Fungsi dan Cara Kerja Koil Mobil Pada Kendaraan

Fungsi dan Cara Kerja Koil Mobil Pada Kendaraan


Koil merupakan suatu onderdil kecil yang sangat penting bagi mesin kendaraan. Koil ini meskipun berukuran kecil tetapi memiliki fungsi yang besar bagi mesin kendaraan. Tanpa adanya koil ini mesin kendaraan tidak akan bisa hidup. Sehingga dapat juga dikatakan koil ini yang menentukan apakah mesin hidup atau mati. Cara kerja koil mobil, fungsi koil mobil dan banyak hal terkait koil mobil akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Koil Mobil Bagi Kendaraan
Sebelum menjelaskan mengenai fungsi dari koil mobil terlebih dahulu perlu diketahui bahwa koil ini sebenarnya suatu komponen dari onderdil kendaraan yang berbentuk seperti gulungan kawat tenaga dimana pada koil tersebut teraliri arus listrik atau disebut juga dengan kumparan. Pada suatu koil kendaraan terdapat tiga kumparan atau tiga gulungan yaitu sebagai berikut.
1. Kumparan primer
Bagian kumparan yang pertama pada koil adalah kumparan primer. Kumparan ini memiliki ukuran diameter 0,5 mm sampai 1,00 m. Jumlah dari gulungan primer ini kisaran 150 sampai 300 gulungan.
2. Kumparan sekunder
Bagian kedua yaitu yang dinamakan kumparan sekunder dengan diameter 0,5 mm hingga 0,1 mm. Jumlah lilitan atau gulungan dari kumparan sekunder ini lebih banyak jika dibandingkan kumparan primer yaitu dapat mencapai 15.000 hingga 30.000 gulungan.
3. Kumparan penyekat
Bagian ketiga dari komponen koil ini adalah kumparan penyekat. Bagian ini merupakan bagian yang memisahkan antaran kedua kumparan di atas. Kumparan penyekat ini seperti namanya merupakan penyekat antara kedua kumparan sebelumnya yakni primer dan sekunder.
Bagian kumparan penyekat ini memiliki bahan yang beda dari kedua kumparan sebelumnya yakni berbahan kertas resin yang mampu menahan kertas dari hasil induksi.

*Baca Juga: Ternyata Begini Cara Kerja Mesin Mobil yang Anda Gunakan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa koil mobil ini memiliki peranan yang sangat penting bagi mesin kendaraan seperti mobil. Berikut ini akan diulas fungsi penting dari koil bagi kendaraan Anda.
● Mengubah Tegangan Listrik
Fungsi pertama dari koil yaitu untuk mengubah tegangan listrik. Ini merupakan salah satu fungsi utama dari koil kendaraan sebagai onderdil yang dapat mengubah listrik menjadi suatu pergerakan. Hal yang sangat mendasar untuk diketahui yaitu sebuah mesin mobil memiliki sebuah sistem pengapian yang dapat digunakan guna mendukung kinerja dari mobil sendiri.
Sistem pengapian ini yang digunakan untuk membuat mobil dapat menyala. Proses pembakaran yang terjadi ini akan memacu suatu bahan bakar untuk dapat mengaktifkan mesin. Apabila terdapat gangguan pada sistem pembakaran ini maka mesin mobil juga tidak akan menyala.
Pada sistem ini, daya tarik dari listrik menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Nah, disinilah fungsi koil menjadi amat penting dimana nantinya koil akan dapat mengubah listrik yang bertegangan rendah menjadi listrik yang memiliki tegangan tinggi sehingga dapat menyalakan mobil.
● Pengatur Api
Cara kerja koil mobil umumnya yaitu dengan mengubah tegangan listrik dari 12 Volt sehingga menjadi 10.000 Volt yaitu menunjukkan dari tegangan rendah akan diubah menjadi tegangan yang tinggi. Tingginya tegangan yang dihasilkan tersebut dapat membuat seluruh mesin yang ada pada mobil teraliri oleh listrik.
Proses tersebut dapat membuat mesin hidup dan mampu dikendalikan. Koil ini berfungsi dalam pengaturan perapian. Pengaturan api ini dimaksudkan agar nantinya volume yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah. Volume api yang diinginkan yaitu stabil.
Agar mesin dapat menyala dengan baik maka diperlukan volume api yang seimbang. Fungsi dari koil ini memang tidak bisa disepelekan. Apabila terjadi masalah dengan koil mobil Anda maka segera untuk melakukan perbaikan karena mesin mobil tidak akan menyala tanpa adanya koil.
● Pembangkit Bunga Api
Fungsi selanjutnya dari koil mobil yaitu sebagai pembangkit bunga api. Agar mobil dapat hidup diperlukan adanya percikan bunga api. Dalam menghasilkan bunga api, koil akan bekerja sama dengan busi. Gesekan antara keduanya yaitu koil dan busi akan membentuk percikan bunga api yang akan menghidupkan mesin kendaraan.
● Meneruskan Proses Pembakaran
Fungsi selanjutnya dari koil yaitu yang cara kerja koil mobil untuk membantu proses pembakaran. Percikan bunga api yang tadi sudah dijelaskan ini akan diteruskan ke ruang bakar sehingga mesin dapat terpacu dan menyala.

Cara Kerja Koil Mobil Pada Kendaraan Anda
Cara kerja koil mobil pada kendaraan Anda yakni sebagai berikut.
● Ketiga macam kumparan yang ada pada koil dapat menghasilkan medan magnet. Besaran dan kekuatan dari medan magnet bergantung dengan jumlah lilitan. Apabila jumlahnya semakin besar maka medan magnet yang dihasilkan juga semakin besar.
● Induksi elektromagnetik yang disebabkan oleh pemutusan aliran secara tiba-tiba akan menimbulkan terjadinya percikan api pada busi. Percikan api akan mendorong mesin untuk menyala.
● Aliran listrik harus terputus secara tiba-tiba sehingga dapat menghasilkan percikan api. Caranya yaitu dengan pemasangan kontak point di sistem pengapian.
● Percikan api akan membuat tegangan listrik mencapai 25.000 Volt yang akan membuat mesin kendaraan menyala. Cara kerja koil mobil tidak terlalu rumit tetapi sangat dipentingkan dalam proses menghidupkan mesin mobil.

Itulah beberapa hal mengenai koil mobil, baik dari sisi fungsi dan juga cara kerja koil mobil. Jika ada kerusakan pada koil mobil anda harus segera diperbaiki karena menyangkut mesin kendaraan. Selain itu jangan lupa lindungi kendaraan anda dengan asuransi kendaraan Garda Oto.

Terdapat dua jenis pertanggungan yang bisa anda pilih Comprehensive dan Total Loss Only ( TLO). Kedua pertanggungan ini memiliki benefit dan pelayanannya masing – masing. Ada paket comprehensive, premium package comprehensive, total loss only dan lite package comprehensive. Fitur tambahan yang dimiliki oleh Garda Oto ini memiliki layanan home survey dan pick up delivery service yang diperuntukkan untuk pelanggan Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Bogor.

Apabila terdapat kerusakan yang harus diperbaiki, Garda Oto berkerja sama dengan bengkel yang memiliki kinerja terbaik. Selain itu, Garda Oto juga akan memberikan suku cadang asli terhadap mobil anda, sehingga kualitas mesin tetap terjamin. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan kendaraan Anda pada asuransi Garda Oto. Dengan menggunakan asuransi Garda Oto, Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman, dan e-polis maksimal terbit 1×24 jam.