Tips Memilih Warna-warna Cat Tembok Rumah Terbaik

Tips Memilih Warna-warna Cat Tembok Rumah Terbaik

Warna cat tembok rumah merupakan salah satu hal yang akan menentukan suasana di dalam rumah. bagaimana tidak, cat tembok tak hanya sebatas warna yang ditempel begitu saja. Namun dapat menghidupkan suasana serta membawa pembaharuan bagi para penghuninya.

Pentingnya keberadaan cat tembok pada suatu rumah membuat pemilihannya tak bisa dilakukan dengan asal. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih cat ini, mulai dari kombinasi cat dasar tembok, jenis ruangan, warna furniture yang akan digunakan, hingga tingkat keluasan suatu rumah.

Tips Menemukan Cat Tembok Terbaik Bagi Rumah

Ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilih cat tembok terbaik bagi rumah Anda. berikut cara pemilihan yang telah diakui dan digunakan bagi kebanyakan orang:

1. Memilih Bagian yang Kecil

Tips pertama dalam memilih cat tembok rumah dapat dimulai dari ruangan yang tak terlalu luas. Sebut saja seperti kamar mandi, lorong rumah, hingga tembok yang telah ditutupi dengan wallpaper dinding. Pilihlah bagian yang mudah terlihat agar Anda dapat melihat hasilnya dengan mudah.

Untuk cara mudahnya adalah dengan pemilihan warna dasar senada dengan beberapa warna dan property yang Anda miliki. Pasalnya property atau furniture ini dapat memberikan pengaruh besar pada keindahan suatu ruangan.

2. Memilih Cat Tembok Berdasarkan Mood

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk memilih cat tembok adalah memilih berdasarkan mood. Pertimbangkan bagaimana suasana ruangan tersebut untuk memilihnya dengan mudah. Namun jika disesuaikan dengan mood antara tembok kamar mandi dengan kamar tentu dapat menghasilkan hasil berbeda.

3. Untuk Warna Cat yang Bagus Perhatikan Pencahayaan 

Tips selanjutnya yang bisa digunakan adalah memperlihatkan light boxes guna mengetes warna cat tembok rumah yang Anda pilih. Fungsi dari light box ini adalah untuk menunjukkan bagaimana warna asli cat pada kondisi yang normal.

Tak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan bagaimana tatanan cahaya di rumah Anda. penggunaan cahaya lampu pijar nantinya menonjolkan warna kuning dan warna dengan kesan hangat. Sementara cahaya lampu pendar nantinya menghasilkan warna dengan tone biru. Dengan begitu untuk nuansa yang ada maka pemilihan lampu yang tepat menjadi penting.

4. Mempelajari Arti Warna Untuk Cat Rumah

Arti warna pada cat rumah dapat membantu pemilihan warna cat yang bagus bagi rumah. berikut merupakan arti terminology yang biasa digunakan untuk menjelaskan sebuah warna:

  • Hue, merupakan sebutan sebuah warna. Nilai hue ini tergantung dari seberapa terang atau gelap warna yang akan dipilih.
  • Saturation, merujuk kepada sebuah dominan hue. Dalam hal ini intensitas menjadi hal yang harus Anda perhatikan.

*Baca Juga: 5 Rekomendasi Warna Cat Rumah Minimalis

5. Melakukan Uji Warna

Cara lain untuk menemukan warna cat adalah dengan melakukan uji warna. Lakukan pengujian di papan poster bagian tembok rumah Anda dengan bagian yang besar. Pertimbangkan pemilihan warna yang kuat, tajam ataupun lembut dan juga warna netral yang tak biasa layaknya hijau zaitun atau cokelat. Pemilihan warna ini tak akan menjadi sulit jika Anda mengetahui tema yang dipilih.

6. Menambahkan Efek Depth Menggunakan Dekorasi Menarik

Tekstur suatu tembok dan ruangan menjadi kunci pada pemilihan cat. Melalui efek depth atau kedalaman, sebuah ruangan nantinya terlihat lebih besar. Anda dapat menggunakan pilihan warna cerah serta corak tertentu layaknya warna perunggu, emas, atau pun silver.

7. Pertimbangkan Warna Cat Rumah Berbeda Antar Ruangan

Rumah yang Anda miliki tak hanya sebatas satu ruangan saja. Anda harus memilih warna cat tembok rumah bagus pada setiap ruangan. Tak hanya bagus, Anda juga harus mempertimbangkan aspek keserasian pada cat.

Masing-masing ruangan harus memiliki komposisi balance atau seimbang guna mendukung masing-masing ruangannya. Keserasian ini didapatkan dari warna furniture serta dekorasi pada ruangan tersebut.

8. Mengikuti Lingkaran Warna Guna Memperoleh Warna yang Bagus

Lingkaran warna merupakan suatu lingkaran yang digunakan untuk memilih kombinasi dari dua buah warna. Contohnya warna kontras hijau dan merah yang merupakan perpaduan gelap dan terang. Menggunakan lingkaran warna akan mampu membantu Anda dalam menemukan warna yang mampu bersatu untuk hasil warna cat yang bagus.

9. Mengombinasikan Skema Monokromatik Menjadi Warna Cat Rumah Pilihan

Bagi Anda yang bosan saat menggunakan satu cat warna maka dapat menggunakan pilihan monokromatik sebagai cat yang bagus bagi rumah. Kreasikan variasi tambahan pada satu palet warna menggunakan teknik finishing dengan cat yang kontras. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan paduan warna cat yang unik dan bagus.

10. Pilihlah Warna Cat Finishing yang Berbeda

Menggunakan cat warna finishing berbeda dapat menghasilkan dampak yang signifikan pada cat rumah. misalnya penggunaan tembok serta garis pembatas yang memiliki hue sama. Namun gunakan warna-warna matte menjadi finishing pada bagian tembok serta warna satin pada garis pembatas.

Salah satu kunci dalam menemukan warna cat rumah yang bagus adalah mix and match. Beragam kombinasi bisa digunakan untuk mewarnai rumah. Gunakan intuisi Anda untuk memilih warna yang sesuai dengan kepribadian. Pasalnya pemilihan warna sesuai kepribadian akan lebih menghasilkan suasana rumah yang menyatu dan tak membosankan.

*Baca Juga: 10 Warna Cat Rumah yang Sejuk untuk Luar dan Dalam

Tak hanya pemilihan warna cat tembok rumah saja yang dapat membuat rumah menjadi nyaman. Anda juga harus memikirkan bangunan rumah Anda, caranya dengan menggunakan asuransi kebakaran rumah. Hal ini perlu Anda lakukan agar rumah tanpak lebih tenang dan nyaman.

Mengingat banyak berisiko yang bakal terjadi pada rumah, Anda harus menyiapkan proteksi secara jangka panjang. Garda Home akan membantu kamu dalam melindungi rumah dari risiko Kebakaran, Petir, Ledakan, Kejatuhan Pesawat Terbang dan Asap. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!