Tips Membeli Rumah Baru Untuk Pemula, Milenial & Keluarga Muda.

Tips Membeli Rumah Baru Untuk Pemula, Milenial & Keluarga Muda.

Bukan hal mustahil untuk mewujudkan rumah impian kita. Meskipun harga rumah semakin mahal dan kita membutuhkan ekstra waktu untuk menabung agar bisa membeli rumah impian kita.

Tak jarang juga banyak anak milenial yang berhasil mewujudkan impiannya untuk memiliki rumah baru meskipun harus membutuhkan banyak waktu untuk membayar cicilan.

Agar kamu bisa mewujudkan rumah impian, kami akan berikan tips membeli rumah baru bagi kamu milenial ataupun pasangan muda yang baru saja menikah. Tentu saja semua butuh proses panjang dan pengorbanan yang sangat besar. Tapi hal ini akan sebanding dengan rumah impian yang akan kamu tempati sampai tua bahkan seumur hidup.

*Baca Juga: Tips Membeli Rumah Agar Dapat Hunian Yang Nyaman

Tips Beli Rumah ala Milenial dan Keluarga Muda
Banyak kaum milenial yang mempersiapkan rumah untuk ditinggali bersama pasangannya nanti. Banyak juga pasangan muda yang baru saja ingin mewujudkan impian memiliki rumah sendiri.

Setiap orang memiliki tipe rumah impian yang berbeda-beda. Bahkan kamu pun pasti memiliki rumah impian dengan desain interior dambaan kamu. Berikut ini beberapa tips dalam memilih rumah untuk milenial dan pasangan muda:
1. Cari Developer Terpercaya
Salah satu cara mendapatkan rumah impian adalah dengan menggunakan jasa developer. Namun kamu harus memastikan bahwa developer yang kamu pilih memiliki background yang jelas.
Karena banyak juga oknum yang memanfaatkan profesi developer untuk menipu banyak orang yang ingin cari rumah. Untuk mencari developer terpercaya, kamu bisa bertanya pada kolega atau teman kantor yang pernah menggunakan jasa developer.
2. Pertimbangkan Harga
Ketika kamu menggunakan jasa developer atau langsung menemui pemilik rumah, tentu kamu akan mendapatkan harga pasti dari rumah yang kamu incar. Sebelum kamu menerima harga tersebut, kamu perlu mempertimbangkan banyak hal. Kamu juga bisa melakukan perbandingan ke daerah lain untuk mencari rumah. Apalagi saat ini banyak perumahan milenial yang menawarkan harga terjangkau. Maka kamu bisa sesekali mempertimbangkannya.
3. Pilih Sistem Pembayaran
Bagi kamu yang sudah menabung dalam waktu yang cukup lama, mungkin bisa melunasi rumah diawal pembelian. Atau kamu juga bisa memilih sistem pembayaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disediakan oleh bank. Jika kamu memutuskan untuk mengambil KPR, maka kamu harus mengajukan secepatnya karena proses KPR yang cukup memakan waktu lama dan sedikit rumit. Pilih sistem pembayaran yang tidak memberatkan kamu. Jika kamu memilih melunasi diawal, mungkin kamu sudah memiliki banyak tabungan atau kamu mengambil pinjaman ke bank. Semua harus dipertimbangkan dengan melihat penghasilan kamu serta apakah rumah yang kamu beli membutuhkan renovasi atau tidak.
4. Pertimbangkan Uang Muka
Tips membeli rumah selanjutnya adalah mempertimbangkan besaran uang muka. Khususnya jika kamu mengambil rumah secara kredit, pertimbangkan uang muka adalah hal utama yang wajib dilakukan. Sebab kamu harus bisa membayar angsuran-angsuran selanjutnya setelah uang muka diserahkan. Jadi pastikan angsuran rumah tidak memberatkan kebutuhan kamu dan penghasilanmu setiap bulannya.
5. Pilih Rumah Sesuai Budget
Bagi pasangan muda milenial pastinya tidak membutuhkan rumah yang besar. Karena pada dasarnya rumah dicari untuk kenyamanan dan tempat berlindung. Pilihlah rumah sesuai budget yang sudah kamu siapkan. Jika budget kamu tidak terlalu besar, maka kamu bisa mencari rumah subsidi yang harganya terjangkau. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan legalitas tanah dari rumah subsidi yang kamu beli serta perhatikan juga reputasi pihak pengembangnya.
6. Cari Lokasi Terjangkau
Pilihlah rumah yang lokasinya terjangkau dari tempat kerjamu. Karena bisa menghemat biaya transportasi, khususnya jika kamu harus membayar angsuran rumah setiap bulannya. Jadi lebih hemat.
7. Perhatikan Lingkungan Sekitar
Untuk mencari rumah baru, kamu bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang kamu inginkan. Jika kamu ingin lingkungan yang bersih dan sepi, maka kamu bisa membeli rumah di perumahan. Lingkungan sekitar juga menjadi pertimbangan penting saat mencari rumah baru. Sebab kenyamanan adalah hal utama serta kebersihan lingkungan juga menjadikan kita lebih sehat.
8. Rumah Adalah Investasi Jangka Panjang
Di Indonesia sendiri harga tanah dan bangunan semakin mahal tiap tahunnya. Inilah yang bisa kamu pegang bahwa rumah bisa menjadi investasi jangka panjang dan harganya bisa sangat mahal di beberapa tahun lagi.
9. Hindari Tanah Sengketa
Jika kamu mencari rumah baru tapi bekas dari orang lain, pastikan bahwa itu bukan tanah sengketa. Cek legalitas rumah dan jangan pernah tergiur dengan harga yang murah.

*Baca Juga: Tips Membuat Suasana Rumah Menjadi Nyaman

Apabila anda ingin menjaga rumah baru dari risiko bencana alam, kebakaran serta kerusuhan, kami sangat menyarankan anda menggunakan asuransi rumah Garda Home. Anda bisa menggunakan asuransi rumah untuk perlindungan dan proteksi rumah dari berbagai macam resiko.