Bagaimana Cara Kerja Mesin Mobil?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Mobil?

Sejak kita masih kecil, kita biasanya sudah diberi tahu bahwa kendaraan tersebut digerakkan oleh mesin. Akan tetapi, masih banyak dari kita yang belum mengetahui cara kerja mesin mobil itu sendiri. Terkait cara kerja mesin mobil ini, tentu anda penasaran bukan? Oleh karena itu, mari kita bahas hal tersebut.

Sebelum kita mulai pembahasan terkait cara kerja mesin mobil, mari kita bahas terlebih dahulu komponen–komponennya. Mesin mobil memiliki beberapa komponen utama, komponen – komponen tersebut di antaranya:

1.      Mesin Pembakaran Internal

Mesin pembakaran internal merupakan bagian dari mesin yang berperan peting dalam membakar minyak yang nantinya akan dikonversi menjadi tenaga yang menggerakkan piston.

2.      Ruang Pembakaran

Sesuai namanya, ruang pembakaran adalah bagian mesin yang menjadi tempat pertemuan antara bahan bakar, udara, serta energi listrik. Pertemuan antara elemen – elemen inilah yang kemudian menjadi awal pergerakan piston.

3.      Blok Mesin

Blok mesin kurang lebih memiliki fungsi yang hampir serupa dengan mesin pembakaran dalam dan ruang pembakaran dimana blok mesin berperan sebagai wadah pergerakan piston.

4.      Kepala Silinder

Sama seperti komponen–komponen sebelumnya, kepala silinder juga berperan dalam membantu proses pembakaran.

5.      Piston

Piston adalah sebuah komponen berbentuk silinder yang merupakan salah satu komponen utama penggerak mobil.

Selain lima komponen utama tersebut, masih ada banyak komponen lain yang berperan penting dalam mendukung kinerja mesin hingga mampu menggerakkan mobil. Setelah kita menyinggung sedikit tentang komponen–komponen mesin, berikutnya kita akan membahas cara kerja dari mesin mobil. Berikut pembahasan lengkapnya.

Proses atau cara kerja mesin mobil dibagi menjadi empat tahap, yaitu: Intake, Compression, Power dan Exhaust.

●       Intake

Dalam proses ini, komponen piston akan ditarik ke bawah, tepatnya ke bagian silinder, oleh semacam poros engkol yang bergerak secara terus menerus. Selain itu, katup mesin (valve) juga akan terbuka dan memberi jalan bagi bahan bakar dan udara untuk memasuki silinder.

●       Compression

Dalam proses ini, katup mesin akan tertutup dan disusul oleh pergerakan piston yang mengompres campuran bahan bakar dan udara. Pergerakan piston ini juga yang memungkinkan maksimalnya proses pembakaran.

●       Power

Pelepasan energi atau power akan terjadi ketika steker terbakar dan menghasilkan gas panas yang nantinya akan berubah menjadi energi. Energi inilah yang kemudian menggerakkan poros engkol.

●       Exhaust

Exhaust adalah proses pembuangan gas sisa pembakaran ke udara bebas. Dalam proses ini, poros engkol akan terus berputar dan katup bagian luar akan terbuka. Dalam proses ini juga, gas sisa pembakaran akan dilepaskan ke udara bebas melalui pipa knalpot.

Gimana, sudah  paham mengenai cara kerja mesin mobil? Yuk, mulai jaga dan rawat kendaraan agar tidak mudah rusak. Agar Anda dapat berkendara dengan nyaman dan tenang, sehingga tidak khawatir akan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan saat berkendara, sebaiknya Anda menggunakan asuransi mobil sebagai salah satu tindakan protektif. Gardaoto.com menawarkan layanan asuransi kendaraan dengan kenikmatan kemudahan klaim, klaim yang cepat, dan berbagai keuntungan lain yang bisa didapatkan. #PecaeofMind