Dampak Bahaya Membakar Sampah di Pekarangan Rumah

Dampak Bahaya Membakar Sampah di Pekarangan Rumah

Apa sih bahaya bakar sampah? Kenapa kita tidak boleh sembarangan membakar sampah? Bukankah membakar adalah solusi untuk menghilangkan sampah yang bertambah setiap hari? Jika pertanyaan tersebut ada di benak Anda, kami telah menyiapkan jawabannya khusus untuk Anda.

Membakar sampah bukan solusi untuk memusnahkan sampah, malah itu akan menimbulan bahaya baik dari segi kesehatan maupun lingkungan. Itu mengapa kita semua tidak diperbolehkan membakar sampah sembarangan, karena itu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Supaya kita tidak menimbulkan bahaya dari pembakaran sampah, ada baiknya untuk mengetahui bahaya dari bakar sampah. Hal penting, agar tidak meyebabkan polusi udara terhadap tetangga sekitar. Jadi harus melakukan pembakaran sampah dengan benar agar tidak menggangu.

*Baca Juga: Mengenal 6 Klasifikasi Kebakaran dan Pencegahannya

Apa Dampak dan Bahaya dari Membakar Sampah?

Mungkin banyak orang berfikir bahwa membakar sampah adalah hal yang sepele, tapi tahukah Anda bahwa bakar sampah adalah tindakan yang sangat berbahaya? Nah supaya kita semua sadar akan bahaya membakar sampah, mari simak dampak buruk dari membakar sampah:

  1. Bahaya Bagi Kesehatan

Jika sampah yang dibakar mengandung kandungan tertentu, tentu saja ini sangat berbahaya. Kegiatan pembakaran sampah secara sembarangan dapat menghasilkan karbonmonoksida (CO) yang sangat berbahaya bila terhirup karena dapat mengganggu fungsi kerja sel darah merah sehingga peredaran oksigen (02) tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Dan Anda tahu bahwa kekurangan O2 dapat berakibat buruk pada kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian. Inilah mengapa membakar sampah sembarangan tidak diperbolehkan karena dapat membahayakan kesehatan.

  1. Menggangu Pernapasan

Bahaya membakar sampah berikutnya ialah menggangu pernapasan. Asap dari hasil pembakaran sampah plastik dan lainnya dapat menghasilkan senyawa kimia yang berbahaya bagi pernapasan.

Proses pembakaran sampah dapat menghasilkan gas beracun atau fosgen yang sangat berbahaya. Pada perang dunia pertama gas beracun di gunakan sebagai senjata pembunuh paling ampuh.

  1. Menyebabkan Kabut Asap

Bahaya lain dari pembakaran sampah ialah menyebabkan kabut asap yang berdampak pada keterbatasan penglihatan. Tidak hanya itu, pembakaran sampah juga akan membuat tidak nyaman karena bau dari pembakaran sampah tersbut.

Masih terngiang di benak kita semua pembakaran hutan di Kalimantan dan Sumatra utara yang menghasilkan kabut asap tebal yang menganggu aktifitas warga di sekitar bahkan di luar pulau.

  1. Menyebabkan Kanker

Yang paling bahaya dari pembakaran sampah adalah bisa menyebabkan kanker. Pembakaran kayu yang mengandung senyawa tertentu dapat menyebabkan kanker.

Tidak hanya itu karena asap dari pembakaran sampah yang mengandung gas beracun dapat menggangu kinerja jatung dan dapat juga menyebabkan kanker.

  1. Kebakaran Rumah

Dampak buruk dari membakar sampah yang terakhir adalah dapat menyebabkan kebakaran rumah. Bayangkan jika Anda membakar sampah di pekarangan rumah dan apinya menyambar rumah? Bukankah itu sangat berbahaya, karena dapat menghanguskan rumah Anda?

*Baca Juga: Begini Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

Untuk menghindari hal ini terjadi, ada baiknya Anda tidak membakar sampah sembarangan apalagi di sekitaran rumah karena itu bisa menjadi penyebab kebakaran rumah.

Tentu saja, kebakaran rumah dapat menimbulkan berbagai kerugian. Maka dari itu, Anda perlu melindungi rumah Anda agar terhindar dari kerugian akibat resiko dari kebakaran rumah. Salah satu cara melindungi rumah Anda dari resiko kebakaran rumah adalah dengan mengasuransikan rumah.

Nah, Anda dapat melindungi rumah Anda dengan asuransi kebakaran rumah Garda Home. Gunakan produk asuransi Garda Home untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan di rumah kesayangan Anda.