Deretan Warna Cat Rumah yang Bagus dan Cerah

Setiap warna cat rumah dapat memberikan kesan yang berbeda pada ruangan. Menggunakan warna warna cerah mampu membawa nuansa ceria di dalam rumah. Selain itu, warna cat yang cerah juga memberikan efek luas pada ruangan.

Ketika menggunakan warna cerah, kombinasi warna cat harus diperhatikan agar tidak menimbulkan kesan gerah karena warna yang terlalu mencolok. Nah, berikut ini beberapa kombinasi warna cat rumah yang bagus dan cerah.

*Baca Juga: 10 Warna Cat Rumah yang Sejuk untuk Luar dan Dalam

Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Cerah

Salah satu cara untuk mendapatkan kenyamanan di dalam rumah adalah memilih warna cat yang tepat. Bagi Anda yang menyukai warna-warna cerah, ada beberapa rekomendasi warna cat rumah yang bisa Anda aplikasikan.

1. Kuning

Penggunaan warna cat yang cerah sudah sering dijumpai, baik untuk rumah kecil yang sederhana hingga rumah-rumah mewah. Warna cerah bukan hanya memberikan efek lapang, tetapi juga menjadi simbol kebahagiaan dan keberuntungan.

Salah satu warna cat rumah yang cerah adalah warna kuning. Warna ceria ini cocok untuk ruang tamu, ruang keluarga atau ruang kerja di rumah. Anda bisa mengombinasikan warna kuning dengan warna cokelat tua, baik untuk dinding atau furnitur seperti kursi dan meja tamu.

Warna kuning juga cantik dipadukan dengan warna hijau. Anda bisa mengaplikasikan warna cat kuning dan hijau untuk dalam rumah. Kombinasi warna tersebut dapat menghadirkan energi yang bersemangat.

2. Biru

Warna biru cocok digunakan untuk memberikan kesan sejuk dan segar di dalam rumah. Warna biru muda juga dapat diaplikasikan untuk interior maupun eksterior. Apalagi untuk rumah-rumah di daerah beriklim panas seperti Indonesia.

Jika Anda menggunakan warna biru muda untuk eksterior, bisa dipadukan dengan warna hitam atau abu-abu untuk memberikan kesan lebih tegas. Kombinasi warna cat biru muda juga cocok dengan warna putih untuk interior.

Anda bisa mengaplikasikan kombinasi warna ini untuk kamar tidur, nuansa tenang dan nyaman pun akan didapatkan. Cocok juga untuk area dapur yang akan memberikan tampilan estetik dan kesan bersih.

3. Hijau

Hijau adalah pilihan warna cerah berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk interior maupun eksterior seperti biru muda. Warna yang identik dengan alam ini mampu memberikan kesan segar dan tenang bagi seisi rumah.

Cat hijau bahkan cocok untuk diaplikasikan di berbagai ruangan, mulai dari ruang keluarga, dapur, dan kamar tidur anak. Bagi Anda yang memiliki rumah dengan gaya minimalis bisa menggunakan warna hijau pastel. Warna cerah ini dapat dikombinasi dengan warna netral seperti abu-abu, hitam atau putih.

Sedangkan untuk Anda yang menginginkan suasana nyaman dan lapang, bisa memilih warna hijau lemon. Kombinasi dengan warna hijau yang lebih gelap akan melengkapi ruangan Anda dan memberikan kesan lebih hidup.

4. Pink

Warna pink atau merah muda adalah pilihan warna cat rumah yang bagus dan cerah. Warna yang identik dengan kesan feminin ini mampu memberikan kesan tenang dan lembut. Cocok untuk berbagai ruangan, termasuk kamar tidur anak.

Anda bisa menggunakan warna pink pastel untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Warna merah muda ini memberikan tampilan manis tetapi tidak terlalu girly.

Merah muda bisa dipasangkan dengan warna hijau sage untuk tampilan minimalis dan elegan. Anda bisa menambahkan dekorasi seperti tanaman hijau agar ruangan terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

5. Putih

Dari pada bingung memilih warna cat rumah yang cerah, warna putih bisa jadi solusinya. Warna netral ini menjadi tren, terutama pada hunian bergaya minimalis dan modern. Warna cat rumah putih efektif untuk memberikan efek luas sehingga cocok diaplikasikan pada rumah kecil sekalipun.

Selain itu, warna putih juga menjadi warna yang paling mudah untuk dikombinasikan dengan banyak warna yang lain. Kombinasi warna cat dinding putih dengan abu-abu bisa Anda pilih untuk memberikan sentuhan modern pada hunian.

Jika Anda penyuka gaya klasik, warna putih bisa dipasangkan dengan cokelat tua. Hunian Anda akan terlihat lebih homey seperti rumah-rumah model Eropa kuno.

6. Peach

Warna cat rumah memang bisa disesuaikan dengan selera pemiliknya. Bagi Anda yang menginginkan warna cerah tetapi kalem, warna peach bisa dipertimbangkan. Warna pastel ini memiliki tampilan manis perpaduan dari warna pink dan orange.

Peach bisa Anda pilih untuk warna cat ruang tamu maupun ruang keluarga. Memberikan kesan lebih hangat sehingga penghuni rumah akan merasa lebih betah dan nyaman.

Warna yang diambil dari nama buah ini juga dapat mempengaruhi mood positif bagi penghuni rumah. Apalagi dengan dipadukan warna lain seperti hijau dan abu-abu. Rumah Anda akan terlihat lebih ceria dan penuh semangat.

7. Ungu 

Banyak orang berhati-hati memilih warna ungu untuk rumah. Padahal, warna ini bisa memberikan tampilan elegan untuk hunian Anda. Warna yang menjadi simbol keagungan ini cocok untuk kamar, ruang keluarga, dapur hingga ruang tamu.

Untuk memberikan sentuhan modern, Anda bisa memadukan warna ungu dengan warna putih atau warna beige. Dijamin interior rumah Anda akan terlihat semakin menawan.

*Baca Juga: Tips Memilih Warna-warna Cat Tembok Rumah Terbaik

Layaknya memilih warna cat rumah, Anda juga bisa memproteksi rumah dari ancaman berbahaya, seperti kebarakan atau rusak akibat kerusuhan. Garda Home adalah salah satu jenis asuransi kebakaran rumah yang memberikan jaminan perlindungan lebih untuk rumah tinggal Anda.

Asuransi ini akan memberikan kamu manfaat berupa, santunan pembelian perabotan, tertabrak kendaraan, biaya pemadam kebakaran, biaya tempat tinggal sementara, hingga tanggung jawab hokum pihak ketiga. Jadi, Anda akan sangat dibantu dengan asuransi rumah ini.