Begini Cara Membedakan Mobil Bekas dan Mobil Baru

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas dan Mobil Baru

Saat ini semakin banyak orang yang berminat dengan jenis mobil bekas karena harga yang lebih terjangkau. Meski memang menguntungkan untuk membeli jenis mobil bekas, namun perlu diketahui tentang bagaimana cara membedakan kualitas dan pengalaman membeli mobil bekas dan mobil baru. Karena bagaimanapun juga masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Ketahui Perbedaan Pembelian Mobil Bekas dan Mobil Baru

Pertimbangan untuk membeli mobil bekas atau baru biasanya didukung oleh beberapa faktor yang dimiliki oleh calon pembeli. Dari mulai faktor harga, faktor kesukaan pada tipe atau jenis mobil tertentu dan faktor desain atau fitur custom yang hanya terdapat di jenis mobil tertentu namun sudah berhenti produksi.

*Baca Juga: Bingung Ingin Beli Mobil Baru atau Bekas? Perhatikan Hal Ini

Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari membeli mobil bekas dan baru yang bisa Anda gunakan sebagai acuan.

  1. Harga yang didapatkan

Perbedaan yang pertama adalah untuk harga yang akan didapatkan jika membeli mobil bekas atau baru. Untuk pembelian mobil bekas biasanya dana yang dibutuhkan untuk proses pembelian jauh lebih terjangkau ketimbang harga untuk membeli mobil baru.

Banyak yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas adalah karena memiliki keterbatasan dana. Sedangkan membeli mobil bekas akan dilakukan oleh mereka yang sudah menyiapkan dana sesuai harga pasar.

  1. Metode pembayaran

Baik membeli mobil bekas maupun baru secara kredit atau angsuran, tetap saja akan ada perbedaan tersendiri terutama dalam besaran kredit yang dibebankan pada kreditur. Hal itu juga yang kemudian membuat banyak orang merasa terganggu dengan penerapan kebijakan tersebut sehingga memutuskan untuk menggunakan layanan kreditur.

Seperti misalnya, jumlah uang muka dan besar angsuran yang harus dibayarkan untuk kredit mobil bekas jauh lebih tinggi ketimbang untuk pembelian mobil baru. Hal itu memang sudah menjadi kesepakatan bersama dengan beberapa pihak yang bertanggung jawab pada pembelian mobil tersebut.

  1. Kualitas produk

Kemudian perbedaan yang ketiga adalah perbedaan dalam hal kualitas produk. Jenis mobil bekas pastinya akan memiliki kondisi mesin, body dan interior mobil yang sudah terpakai sesuai dengan kebiasaan pemakaian pemilik sebelumnya.

Sedangkan untuk jenis mobil baru pasti akan memiliki kualitas produk yang lebih baik karena masih gress dan belum terpakai sama sekali. Selain itu, kualitas mesin yang dimilikinya memiliki resiko alami kerusakan yang minim sehingga tak membuat Anda harus bolak-balik bengkel hanya untuk memperbaiki kendaraan tersebut. Akan mengurangi efektivitas dan efisiensi penggunaan mobil Anda.

  1. Prosedur administrasi

Perbedaan yang berikutnya adalah perbedaan dalam hal prosedur administrasi. Jika Anda membeli jenis mobil bekas, maka bisa langsung mengendarainya saat mobil secara resmi berpindah kepemilikan pada Anda.

Namun lain halnya dengan proses pembelian mobil baru. Dimana untuk bisa mengendarainya Anda harus menunggu surat-surat mobil tersedia terlebih dahulu seperti STNK dan BPKB. Untuk mengurus kedua jenis surat itu saja Anda butuh waktu sekitar 2 hingga 3 bulan lamanya, barulah bisa berkendara dengan mobil baru yang dibeli.

  1. Garansi produk

Perbedaan yang berikutnya adalah perbedaan untuk garansi produk. Dimana untuk mobil bekas umumnya garansi diberikan sekedarnya oleh pemilik mobil sebelumnya untuk memastikan mobil memang dalam kondisi yang dijelaskan.

Namun berbeda dengan garansi produk untuk jenis mobil baru. Biasanya garansi produk diberikan oleh pihak brand atau toko penjual mobil baru sehingga pembeli mobil akan mendapatkan layanan ganti rugi, layanan service dan pergantian sparepart secara gratis dengan catatan masih dalam masa garansi berlaku.

  1. Harga jual kembali

Kemudian perbedaan yang terakhir adalah harga jual kembali. Biasanya untuk jenis mobil bekas akan memiliki harga jual kembali yang sesuai dengan brand dan jenis mobil tersebut. Jika tipe dan brand mobil tersebut di masyarakat termasuk jenis mobil favorit maka bisa menjadikan harga jualnya menjadi tinggi.

Nah apabila mobil yang dibeli adalah baru, maka akan memiliki harga jual yang memuaskan kedua belah pihak. Karena biasanya mobil baru selalu memiliki harga jual yang terjangkau sehingga selalu semua kalangan bisa membelinya.

*Baca Juga: 5 Hal Penting Sebelum Membeli Asuransi untuk Mobil Bekas

Perlu diketahui di luar sana banyak sekali orang yang menjual jenis mobil bekas namun bekas penggunaan taksi online. Padahal jika betul mobil yang Anda pilih sebelumnya digunakan sebagai taksi online, maka kualitasnya pasti menurun jauh karena penggunaannya dilakukan secara berlebihan.

Di bawah ini ada beberapa cara untuk mengenali jenis mobil bekas yang dijual yang mana sebelumnya adalah bekas pribadi bukan bekas taksi online.

  • Interior

Cara yang pertama adalah dengan melihat desain interior bagian dalam mobil. Jika interior dalam mobil terlihat bersih, rapi dan terawat maka bisa berarti pemilik mobil yang sebelumnya sangat peduli dengan kebersihan dan keteraturan aktivitas harian.

Jika mobil bekas tersebut memiliki jok kulit yang terlihat banyak mengelupas, bagian dashboard yang tak diberi aksesoris dan busa kursi jok yang berkurang sehingga hanya tertinggal rasa keras saat duduk pada jok.

  • Kompartemen mobil

Cara yang kedua adalah dengan melihat kompartemen bagian mesin pada mobil. Meski Anda bisa mengecek seberapa jauh sebuah mobil pernah menempuh perjalanan dengan menggunakan odometer, kenyataannya alat tersebut bisa dimanipulasi sedemikian rupa.

Anda bisa membedakan mana jenis mobil yang digunakan untuk pribadi atau taksi online dengan cara memilih kompartemen mesin mobil yang tak terlihat adanya rembesan minyak oli dan suara mobil yang masih terdengar halus. Jika terlihat adanya rembesan oli dan suara yang terdengar berisik maka bisa jadi mobil tersebut adalah bekas mobil taksi online.

  • Body mobil

Kemudian cara membedakan mobil bekas pribadi atau taksi online adalah dengan melihat body mobil yang akan dibeli. Bahwa untuk body mobil pribadi biasanya akan jauh lebih mulus, bersih dan halus tanpa lecet. Namun akan lain halnya dengan mobil bekas taksi online.

Mengapa? Karena untuk jenis mobil yang digunakan untuk taksi online akan banyak peluang mengalami sentuhan dengan berbagai jenis mobil yang ditemuinya dalam perjalanan. Hal itu akan membuat warna cat mobil berkurang daya tariknya, body yang tergores atau terkena sesuatu yang tajam.

  • Kaki-kaki mobil yang empuk

Cara membedakan yang terakhir adalah dengan melihat kondisi kaki-kaki mobil apakah empuk atau terlalu keras. Jika Anda merasakan aman dan nyaman karena faktor kaki-kaki mobil yang empuk menjadi pertanda mobil yang akan dipilih memang termasuk jenis mobil bekas dengan pemakaian pribadi.

Namun jika kaki-kaki mobil terasa keras dan kaku maka itu menjadi pertanda bahwa mobil tersebut sering dibawa perjalanan jauh, menempuh perjalanan panjang dan bertemu dengan aneka macam jenis kendaraan. Bahwa mobil tersebut sebelumnya digunakan sebagai taksi online yang mengangkut beraneka macam penumpang, dengan semua kondisi dan kebiasaan yang mereka miliki.

Itulah hal-hal yang bisa anda ketahui dalam membedakan antara mobil baru dan mobil bekas. Namun untuk meminimalisir resiko terhadap pemilihan mobil bekas, Anda bisa menggunakan asuransi kendaraan dari Garda Oto. Perlindungan terbaik untuk mobil kesayangan anda, sehingga kendaraan menjadi aman dan nyaman untuk anda gunakan setiap saat.