buat konsep living room langsung terhubung dengan dapur dan batasi dengan meja makan saja. Kamu bisa memilih meja makan yang bisa digunakan juga sebagai ruang kerja. Contohnya kamu bisa menggunakan dining table untuk pembatas living room dengan dapur. Tentu saja ini menambah kesan mewah pada hunian minimalis.

  1. Desain Rumah Minimalis Mezzanine

Salah satu denah rumah minimalis yang belakangan ini sedang populer adalah konsep kamar tidur mezzanine. Konsep ini biasanya digunakan di apartemen yang memiliki tinggi ruangan sekitar 4.5m. Jika kamu memiliki kamar tidur sempit namun tingginya mencapai 4,5m maka kamu bisa menggunakan konsep mezzanine.

Buatlah space diantara kamar tidur dan gunakan space atas untuk tempat tidur. Tambahkan tangga untuk menuju tempat tidur atas. Kamu juga bisa meletakkan lemari, meja komputer serta beberapa barang-barang kamu di bawah mezzanine. Jadi ruangan di bawah mezzanine bisa multifungsi dan membuat kamar kamu tampak lebih luas.

  1. Desain Rumah Minimalis untuk 2 Kamar Tidur

Agar ruangan terasa lebih luas, kamu bisa membuat kamar tidur bersebelahan. Kamar tidur biasanya disatukan dengan ruang makan atau living room. Sehingga ruangan depan kamar tidur bisa lebih luas. Selain itu gunakan tempat tidur multifungsi yang bisa digunakan sebagai lemari baju.

Hindari penggunaan lemari baju yang besar karena hanya akan memakan luas ruangan. Lebih baik cari tempat tidur dengan rak multifungsi yang dibawahnya bisa menjadi penyimpanan baju. Buat jendela di kamar tidur yang langsung menghadap ke taman atau jalan raya. Sebab cahaya matahari inilah yang akan membuat kamar tidur terasa lebih luas.

*Baca Juga: 10 Desain Interior Rumah yang Bagus untuk Anda Tiru

Kamar tidur tingkat juga bisa menjadi solusi untuk kamu yang punya dua anak. Gunakan konsep tempat tidur bertingkat kecil yang bersebelahan agar anak-anak bisa disatukan dalam satu ruangan.

Itulah beberapa denah rumah minimalis terbaik dan modern. Kamu bisa memilih rumah minimalis sebagai tempat tinggal yang baik. Namun, untuk memberikan kenyamanan bagi rumah minimalis, kamu perlu melengkapinya dengan asuransi rumah Garda Home. Layanan asuransi terpercaya di Indonesia dengan premi bulanan yang terkangkau.